Sulawesi Selatan

Pertama di Indonesia, ATM Sampah “Diparkir” di Masjid

SULAWESI SELATAN – Startup lokal dari Makassar Mallsampah memarkir satu mesin Reverse Vending Maching (RVM) di Masjid Besar Syura, di Makassar, Kamis (10/03). Mesin RVM ini adalah teknologi terakhir yang digunakan Mallsampah pada akhir 2021 lalu.

Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan
Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan

Inisiatif ini adalah kerja sama startup Mallsampah dengan DMI dan MUI, dan akan jadi percontohan program Ekonomi Masjid (EMAS) yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

Hadir dalam seremoni peluncuran, Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan mengapresiasi inisiatif ini.

“Masjid dihadapkan bisa jadi sumber kebangkitan ekonomi umat. Kita berharap, peralatan canggih dari Mallsampah ini bisa berkontribusi untuk warga masjid dan sekitarnya, sekaligus jadi percontohan program EMAS (Ekonomi Masjid),” pungkasnya.

Komisaris Independen BSI ini melanjutkan, selain pemberdayaan ekonomi, ATM Sampah juga simbol bahwa kita mendukung upaya menuju keberlanjutan atau sustainability.

Sementara itu, Sekretaris budang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Sulsel dr. Fadli Ananda menyatakan, “ini adalah kerja kreatif dari anak muda yang perduli dengan nilai mendasar Islam, yakni kebersihan. ATM Sampah juga mendorong karakter bersih sekaligus membangun ekonomi umat.”

Inisiatif ini juga mendapat sambutan hangat dari pengurus Masjid Besar Syura.

Pendiri Masjid Besar Syura yang juga Pengurus DMI dan MUI Sulsel H. Mustamin Anshar menyampaikan, Inovasi ini sangat baik untuk mengajak masyarakat dan jemaah untuk mengelola sampah di sekitar masjid.

“Apalagi, sistem yang digunakan sudah digital, sehingga mekanisme seluruh alurnya jadi lebih mudah. ATM Sampah bahkan dapat menjadi sedekah yang digunakan untuk pemberdayaan ekonomi umat,” ujarnya

Mallsampah berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan PT ASIA Central Investama dalam rangka membangun gerakan ekonomi hijau untuk umat.

Founder dan CEO Mallsampah, Adi Saifullah Putra mengatakan bahwa ATM Sampah merupakan bentuk nyata dari keseriusan Mallsampah dalam menyediakan akses daur ulang bagi siapa saja.

 “Kami membuat ATM Sampah ini dengan riset yang cukup matang agar dapat diadopsi oleh usaha kecil menengah, dan yang paling penting, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. ATM Sampah merupakan alternatif lain dari fitur drop off di aplikasi Mallsampah dimana user dapat mendaur ulang mulai dari satu cup plastik,” ujarnya

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close