KolomSandi Eja Putra

Ape Cerite Kampong Kite Pulau Kundur?

Kundur adalah sebuah Pulau di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Kundur terdiri dari 3 Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun Kundur atau biasa yang di sebut Kepulauan Kundur, merupakan Salah satu Daerah yang ingin Menjadi Daerah otonom di Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut ceritanya pada tahun 2009 sudah mulai inisiasi untuk mendiskusikan persoalan pulau kundur yang akan di mekarkan dengan tim khusu inisiatornya. Selanjutnya perjuangan kembali dimulai pada tahun 2011 hingga 2014 sampai terjadinya moratorium atau penundaan dimekarkan menjadi kabupaten.

Namun hingga saat ini cerita di balik perjuangan pemekaran menjadi DOB ini tidak muncul kembali, ibarat di telan bumi. Sudah hampir 8 tahun cerita pulau kundur yang di wacanakan akan di mekarkan tidak ada terdengar, lokasi peletakan plang Kantor Bupati calon kabupaten kepualauan kundur tersebut di kelilingi rumput yang panjang dan tiang serta plang sudah berkarat. Hanya sebagai objek pemandangan oleh masyarakat kundur yang berlokasi di KM 5 pulau kundur.

Sudah sepantasnya kita mempertanyakan bagaimana nasib kampung kita yang dahulu menjadi sorotan namun akhirnya menajdi tontonan. mendengar asumsi masyarakat yang mulai sudah tidak peduli lagi akan rencana pemekaran pulau kundur ini menjadi kabupaten, akibatnya cerita paling menarik untuk di bicarakan sudah di abaikan oleh masyarakat pulau kundur. Terutama sang pejuang bapak H.M. Sani dan bapak Abdul Malik yang sudah meninggal dunia. Sang pelopor pergerakan tersebut tiada hilang lah sudah sampai saat ini pergerakan isu Pulau kundur menjadi DOB.

Namun pula ada juga masyarakat yang masih menunggu desar desir pencabutan moratorium pulau kundur agar segera bisa menjadi kabupaten, dengan alasan yang spontanitas demi kemajuan daerah. Respon terkait rencana Pulau kundur menjadi DOB masih menggantung, belum ada keputusan bahwa pantas atau tidaknya dari pusat menjadikan pulau kundur ini DOB, dari zaman presiden SBY hingga periode presiden jokowi tidak ada gambaran bahwa isu ini kembali di bicarakan.

Jadi atau tidaknya pulau kundur menjadi DOB tidak di permasalahkan, namun pembicaraan persoalan pencabutan moratorium tidak ada terdengar. Muncul pertanyaan, sampai kapan hal ini terjadi. Semoga ada kabar baik buat kampung kita yang masih tergantung untuk maju menjadi kabupaten.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close