NasionalSumatera Selatan

Gubernur Sumsel Herman Deru Buka UKW Gratis Program Dewan Pers di Palembang

Lihatkepri.com, Sumatera Selatan – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru membuka UKW (Uji Kompetensi Wartawan) gratis program Dewan Pers yang dilaksanakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta di Hotel Aston, Palembang, Jum’at (25/6/2021).

Gubernur Herman Deru (kemeja putih) bersama anggota Dewan Pers, Jamalul Ihsan dan para penguji UKW UPN Veteran Yogyakarta memimpin ‘salam presisi’ ciptaannya.

H. Herman Deru menyampaikan apresiasi dan kebanggaanya atas kegiatan program Dewan Pers di wilayahnya. Karena melalui program ini tak perlu diragukan lagi, akan membawa wartawan profesional di Palembang menjadi kompeten, profesional dan bernilai estetika.

Sebagai bentuk apresisasinya kepada profesio wartawan yang dipandangnya sebagai profesi mulia, Gubernur Sumsel itu siap mengalokasikan anggarkan dana untuk membuat pelatihan wartawan di Sumsel bekerjasama dengan Dewan Pers dan UPN Veteran Yogyakarta.

“Training untuk wartawan di Sumsel ini, saya rasa memang perlu dilakukan. Pemprov bersedia membiayai demi menghormati profesi yang sangat mulia ini,” ujar Gubernur pencipta ‘salam presisi’ itu.

Ditambahkannya, pelatihan khusus bagi insan pers di Sumsel sangat penting. Tentu saja, training dari lembaga resmi yang ditunjuk langsung oleh Dewan Pers.

“Saya bangga bisa hadir dan bertemu langsung para peserta UKW. Sebab hal ini sangat berguna baik bagi wartawan itu sendiri, sumber berita, maupun masyarakat. Wartawan yang telah mengikuti UKW akan terlihat berbeda mulai dari cara penyajian dan bahasa yang digunakan dalam penulisan berita,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers, Jamalul Insan mengatakan, program UKW gratis ini bertujuan untuk membangun media dan insan pers yang kompeten, bekerja dengan profesionalisme.

“Banyaknya orang yang mengaku sebagai wartawan, untuk mengatasinya dengan melaksanakan UKW bagi wartawan hal ini tentu untuk menjaga profesi wartawan itu sendiri,” kata Jamalul.

UKW ini, tambah Jamalul, adalah untuk menguji kompetensi para wartawan yang sudah bekerja, bukan bagi mereka yang akan mulai menggeluti dunia jurnalistik. Melalui UKW inilah dicapture dan direkam, sejauh mana kompetensi dan profesionalisme wartawan dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari.

Di tempat yang sama Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta, Agung Prabowo mengatakan, UKW yang digelar di Palembang ini adalah kepercayaan dari Dewan Pers untuk Lembaga Uji Kompetensi Wartawan UPN Veteran Yogyakarta yang kedua, setelah program yang sama digelar di Batam, Provinsi Kepri, 19-20 Maret 2021.

Setelah di Pelembang ini, lanjut Agung Prabowo, UKW gratis yang difasilitasi Dewan Pers ini akan dilanjutkan di Provinsi Gorontalo. Rencanya, UKW gratis di Gorontalo itu akan digelar 9-10 Juli 2021 mendatang. Tapi karena terjadi ledakan penyebaran Covid-19 di Indonesia, maka kegiatan ini ditunda.

“Ada moratorium dari Dewa Pers untuk kegiatan UKW di seluruh Indonesia, ini karena saat ini penyebaran Covid-19 sedang melonjak,” ujarnya sembari berharap agar kondisi ini segera berakhir.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close