PendidikanSTISIPOL Raja Haji

Pengembangan UMKM Membutuhkan Suport Dari Pemerintah Daerah

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah usaha yang dimiliki perorangan maupun badan usaha. UMKM juga bisa menjadi salah satu alternatif dalam membuka lapangan pekerjaan baru khususnya di tanjungpinang.

Walaupun UMKM memiliki jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sedikit, tetapi jika UMKM tersebut bisa berkembang menjadi Usaha Besar maka secara otomatis akan menambah jumlah pekerja.

Tentu jika ingin membuat UMKM berkembang harus membutuhkan peran dari pemerintah daerah dalam mensuport produk lokal, karena UMKM tidak akan bisa berkembang atau bahkan berjalan dengan baik jika tidak ada bantuan dari Pemerintah Daerah setempat.

Hal ini juga Sesuai dalam UU no 20 Tahun 2008 Pemerintah berkewajiban dalam memberdayakan UMKM di Indonesia. Sebagai salah satu agen pemberdaya UMKM, Pemerintah harus bisa menjamin perkembangan UMKM di Indonesia.

Dilansir dari detak.media pada tahun 2020 Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro kota tanjungpinang telah mengirimkan sebanyak 2.209 data UMKM ke pemerintah pusat.

Khsusnya di tanjungpinang sendiri sangat banyak umkm yang membutuhkan bantuan dana dari pemerintah apalagi di tengah pandemi covid-19.

Inilah kenapa Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat penting dalam pemberdayaan UMKM, selain mereka pemilik kebijakan, mereka pulalah yang mengontrol setiap perkembangan di daerahnya.

Banyaknya UMKM yang ada di kota tanjungpinang memiliki beberapa ciri khas Produk Unggulan yang selanjutnya disebut PUD. Kota Tanjungpinang telah banyak menciptakan usaha-usaha kecil seperti usaha kerajinan seperti Tanjak, dan makanan olahan hasil laut, seperti ikan asin, Gonggong, kerang-kerangan, siput, sotong yang telah diekspor keluar negeri.

Semoga pemerintah daerah bisa memberikan suport yang besar kepada pelaku UMKM, karna UMKM juga merupakan bagian dari ujung tommbak perekonomian daerah bahkan tingkat nasional, untuk itu sangat dibutuhkan peran pemerintah, salah satunya Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro kota tanjungpinang, dan produk-produk yang dihasilkan masyarakat tanjungpinang bisa membawa kota tanjungpinang semakin dikenal di luar daerah, bahkan luar negeri.

Penulis:

Vergy Dileonora
Nim : 18101032
Prodi Ilmu Administrasi Publik Stisipol Raja Haji Tanjungpinang

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close