Uncategorized

Mahasiswa KKN-PM STISIPOL Okulasi Tanaman dan Panen Ikan Nila

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN-PM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang melakukan Okulasi Tanaman.

Okulasi Tanaman

Pelaksanaan proses Okulasi Tanaman tersebut dilakukan oleh Kelompok 12 Kota Tanjungpinang pada pelaksanaan KKN kelompok nya yang dilaksanakan untuk  pada Sabtu (25/7) kemarin di kelompok tani Segantang Lada Kp. Sumber Rejo kelurahan Pinang Kencana Kota Tanjungpinang.

Isep Ilhami selaku Ketua Kelompok 12 mengatakan apa saja kegiatan yang dilakukan pada minggu ke-3 pelaksanaan KKN yaitu dimulai dengan proses Okulasi pada tanaman dan panen Ikan Nila.

“Kegiatan KKN kami kelompok 12 pada minggu ke-3 yaitu belajar teknik Okulasi pada tanaman. Yang bertujuan untuk mendapatkan jenis tanaman baru yang punya bibit unggul dan tahan akan penyakit,” ucapnya.

Okulasi Bibit Alpukat

Dalam hal ini, Okulasi tanaman yang dilakukan yaitu pada bibit tanaman Alpukat.

“Okulasi ini sama juga dengan sistem stek atau cangkok, tapi okulasi ini sedikit lebih cepat dan lebih bagus untuk proses membantu pertumbuhan tanaman,” jelasnya.

Ia Melanjutkan, Jika dibandingkan dengan hasil tanaman melalui teknik perbanyakan cangkok atau stek, tanaman okulasi juga memiliki kualitas yang lebih baik karena okulasi bisa menggabungkan 2 sifat unggul dari masing-masing bagian tanaman awalnya berupa sifat unggul dari batang bawah.

“jadi dari hasil okulasi ini nanti akan membantu sistem perakaran yang kuat dan bisa menghasilkan buat yang lebat pada tanaman tersebut,” Tuturnya.

Panen Ikan Nila

Selain Okulasi Tanaman, Kelompok 12 KKN-PM Tanjungpinang juga membantu proses Panen Ikan nila yang ada di Kelompok Tani Segantang Lada lokasi mereka melaksanakan KKN.

“saya dan anggota kelompok juga membantu Panen dari hasil kolam Ikan Nila milik Mitra kami. Dimana ikan Nila dari mereka ada konsumen yang ingin membeli,” tambahnya.

Dengan kegiatan yang dilakukan kelompok 12 ini sejalan dengan tema pada KKN Tahun 2019/2020 ini yaitu  mewujudkan Ketahanan pangan Kepulauan Riau melalui pemberdayaan masyarakat.

Sebelum kegiatan ini, kelompok KKN-PM STISIPOL Raja Haji ini juga sudah melakukan penanaman bibit yang telah mereka lakukan proses nya minggu lalu.

Proses Panen Ikan nila yang ada di Kelompok Tani Segantang Lada

Adapun bibit yang kelompok 12 ini tanaman yaitu bibit sayuran Kangkung, Bayam, Kacang panjang Dan mentimun.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close