Natuna

Hari Bakti TNI AU ke-75, Rodhial Huda Apresiasi Kinerja Lanud RSA Natuna

NATUNA – Hari Bakti TNI AU ke-75, Rodhial Huda Apresiasi Kinerja Lanud RSA Natuna. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Natuna di acara bakti sosial (Pengobatan massal dan donor darah), serta senam sehat bersama, di Pantai Piwang, Minggu (24/07/2022)

Komandan Lanud RSA Ranai, Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC (J), menjelaskan, pada momen Hari Bakti TNI-AU ke-75 kali ini, Lanud RSA Ranai telah menggelar berbagai aksi sosial kemanusiaan, diantaranya pengobatan massal dan donor darah.

Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC (J) juga mengatakan bawa Lanud RSA juga telah melakukan penanaman pohon dan penyerahan sembako kepada Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Cabang 23 Ranai, di Kota Tua Penagi, Kecamatan Bunguran Timur. Dijelaskannya, pohon yang ditanam adalah jenis pohon Nyamplung atau Punaga. Pohon ini, biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bahan untuk membuat kapal dan perkakas rumah.

“Karena kita ketahui tradisi membuat kapal itu masih ada, makanya kami tanam kayu ini di sekitar komplek Lanud hingga ke Penagi. Tujuannya agar nanti anak cucu kita dapat memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat kapal. Sekarang pohon nyamplung atau punaga ini hanya tinggal satu-satunya di Lanud Ranai,” ujarnya

Wabup Natuna Rodhial Huda, Cek Kesehatan pada Hari Bakti TNI-AU ke-75 di Pantai Piwang Ranai
Hari Bakti TNI AU ke 75

Untuk bakti sosial berupa donor darah, Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC (J) juga mengatakan bahwa Lanud RSA Ranai telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, RSUD dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Natuna. Mengingat minimnya Unit Transfusi Darah (UTD) dan belum adanya bank darah, maka pihak penyelenggara hanya membatasi untuk 100 orang pendonor.

Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC (J) menyampaikan bahwa pihaknya bersedia menyiapkan bank darah hidup, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sedang membutuhkan darah untuk keperluan pengobatan.

“Personil kami siap menjadi bank darah hidup, jika dibutuhkan oleh masyarakat. Kami siap melayani masyarakat 24 jam, mau itu siang, malam bahkan dini hari, kita siap untuk memberikan donor darah untuk masyarakat,” ujarnya

Hal itu dilakukan Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC (J) sebagai bukti bahwa unsur TNI, khususnya TNI-AU, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di ujung utara NKRI.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lanud RSA, yang telah menggelar pengobatan masal secara gratis dan donor darah di Hari Bakti TNI AU ke-75 tahun 2022. Menurutnya hal ini sangat membantu masyarakat, karena selama ini masyarakat enggan untuk memeriksakan kesehatan ke Rumah Sakit maupun Puskesmas.

“Sebab kebanyakan masyarakat kita itu malas kalau memeriksakan kesehatan secara formal di rumah sakit. Tapi kalau seperti ini kan masyarakat sambil liburan, sekalian bisa memeriksakan kesehatannya,” ujarnya

Rodhial menyebutkan, kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna berencana memberikan hibah lahan kepada PMI Natuna, untuk keperluan pembangunan bank darah.

“Karena kita tahu, ditempat kita belum ada bank darah, UTD pun kapasitasnya terbatas. Makanya kami sangat mengapresiasi program bank darah hidup yang dicanangkan oleh Danlanud Ranai,” ujarnya.

Kegiatan yang mengangkat tema ”Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani Di Kawasan” itu, turut dihadiri oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar dan Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 17/D.1 Lanud RSA Ranai, Ny. Novi Jajang Setiawan, Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy, Kepala Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah, unsur Forkopimda, OPD dan masyarakat.

(Mhd. Amin)

Tags
Show More
Kepriwebsite

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close