Pendidikan

BGP Kepri Bersinergi Bersama LPPN Mengimplementasikan IKM

BINTAN – Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan mendukung penuh kegiatan Diseminasi I, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penggerak Pendidikan Nasional (LPPN) di SDN 03 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Selasa (28/6).

“Kegiatan Diseminasi dapat digunakan berbagi praktik baik bagi kepala sekolah atau guru yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Sehingga bagi sekolah yang belum mengimplementasikan kurikulum merdeka dapat gambaran yang nyata bagaimana penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan,” jelas Khairi Rosadi, Ketua Kelompok Kerja IKM BGP Kepri.

Kepala BGP Kepri Imam Edhi Priyanto menerangkan melalui kegiatan ini diharapkan seluruh kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan yang telah mendaftarkan IKM jalur mandiri dapat mempersiapkan diri untuk menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pilihan masing-masing, baik itu mandiri belajar, mandiri berubah serta mandiri berbagi.

“Saya berharap kegiatan dalam rangka pendampingan kurikulum secara mandiri dapat memperkaya pengetahuan kita bersama serta dapat menyamakan visi kita dalam melakukan transformasi pendidikan di Indonesia,” terang Imam Edhi.

BGP Kepri Bersinergi Mengimplementasikan IKM
BGP Kepri Bersinergi Mengimplementasikan IKM

Efi Noyita, Pelatih Ahli Sekolah Penggerak sekaligus narasumber kegiatan menambahkan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada kepala satuan pendidikan serta guru dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka secara mandiri

Sekolah yang mengikuti kegiatan berjumlah 11 (sebelas) yaitu SDN 007 Teluk Sebong, SDN 008 Bintan Utara, SDN 004 Teluk Sebong, SDN 006 Bintan Utara, SDN 002 Teluk Sebong, SDN 003 Teluk Sebong, SDS Kristen Calisa, SDN 009 Teluk Sebong, SDN 005 Bintan Utara, SDN 010 Teluk Sebong, SDN 003 Bintan Utara

Kurikulum Merdeka yang saat ini dirancang oleh Kemendikbud-ristek merupakan kurikulum terobosan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul. Dimana kurikulum ini memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih dan mengembangkan daya kreatifitasnya sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, demikian pula sebagai pendidik harus memfasilitasi peserta didik sesuai dengan karakter yang mereka miliki. (Hos Arie Rhamadhan Sibarani)

BGP Kepri Bersinergi Bersama LPPN
BGP Kepri Bersinergi Bersama LPPN
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close