BatamKepri

KKP Kelas I Batam Kampaye Pakai Masker di Bandara dan Pelabuhan

 Lihatkepri.com, Batam – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam Kementerian Kesehatan RI menggelar Sosialisasi Kampanye Pakai Masker di Pelabuhan Telaga Punggur dan Bandara Hang Nadim Batam, Senin (07/08/2020).

dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto, MKM

Kegiatan tersebut, menurut Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam Kementerian Kesehatan RI, dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto, MKM dalam rangka memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Batam khusunya di setiap Pintu Masuk Negara di setiap Pelabuhan dan Bandar Udara.

“Dalam hal ini Presiden Rapublik Indonesia dalam Intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desiase 2019 (Covid-19) yang sahkan pada tanggal 4 Agustus 2020 lalu menyatakan bahwa Pemerintah disetiap daerah Wajib mensosialisasikan secara aktif terkait Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengandalian Covid-19 dengan melibatkan berbagai unsur pemerintahan dan masyarat secara umum baik dari tokoh agama, tokoh adat dan tokoh – tokoh lainya,” ujarnya.

Kemudian Pemerintah Kota Batam mengeluarkan Peraturan Walikota Batam Nomor 49 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Batam pada tanggal 1 September 2020, sebagai Implementasi dari Intruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 yang akan di terapkan di Kota Batam

Cegah Covid-19, KKP Kelas I Batam Sosialisasi Kampaye Pakai Masker di Bandara Hang Nadim Batam

Dalam hal ini Walikota Batam mengintruksikan kepada setiap pelaku usaha, pengelola, penyelenggaran dan/atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum untuk menyiapkan sarana prasarana 4M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan.

“Berdasarkan dua Peraturan tersebut dan melihat kondisi eskalasi penyebaran Covid-19 di Kota Batam yang terus semakin meningkat, serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap penggunaan APD dalam situai Pandemi Covid-19, maka Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam berinisiatif untuk melaksankan kegiatan sosialisasi Kampanye Pakai Masker yang di tujukan kepada masyarakat pelabuhan dan Bandar udara di Kota Batam,” ujarnya.

Dari sosialisasi Kampanye Pakai Masker ini, dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto, MKM juga berharap adanya kesadaran masyarakat pelabuhan dan Bandar udara terkait pentingnya menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa Masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu saat keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain yang belum jelas status kesehatannya.

Selain itu, adanya kesadaran dalam hal mencuci tangan secara teratur saat dan/atau setelah melakukan aktivitas menggunakan sabun dan air mengalir; Physical Distancing dan; dan Selalu menerapkan Perilaku hidup Sehat dan Bersih.

“Tentu saja ini semua dapat tercapai jika kita semua saling bekerjasama dan berkoordinasi dalam hal pencegahan dan penaggulangan Covid-19 di Kota Batam,” ujarnya.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam juga mengajak kepada Lintas sektor dan lintas program (Stake holder) terkait bersama Para Pengelola Pelabuhan dan Bandara dan Masyarakat di sekitar pelabuhan dan bandara untuk mengimplementasikan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota Batam Nomor 49 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Di Kota Batam

“Kepada seluruh lintas sektor dan lintas program serta masyarakat Pelabuhan Telaga Punggur untuk tumbuhkan kesadaran Disiplin menggunakan APD saat situasi Pandemi ini, dan saling menjaga, melindungi serta mengingatkan terhadap diri sendiri, keluarga, saudara dan khalayak secara keseluruhan,” ujarnya.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close