Kolom Pembaca

Mempertahankan Eksistensi Pendidikan Agama Islam

Di Era Millenial Dalam Pembentukan Karakter

Merujuk pada pengertian pendidikan agama islam adalah bagian dari cara  dalam menyentuh 3 (tiga)  komponen sikap keagamaan yang terpadat pada  diri manusia.  Komponen yang di maksud adalah 1). Komponen kognisi, merupakan segala hal yang berhubungan terhadap gejala pikiran seperti keimanan, 2). Komponen afeksi, merupakan segala hal yang berkaitan terhadap perasaan, 3).  Komponen konasi, merupakan kecendrungan untuk melakukan  dalam hal-hal kebaikan seperti pertolongan dan mengabdi.

Melalui komponen-komponen diatas itu lah mengapa pendidikan agama islam ini sangat amat ikut andil dalam bagian pembentukan karakter bangsa  yang  diharapkan mampu memperbaiki akhlak, mendidik hati nurani serta mendorong dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat serta mulia. Melalui pendidikan agama islam ini juga sangat di harapkan  bahwa para siswa dapat mengerti dan memahami  akan kewajiban umat beragama. Mengingat  pentingnya pembentukan karakter bangsa ditengah keadaan yang carut marut seperti sekarang ini.

Era millennial dimana  era sudah seberlenggut dengan dunia digital, moderniasi, serta kemajuan-kemajuan lainnya.  Globalisasi yang sudah sangat pesat membawa pengaruh yang cukup besar terhadap pembentukan karakter. Budaya global dan  gaya hidup merupakan dampak yang paling terlihat akibat dari pesatnya globalisasi. Sulitnya memfiltrasi antara yang baik dan tidak dari apa yang mereka peroleh dari gadget dan juga cenderung sangat mudah terpengaruh  lingkungan sosaial mereka  dalam akses penggunaannya.

Melalui hal diatas di mana eksistensi dari gadget serta peralatan digital lainnya lebih menonjol dan semakin eksis pada kalangan millennial, Inilah menjadi tolak ukur mengapa pentingnya  mempertahankan eksistensi pendidikan agama islam pada saat sekarang ini. mengapa demikian ?? karena melalui pendidikan agama islam dengan seharusnya segala macam bentuk budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya-budaya  di negeri ini  dapat terfilterisasi dengan baik, karena telah di tanamkan nilai-nilai islam di dalamnya.

Mengapa pentingnya melakukan penguatan dalam pembentukan karakter melalui pendidikan agama islam ?? karena penguatan karakter bangsa  dalam konteks sekarang ini sangat relevan dalam mengatasi  krisis moral yang terang-terangan sudah terlihat jelas di depan mata.  Di akui maupun tidak di akui  krisis moral sudah terjadi  secara nyata dan sangat mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan  milik kita yang paling beharga dari negeri ini yaitu generasi muda.

Penguatan pembentukan karakter pada generasi muda bangsa merupakan hal dasar dalam mempersiapkan generasi muda yang lebih baik, karena generasi muda merupakan harapan bangsa yang akan menjadi pemimpin bangsa pada masa depan dengan menjadikan Negara peradaban, menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur  bangsa dengan akhlah dan budi pekerti yang baik serta menjadi generasi yang berilmu pengetahuan tinggi dengan menghiasi  dirinya  melalui iman dan taqwa.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close