Kolom Pembaca

Memulihkan Kembali Bumi Rumah Kita

Hari ini tepat pada tanggal 22 April 2021 diperingati sebagai Hari Bumi Se-dunia yang di rayakan di setiap tahun nya di belahan dunia dengan tema tahun ini adalah Restore Our Earth . Peringatan Hari Bumi harusnya bukan sekadar ucapan selamat saja, tapi jadi momentum untuk lebih mencintai alam dan lingkungan sekitar.

Dihimpun dari beberapa sumber yang ada, sejarah peringatan Hari Bumi pertama kali berlangsung pada 22 April 1970. Yaitu Sekitar 20 juta warga Amerika Serikat turun ke jalan untuk memprotes pemerintah mereka menuntut lingkungan hidup yang lebih sehat dan berkesinambungan.

Sebelumnya di tahun 1969, terjadi peristiwa tumpahan minyak yang sangat parah di Santa Barbara, California, AS. Berkat protes besar-besaran itu, akhirnya Kongres Amerika Serikat membuat undang-undang terkait perlindungan lingkungan dan melahirkan sebuah badan baru bernama United States Environmental Protection Agency.

Bumi adalah rumah bagi kita semua, dan masa depan bagi anak cucu kita semua. Sudah sepatutnya kita memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi penerus kita. Bukan malah sebaliknya. Karena Hari Bumi bukanlah hanya sekadar ucapan selamat yang manis saja, tetapi harus diikuti dengan aksi nyata yang bermanfaat bagi lingkungan sehigga perlu dijaga dengan bertindak secara konkret dan realistis Misalnya melakukan rehabilitasi hutan dan lahan, pengembangan pertanian berkelanjutan, penggunaan energi baru terbarukan dan mendorong pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan rendah karbon seperti yang tertuang pada peraturan Presiden No. 61 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Kemudian dapat pula meningkatkan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Perubahan yang besar di mulai dari hal kecil terlebih dahulu yang di mulai dari diri sendiri seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman karena kalau bukan kita yang menjaga bumi kita, lalu siapa lagi? Tutur David selaku Sekretaris HMI Cabang Batam

Banyak masyarkat diberbagai wilayah yang membuat aksi peduli lingkungan ini diantaranya, dengan menanam pohon, menghemat pemakaian air bersih, mengirit energi listrik dan lainnya begitu juga dengan Kader kader Himpunan mahasiswa Islam khususnya yang ada di Kota Batam.

Namun, tak hanya dengan melakukan aksi. Terlihat, juga para pengguna sosial media juga memperingatinya dengan cara mereka sendiri seperti menuliskan beragam kata kata atas kepedulian mereka terhadap lingkungan dan bumi.

Kampanye di media sosial ini juga bertujuan untuk merealisasikan sebuah kebijakan yang melindungi spesies yang terancam punah, serta menciptakan gerakan global untuk lebih mencintai alam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Restore our earth
Hari bumi bukan sekedar ucapan selamat

 

(Firman)
Ketua Umum HMI Cabang Batam

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close