Kepulauan RiauTanjungpinang

FAKTA Raih Penghargaan Bintang Triwulan dari Forum Anak Nasional

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Forum Anak Kota Tanjungpinang (FAKTA) mendapatkan penghargaan Bintang Triwulan dari Forum Anak Nasional.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 yang revisi menjadi Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak menjelaskan bahwa, “Anak adalah seseorang yang berusia 0-18 tahun termasuk dalam kandungan”.

Fasilitator Forum Anak, Aidil mengatakan bahwa Anak adalah generasi penerus masa depan bangsa. Mereka adalah cikal bakal yang akan menjadi penggerak dalam proses pembangunan di daerahnya.

Forum Anak Tanjungpinang

“Namun dalam hal ini, tentu kita sebagai orang dewasa maupun pihak terkait membantu anak-anak kita untuk menemukan kreatifitas, bakat-bakat mereka, ide-ide mereka melalui wadah yang telah disediakan oleh pemerintah,” ujarnya

Maka untuk mewujudkan kepentingan anak melalui hak-hak nya adalah Pemerintah mewujudkan wadah yaitu Forum Anak.

“Forum Anak adalah organisasi/wadah partisipasi anak, dimana didalam organisasi tersebut berusia anak yakni belum berusia 18 tahun yang dibina oleh pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak di seluruh Indonesia guna untuk mewujudkan dan meningkatkan partisipasi anak dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Menurut Aidil, di setiap Provinsi dr 34 Provinsi sudah memiliki Forum Anak. Forum Anak memiliki jenjang dari Tingkat Nasional, Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa.

“Berdasarkan data yang di peroleh dari Sekretariat Forum Anak Nasional (SFAN) forum anak yang telah dibentuk adalah 34 Forum Anak untuk tingkat Provinsi, 433 tingkat Kabupaten/Kota, 841 tingkat Kecamatan, dan 1.081 untuk tingkat Kelurahan/Desa,” ujarnya

Forum Anak Tanjungpinang

Artinya dengan banyaknya forum anak yang telah terbentuk jikalau ditotalkan adalah berjumlah 2.389 Forum Anak, maka ini membantu pemerintah sebagai bentuk penyambung aspirasi anak-anak terhadap pemerintah untuk memperhatikan kembali kepentingan hak anak.

“Maka dalam hal ini, Forum Anak Kota Tanjungpinang, dibawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang adalah proses perwujudan untuk membentuk, menemukan karakter anak-anak di daerah serta membuat kegiatan-kegiatan yang positif seperti Permainan Tradisional yang rutin setiap bulannya di tempat-tempat publik yakni Lapangan Taman Batu 10, Pamedan, Gedung Gonggong dan lain sebagainya untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak sekarang,” ujarnya

Kemudian kegiatan lainnya juga seperti, pengajian bulanan yang dilaksanakan oleh Forum Anak Kota Tanjungpinang, Sosialisasi terkait Bullying, Pelecehan seksual, Perkawinan dini di sekolah-sekolah dan Jambore Anak yang melibatkan Anak-anak disabilitas, Anak-anak Jalanan, dan perwakilan anak di setiap kelurahan.

“Maka, dari kegiatan-kegiatan yang meninspiratif bagi-bagi anak-anak di daerah oleh Forum Anak Kota Tanjungpinang (FAKTA) mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Triwulan yang dilaksanakan oleh Forum Anak Nasional dengan kegiatan-kegiatan yang inovatif dan inspiratif utk anak-anak disekitarnya,” ujarnya.

Forum Anak Tanjungpinang

Forum Anak nasional adalah wadah partisipasi anak yang beranggotakan perwakilan Anak-anak yang ada di Provinsi masing-masing. Dan yang menjadi kebanggaan juga, adik kita Zafira Puan Adelin beberapa bulan yang lalu berhasil menjadi keanggotaan di tingkat Nasional sebagai Wakil Forum Anak Nasional periode 2019-2021, tentu ini menjadi suatu kebanggaan kita bersama.

“Terlepas daripada itu, penghargaan yang diberikan oleh Forum Anak Nasional, tentu menjadikan Forum Anak Daerah termotivasi untuk terus membentuk pribadi yang positif, mengajak dan membuat kegiatan-kegiatan yang lebih kreatif, inovatif dan inspiratif tentunya untuk kepentingan terbaik untuk anak. Dan juga Forum Anak sebagai salah satu Indikator Penilaian dalam mewujudkan Kota Layak Anak,” ujarnya

Karena sekali lagi Aidil mengatkan bahwa Anak adalah Generasi penerus bangsa, dan juga cikal bakal sebagai penggerak untuk daerahnya.

“Penghargaan ini hanya lah formalitas semata, dan juga bentuk motivasi Forum Anak di Daerah khusus nya di Forum Anak Kota Tanjungpinang (FAKTA). Yang paling terpenting adalah, bagaimana FAKTA bisa terus mewadahi anak2 di daerah nya untuk terus terinspirasi membuat kegiatan-kegiatan positif agar anak-anak tidak melakukan hal-hal yang menyimpang dan terhindar dari yang namanya kekerasan terhadap perempuan dan anak khusus nya di wilayah Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Forum Anak Tanjungpinang

Wakil Ketua Forum Anak Nasional, Zafira Puan Adelin mengatakan bahwa FAN Award adalah ajang penghargaan untuk Forum Anak Daerah di seluruh Indonesia yang telah melakukan tugas nya dengan sangat baik sebagai agen Pelopor dan Pelapor (2P) dalam upaya pemenuhan hak anak.

“Nah sebelum mengadakan ajang ini, kami menciptakan laporan triwulan sebagai sarana untuk mendata kegiatan-kegiatan forum anak diseluruh Indonesia. Forum Anak Kota Tanjungpinang menjadi salah satu pemenang Bintang Triwulan tingkat Kab/kota. Bintang Triwulan adalah hasil dari akumulasi nilai tertinggi dari seluruh laporan triwulan yang masuk,” ujarnya

Forum Anak Tanjungpinang
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close