JakartaNasional

Ramadhan Brand Berbagi, Bantu Masyarakat di Tengah Kesulitan Akibat Pandemi

Lihatkepri.com, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 1 tahun lebih telah memicu meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin per September 2020 sebanyak 27,55 juta orang atau setara 10,19% dari total penduduk. Dibandingkan dengan September 2019, sebanyak 9,22 juta orang jumlah penduduk miskin naik 2,76 juta orang atau naik 0,97%.

Situasi tersebut telah mengetuk hati setiap orang untuk saling berbagi kepada mereka yang terdampak pandemi. Sejak awal pandemi tidak sedikit dari kalangan individu hingga korporasi yang telah menyalurkan bantuan melalui dana pribadi maupun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Aktivitas berbagi pun semakin tinggi di momen tertentu, seperti Bulan Ramadhan, membuat berbagai bentuk bantuan semakin berarti.

Untuk semakin menggairahkan semangat berbagi di kalangan brand dan korporasi, INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, melaksanakan program Ramadhan Brand Berbagi 2021, sebagai aktikvitas untuk memfasilitasi para pelaku brand dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini, INFOBRAND.ID berhasil menggandeng sejumlah sponsor seperti; Matrix NAP Info, Pigeon, Herborist, Melia Laundry, Campina Ice Cream, dan Ghanisa Aesthetic. Kegiatan tersebut juga didukung sejumlah brand seperti; Herbamuno+, Kopi ABC, Nutrive Benecol, Belfoods, Pronas Kornet & Keju, Frisian Flag, NCS, Wong Coco, Aice, MECCAYA, Okky Jelly Shake, Tango, Chizmill, Super Sol, Fruit Tea, Crispyku Fried Chicken, Roti Ropi dan TahuTime.

Sponsor dan dukungan dari brand-brand diterima dalam bentuk uang tunai dan berbagai produk, selanjutnya diwujudkan menjadi 1.480 paket kebaikan yang terdiri dari; 300 ta’jil buka puasa, 300 santunan anak yatim piatu, 100 THR marbot musolah/masjid, 180 sembako, 500 bingkisan produk, dan 100 wakaf Qur’an untuk Yayasan.

Masing-masing paket kebaikan tersebut telah didistribusikan dalam waktu 5 hari, Senin-Jumat (3-7/5/2021). Pembagian dilakukan langsung oleh seluruh Tim INFOBRAND.ID yang turun langsung ke lapangan.

Pada hari Senin membagikan ta’jil di kepada pengguna jalan di tiga titik di Cakung Timur. Hari Selasa pendistribusian paket sembako untuk marbot di wilayah Cakung Timur. Hari Rabu pembagian santunan ke Panti Asuhan di Bogor dan paket sembako ke marbot di wilayah Jakarta Timur. Hari Kamis, pendistribusian santunan untuk anak yatim dan bingkisan produk untuk dhuafa di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Dan  hari Jumat, penyaluran santunan untuk anak yatim dan paket sembako ke panti asuhan di Jakarta.

Susilowati Ningsih, selaku CEO INFOBRAND GROUP mengatakan, brand yang bergabung dalam program Ramadhan Brand Berbagi 2021 memiliki tujuan yang sama untuk berbagi di bulan Ramadhan. Intinya apa yang kita miliki tidak semua milik kita, jadi sudah sepatutnya kita berbagi atas rezeki yang kita terima.

“Termasuk dalam kegiatan Ramadhan Brand Berbagi ini, semua yang kami dapatkan dari para brand, semuanya untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan,” ujar Susi.

Ramadhan Brand Berbagi tahun ini, merupakan kegiatan tahun ketiga. Dimana dari tahun ke tahun brand yang bergabung semakin banyak. Di tahun sebelumnya, dari kegiatan yang sama hanya berhasil menghimpun dan membagikan 200 kebaikan, sesuai dengan tema “Berbagi Untuk 1.000 Kebaikan; Merawat Kepedulian Sosial, Merawat Ekonomi Bangsa”, tahun ini berhasil dilipatgandakan menjadi 1.000 lebih paket kebaikan.

Berbeda dari kegiatan tahun sebelumnya, Ramadhan Brand Berbagi 2021 juga dibarengi dengan pemberian apresiasi, Indonesia Corporate Responsibility Appreciation; Ramadhan Brand Berbagi 2021. Apresiasi ini diberikan kepada brand yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan Brand Berbagi 2021, dan memiliki kegiatan CSR Ramadhan baik internal maupun eksternal perusahaan.

“Apresiasi ini diharapkan dapat menciptakan image positif perusahaan, dan mendorong seluruh perusahaan dan brand di Indonesia untuk melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan yang sifatnya sosial dengan berbagai program,” jelas Susi.

Penyerahan apresiasi Indonesia Corporate Responsibility Appreciation; Ramadhan Brand Berbagi 2021 yang dilaksanakan Jumat (7/5/2021), menjadi puncak kegiatan Ramadhan Brand Berbagi 2021. Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik kegiatan tersebut. Dalam sambutannya mengatakan, selaku Menteri Agama menyambut baik inisiatif INFOBRAND GROUP mengajak perusahaan di Indonesia dalam kegiatan sosial seperti Ramadhan Brand Berbagi.

“Kegiatan ini sangat baik dan membantu masyarakat, di tengah kesulitan akibat pandemi yang masih berlangsung,” ujar Yaqut.

Penyerahan apresiasi dilakukan secara virtual yang diikuti brand-brand penerima apresiasi. Acara ini juga dibuka secara umum dan disiarkan secara langsung mulai pukul 15.30, di Channel YouTube INFOBRAND TV, yang menghadirkan tausiah agama yang disampaikan oleh KH. Taufik Damas, selaku Wakil Khatib Syuriah PWNU DKI Jakarta.

Adapun penerima apresiasi Indonesia Corporate Responsibility Appreciation; Ramadhan Brand Berbagi 2021 adalah sebagai berikut; Matrix NAP Info, Herborist, Herbamuno+, Mustika Ratu, Melia Laundry, Ghanisa Aestetic, Nutrive Benecol, PRONAS, Belfoods, Campina. Selanjutnya Pigeon, Aice, Wong Coco, Supersol, Fruit Tea, NCS, MECCAYA, Kopi ABC, dan Frisian Flag.(***)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close