Kepulauan RiauTanjungpinang

Pandemi COVID-19, Bisnis Perdagangan Kapal Tongkang dan Tugboat Tetap Stabil

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Pandemi COVID-19, Bisnis Perdagangan Kapal Tongkang dan Tugboat Tetap Stabil. Hal tersebut disampaikan salah seorang pengusaha perkapalan dan pelayaran nasional, Hengky Suryawan, Senin (30/08/2021) di Tanjungpiang.

Hengky Suryawan merasa pandemi COVID-19 tidak mempengaruhi bisnis perdagangan kapal tongkang dan kapal tugboat miliknya, karena permintaan terhadap kapal tersebut tetap stabil.

“Kapal tongkang dan tugboat yang kami produksi di Batam tetap terjual, meski harganya meningkat sejak pandemi,”  ujarnya.

Setiap tahun rata-rata memproduksi 40 unit kapal tongkang dan kapal tugboat. Satu unit kapal tongkang dijual dengan harga Rp30 miliar, sementara tugboat Rp20 miliar.

“Kalau sepaket (tugboat dan tongkang) sekarang dijual dengan harga Rp50 miliar,” ujarnya.

Pembeli kapal tongkang maupun tugboat kebanyakan pengusaha nasional. Jadi pembelinya bukan pengusaha asing, paling banyak itu justru pengusaha dari berbagai daerah di Indonesia

“Harga kapal tongkang dan tugboat meningkat lantaran harga bahan baku dan suku cadangnya naik,” ujarnya

Hengky Suryawan mengatakan bahwa PT Bahtera Bahari Shipyard yang dinakhodainya juga kesulitan mengimpor suku cadang maupun bahan baku untuk material pembuatan kapal tersebut.

“Kami impor barang-barang yang dibutuhkan itu dari Korea, Ukraina, Jepang dan China. Negara-negara itu sempat ‘lockdown’ sehingga kami kesulitan membeli barang-barang untuk memproduksi kapal,” ucapnya.

Hengky yang memulai bisnis produksi kapal tongkang, tugboat, bahkan kapal pesiar sejak tahun 2005 itu mengatakan bisnis pembuatan kapal ini, menguntungkan.

Menurut dia, bisnis pembuatan kapal akan terus berkembang seiring dengan perdagangan mineral, seperti alumina, biji besi, nikel, dan batubara.

“Saat ini, harga bahan mineral yang di ekspor meningkat 100 persen sehingga cadangan devisa Indonesia tetap ada, dengan nilai yang cukup tinggi di tengah hantaman pandemi,” ujarnya.

Sumber:
https://kepriprov.go.id/

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close