KolomLegenda

CPNS 2021, Ini Yang Harus Diperhatikan

Seleksi CPNS 2021 tinggal beberapa hari lagi memasuki tahap pendaftaran. Dimulai dari akhir Mei 2021 dan akan berakhir pada pertengahan Juni 2021.

Menjelang tanggal pendaftaran 30 Mei 2021 pun sudah ramai diskusi masyarkat ndonesia di dunia maya menanggapi tes CPNS 2021 yang dibarengi PPPK ini. Ada yang berharap akan diterima, berbagi soal-soal ujian, dan berbagi tips agar lulus tes dan menjadi aparatur sipil negara.

Menuju tahap pendaftaran, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah langkah saat pendaftaran yang bisa berujung kegagalan atau malah tidak sesuai pilihan pendaftaran dengan keinginan. Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjelang pendaftaran adalah sebagai berikut

  1. Tentukan Instansi
    Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan instansi yang membuka lowongan. Karena penentuan instansi akan berpengaruh pada tempat tinggal kita saat bekerja. Misalnya kita memilih instansi kementerian atau satker pemerintahan dari pusat yang akan menempatkan kita secara acak di beberapa willayah kantornya, maka pada saat lulus kita harus mengikuti ketetapannya sekalipun haru ditempatkan pada provinsi yang berbeda dan Pulau yang berbeda pula dari tempat asal kita. Tentunya harus mempersiapkan mental untuk hidup di tempat baru.Penentuan instansi tentunya juga akan memberikan gambaran umum tentang pekerjaan umum pegawai nantinya. Misalnya memilih formasi yang ada di KPU, maka nantinya akan memberikan gambaran kerjaan yang berkaitan dengan kepemiluan. Walaupun tidak semua formasi akan seperti itu.
  2. Kesesuaian Jabatan/Formasi dengan Latar Belakang Pendidikan
    Latar belakang pendidikan menjadi faktor penting pada tahapan pendaftaran. Karena latar belakang pendidikan menjadi faktor penyesuai pendidikan pelamar dengan formasi yang dibuka. Sehingga menjadi penentu kelulusan administrasi pelamar. Penyesuaiannya juga biasnya terletak pada jurusan kuliah, bukan pada rumpun ilmu.
  3. Persyaratan khusus formasi
    Beberapa formasi biasanya memiliki persyaratan khusus. Biasanya ini formasi yang kerjanya memerlukan keahlian khusus. Seperti penjaga lapas, supir mobil tahanan, guru, atau formasi untuk lulusan cumlaude dan formasi untuk disabilitas.

Selain itu juga, bagi lulusan first graduate, harus mempersiaopkan mental masuk ke dunia kerja. Tentunya banyak pekerjaan yang kadang keilmuannya baru ditemui di dunia kerja. Etika profesi juga yang pastinya lebih mudah dipahami oleh orang yang berpengalaman. Ditambah lagi bekerja sebagai PNS itu bekerja pada kantor pemerintahan yang pastinya banyak peraturan birokrasi yang mengatur sampai kepada kehidupan PNS di luar kantor. Tentunya first graduate akan merasa terikat jika dibanding kehidupannya saat kuliah.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close