Natuna

Tim Spotdirga Akan Memajukan Olahraga Paralayang di Natuna

NATUNA – Komandan Lanud Raden Sadjad(Danlanud RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., bersama Tim Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) Mabes AU akan memajukan olahraga dirgantara Paralayang di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis(28/7/2022).

Hal tersebut dilakukan dengan melaksanakan survei awal dan peninjauan lokasi yang bisa dijadikan Pusat Pelatihan Potensi kedirgantaraan (Puslat Potdirga) Paralayang di wilayah Natuna.

Danlanud RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J) bersama Paban III/Tahwildirga Spotdirga Mabesau, Kolonel Pnb Nurtantio Affan, S.E., M.H., M.han, beserta tim terjun langsung ke lokasi untuk mencari spot yang bisa dijadikan tempat olahraga tersebut

Spotdirga Mabes AU Akan Memajukan olahraga Paralayang di Natuna
Spotdirga Mabes AU Akan Memajukan olahraga Paralayang di Natuna

Adapun lokasi peninjauan adalah Bukit Kapur Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Tanjung Datuk Desa Teluk Buton,Kec Bunguran Utara, Gunung Ranai kelurahan Ranai Darat dan Teluk Depeh Selat Lampa.

Kegiatan ini merupakan agenda dari kunjungan kerja dari tim Sosialisasi Pengawasan Evaluasi(Wasev) dan Komponen Cadangan(Komcad) Spotdirga Mabesau di Lanud Raden Sadjad yang sekaligus survei lokasi pengembangan olahraga dirgantara di Natuna.

Paralayang adalah salah satu cabang olahraga dirgantara menggunakan parasut paralayang dan untuk take off atau lepas landas dibutuhkan bukit yang tinggi serta lokasi pendaratan.

Olahraga paralayang ini sudah banyak digemari para penikmat adrenalin yang tinggi, baik dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

Lebih dari itu, olahraga dirgantara ini juga sebagai upaya menumbuhkan minat cinta dirgantara bagi warga masyarakat serta bisa dijadikan sebagai ajang promosi daerah yang memiliki keindahan alam dan pantai menawan dilihat dari ketinggian menggunakan paralayang.

Selain melaksanakan survei, tim spotdirga bersama Lanud Raden Sadjad juga melaksanakan demo terbang Paralayang di Halaman Kantor Bupati Natuna untuk menarik minat olahraga dirgantara kepada masyarakat Natuna.

Saat ditemui media lokal, Kolonel Pnb Nurtantio Affan, S.E., M.H., M.han, mengatakan bahwa, Sesuai program dari mabesau dalam rangka pembinaan potdirga salah satunya menggiatkan olahraga dirgantara paralayang maupun paramotor.

“Harapan kedepan timbul generasi muda dari masyarakat Natuna yang berminat ataupun mengembangkan olahraga ini,”ujarnya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini sudah berdiskusi kepada Bupati Natuna, dan apabila mabesau mengizinkan akan diimplementasikan baik itu pelatihan atau kegiatan-kegiatan berprestasi secara bertahap sesuai kondisi yang ada di Natuna.

“Spot yang telah disurvei dijadikan paralayang di Natuna kemungkinan di Teluk Depeh, Selat Lampa,” ucapnya.

Sedangkan Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M. Si, menyambut baik kegiatan ini dan berterima kasih kepada tim dan pihak Lanud atas survei lokasi olahraga paralayang di wilayah Natuna dan mudah-mudahan mabesau berkenan dibuat di Natuna.

“Pemerintah daerah mendukung kegiatan ini, karena kita butuh untuk menunjukan beberapa event kepada masyarakat kita sendiri dan kepada masyarakat luas,” tutur Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Lanud Raden sadjad, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., mengatakan kedepannya Lanud menyesuaikan program kerja spotdirga mabesau dan pada prinsipnya Lanud Raden Sadjad menginginkan putra daerah ada yang bisa menjadi atlet nasional olahraga dirgantara.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pengenalan olahraga paralayang oleh tim spotdirga mabesau di hadapan masyarakat Natuna yang sengaja menonton di halaman kantor Bupati Natuna disambut antusias oleh warga masyarakat maupun ASN di lingkungan Pemkab. Natuna.

(Mhd. Amin)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close