Wisata

Destinasi Wisata Laman Boenda Ditanah Melayu Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Tanjungpinang yang syarat akan sejarah, budaya, dan adat istiadat. Secara geografis kota tanjungpinang terletak pada 00 51’ s/d 00 59’ LU dan 104 23’ s/d 104 34’ BT. Selain itu kota Tanjungpinang memiliki berbagai kegiatan pariwisata salah satunya adalah objek wisata “Laman Boenda” yang terletak di tepi laut kota Tanjungpinang.

Keunikan yang tersimpan dari Laman Boenda adalah posisi letaknya berhadapan langsung dengan laut, selain itu panorama yang disuguhkan dari pemandangan yang terdapat di laman boenda adalah pemandangan disore hari, pengunjung bisa memanjakan mata dengan melihat matahari terbenam (sunset). Fasilitas yang ada dilaman boenda yaitu tempat bermain untuk anak-anak (perosotan, ayunan dan lain sebagainya), tempat untuk berolahraga serta tempat duduk untuk bersantai.

Pak Emi selaku petugas  taman Laman Boenda mengatakan “kurangnya kesadaran pengunjung terhadap kebersihan, dikarenakan masih banyak ditemukan sampah yang berserakan di sekitar taman”, dan beliau juga berharap kedepannya pengunjung memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Arahan pengelolaan yang diharapkan kedepannya pihak pengelola taman lebih menegaskan lagi aturan untuk pegunjung yang membuang sampah sembarangan serta kedapannya bisa di bangun stand untuk berjualan agar masyarakat yang berjualan lebih tertib dan rapi. Salah satu pengunjung menyarankan agar di taman laman boenda lebih diperbanyak penerangan dan menjaga kebersihan toilet umum.

Laman Boenda saat ini sedang dilakukan reklamasi untuk peluasan wilayah taman, agar lebih besar dan lebih banyak fasilitas menarik yang di  sediakan. Selain dampak positif yang diberikan  dari reklamasi di lokasi Laman Boenda. Terdapat dampak negative yang ihasilkan  bagi lingkungan yang di sebabkan oleh reklamasi tersebut seperti degradasi pantai.

 

Penulis

Mahasiswa Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan FIKP UMRAH

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close