Institut Teknologi BatamPendidikan

Kata Siapa Jurusan Teknik Identik dengan Laki-Laki?

Ini Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan!

Lihatkepri.com, Batam – Kuliah jurusan teknik seolah identik dengan laki-laki, padahal tidak demikian adanya. Jurusan teknik juga sesungguhnya kian diminati oleh perempuan, sebab bidang teknologi dan prospek kerjanya membuat perempuan juga tertarik dan berlomba-lomba mendalami pendidikan jurusan teknik.

Mahasiswa teknik seolah identik dengan laki-laki. Mungkin hal ini karena anggapan bahwa pekerjaannya dinilai berat dan sering terjun ke lapangan. Tak hanya urusan fisik, jurusan teknik juga menuntut keseimbangan kecerdasan dan mental. Hal ini yang membuat kuliah jurusan ini juga menantang.

Namun meski kerap dikaitkan dengan kaum adam, ternyata sejumlah jurusan teknik juga bisa dibilang cocok dan banyak diminati perempuan. Ada sejumlah alasan yang membuat para perempuan juga tertarik menempuh kuliah teknik. Di antaranya, jurusan teknik memiliki prospek kerja yang terbilang bagus. Selain dapat menempa mental, ilmu dan terapannya juga dapat dikembangkan lebih luas.

Beberapa alasan tersebut membuat jurusan teknik juga semakin diminati para perempuan. Apalagi mengingat pemikiran dan pandangan bahwa perempuan tidak cocok masuk jurusan teknik adalah pandangan yang terbilang kuno. Kamu termasuk bagian dari kaum hawa yang ingin menjadi mahasiswi teknik, namun belum bisa menentukan jurusan yang tepat?

Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang peduli pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM pada Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM), merangkum tentang jurusan teknik apa saja yang diminati dan cocok untuk perempuan. Berikut ulasannya:

  1. Teknik Industri

Menurut Institute of Industrial and System Engineering, Teknik Industri adalah ilmu yang mempelajari cara optimalisasi kegiatan manusia. Di dalamnya mencakup produksi, pengelolaan, dan ekonomi. Setelah lulus dari Teknik Industri, kamu harus diharapkan dapat bertanggung jawab atas optimalisasi sistem produksi pabrik dan desain manajemen perusahaan secara optimal.

Dalam jurusan ini, kamu juga dituntut untuk menyelesaikan masalah secara matematis dan teliti, dan mungkin ini juga yang membuat jurusan ini juga banyak diminati perempuan. Jika kamu sudah masuk program studi Teknik Industri, jangan lupa kuasai skill-skill ini agar menjadi lulusan yang berkualitas.

  1. Sistem Informasi

Sistem Informasi atau yang dikenal juga dengan SI adalah bidang ilmu interdisiplin. Ilmu ini merupakan gabungan dari ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari cara identifikasi tahapan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data perusahaan.

Setelah itu, kamu diharapkan dapat merancang sistem sesuai kebutuhan perusahaan tersebut. Jadi, Sistem Informasi menuntut kamu untuk mempelajari ilmu bisnis, selain teknik pemrograman.

  1. Teknologi Pangan

Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari keseluruhan aspek pangan setelah panen. Mulai dari sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dan menjaga hasil akhir agar tetap bergizi. Ilmu ini berfokus pada pangan yang diolah dalam bentuk kemasan.

Prospek kerja pada bidang Teknologi Pangan, di antaranya quality control, konsultan pangan, dan pengembangan produk. Bidang ilmu ini juga memerlukan ketelitian dan multitasking sehingga jurusan ini dapat dilih pula oleh perempuan.

  1. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik adalah ilmu gabungan antara teknik dan ilmu medis. Ilmu ini mempelajari sistem rekayasa yang dapat diaplikasikan pada biologi dan kedokteran untuk tujuan pelayanan kesehatan. Bidang ini membantu para profesional medis untuk mengumpulkan data, analisis, dan terapi.

Oleh karena itu, banyak perempuan yang juga berminat untuk mengambil jurusan ini. Lulusan teknik biomedik diharapkan dapat membantu mengembangkan industri alat-alat medis di Indonesia.

Untuk para perempuan yang ingin menekuni jurusan teknik, kamu bisa mempertimbangkan keempat jurusan di atas. ITEBA sendiri adalah salah satu kampus yang juga mengedepankan pendidikan teknologi, di antaranya dengan penyediaan jurusan Teknik Industri dan Sistem Informasi yang bisa kamu  tekuni untuk mengembangkan kompetensimu. Tertarik menimba ilmu di dunia teknologi? Kunjungi situs ITEBA pada http://www.iteba.ac.id untuk informasi lebih lanjut.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close