Kampus

Kolaborasi Mahasiswa dan Masyarakat Melalui Ekonomi Berbasis Kampung Tangguh di Kota Tanjungpinang

Kondisi saat ini di tengah pandemi covid 19 yang telah menjadi wabah secara global pasti sangatlah berpengaruh dengaan ekonomi serta kesehatan pada masyarakat Indonesia. Di tengah kondisi pandemic ini sebuah program bermunculan di kampung atau desa hampir seluruh Indonesia termasuk di kota tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Program kampung tangguh ini sebenarnya sudah lama ada ketika terbitnya Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) Nomor 1 Tahun 2012. Dengan adanya pandemic covid 19 ini program kampung tangguh ini di gencarkan untuk kembali di realisasikan. Program ini buat memang prioritaskan kepada kampung yang terdampak besar pada pandemi covid 19 ini terutama pada kota tanjungpinang untuk menciptakan kampung-kampung yang tangguh di lingkungan masyarakat.

Pada tanggal 02 februari 2021 Wali Kota Tanjungpinang ibu rahma S.IP resmi meluncurkan sebuah program kampung tangguh di kota Tanjungpinang.

Adapun lokasi peluncuran kampung tangguh ini di laksanakan di beberapa lokasi yaitu kampung tangguh di kelurahan air raja yaitu kampung tangguh peternakan kampung banjar, di tanjung siambang dompak berupa kampung tangguh tertib lalu lintas, di kelurahan tanjung unggat berupa kampung tangguh melawan covid 19, dikelurahan bukit cermin berupa kampung tangguh inspiratif, dan di pulau penyengat berupa kampung tangguh religi. Ini sebuah kesempatan yang bisa di implementasikan oleh masyarakat dengan di bantu perann dari berbagai kalangan.

Saat ini memang belum semua willayah di kota tanjungpinang di canangkan program kampug tangguh ini, namun keberadaan kampung tangguh di sini sangatlah memiliki fungsi yang patut di apresiasi dalam kebiasaan baru di tengah pandemic seperti ini terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang menjadi persoalan utama. Elemen elemen masyarakat harus turut bersinergi dalam bergotong royong untuk mewujdkan program kampung tangguh ini berjalan dengan sebagaimana mesti sesuai harapan masyarakat bersama.

Salah satunya peran mahasiswa yang sangat di butuhkan dalam mensinergikan program kampung tanggguh ini.
Kampung tangguh ini bukan hanya program untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, namun juga di perdayakan untuk masyarakat dalam membangkitkan ekonomi di tengah masa pandemic ini, seperti pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan. Walaupun tidak semua wilayah di kota tanjungpinang yang memiliki program kampung tangguh ini, wilayah yang belom di canangkan program tersebut bisa melihat bahkan menerapkan inovasi dari wilayah yang sudah diluncurkan menjadi kampung tangguh. Hari ini mahasiswa yang berada di kota tanjungpinang bisa bersama-sama meningkatkan ekonomi melalui program kampung tangguh sebagai wujud membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan di masa pandemic ini.

Kreativitas dan inovasi yang di miliki oleh mahasiswa bisa di tuangkan ke dalam program kampung tangguh seperti pada program ketahanan pangan. Mahasiswa bisa bergerak melalui program tri dharma perguruan tinggi salah satunyaa adalah pengabdian masyarakat. Mahasiswa yang semester 6 biasanya sudah mulai melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata(KKN).

Dengan adanya KKN mahasiswa bisa memilih wilayah di kota tanjungpinang yang memiliki program kampung tangguh atau bisa saja wilayah yang belum di jadikan kampung tangguh. Apa yang harus di lakukan oleh mahasiswa? Mahasiswa membuat sebuah kegiatan inovatif dan kreatif yang bisa berkolaborasi bersama masyarakat yang merupakan tempat mahasiswa tersebut mengabdi selema satu bulan. Mahasiswa bisa memasarkan hasil pertanian lewat media sosial yang tempat pengabdiannya dominan petani. Sehingga masyarakat terbantu dengan adanya kehadiraan mahasiswa.

Atau bisa saja mempromosikan wisata yang ada di daerah tersebut. Revolusi mental mahasiswa di tanjungpinang harus bisa terbentuk untuk mewujudkan bangkitnya eknomi tanjungpinang.sehinggat mahasiswa bukan hanya sekedar agen perubahan agen sosial, agen kiritis tetapi juga bisa melebur kepada masyarakat saling bahu membahu meningkatkan perekonomian di tanjungpinang. Semoga setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta selalu memberikan program terbaik terkhusus pada program kampung tangguh di masa pandemic ini. Agar tugassa dan fungsi mahasiswa tidak hanya belajar dan belajar melainkan mampu menjadi ujung tombak perekonomian.

Oleh:

(Yuli Artika Lasut)
Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik
Stisipol Raja Haji Taanjungpinang

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close