Kolom Pembaca

JADIKAN WIRAUSAHA PANGLIMA EKONOMI

Jika pemerintah ingin melihat masyarakatnya sejahtera maka jadikan Wirausaha “Panglima Ekonomi”, Bukan “Politik” banyak hal yang dapat diselamatkan dari aktivitas wirausaha, seperti; menghasilkan barang atau jasa untuk kebutuhan diri sendiri, menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi angka pengangguran, menambah penghasilan, membayar retribusi/pajak kepada negara, menjadi donator untuk kepentingan umum. Wirausaha disebut sebagai Panlima Ekonomi, Dialah komando dari segenap kepentingan, komando setiap aktivitas apapun.

Tidak mudah untuk menjadi wirausaha, Wirausaha baru dimulai apabila sudah terpaksa karena, sulit memperoleh pekerjaan atau bekerja pada orang lain, maka muncul inisiatif untuk menjadi wirausaha (mandiri) bekerja dengan ide dan kemampuan dari diri sendiri. Bagaimana peran WIRAUSAHA (Entrepreneur) sesungguhnya.

  1. Sumber Ekonomi Individu;
    Lingkungan aktivitas ekonomi terkecil ditengah-tengah masyarakat adalah individu, individu yang produktif menyumbangkan sekian besar dari pendapatannya untuk dirinya artinya mampu menghilangkan ketergantungan pada orang lain. Lapangan perekonomian saat ini lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pencari kerja, orang cenderung berfikir jangka pendek. Yaitu bagaimana setiap harinya bisa bekerja. Langkah yang baik bersumber dari individu-individu yang melakukan aktivitas.
  2. Sumber Ekonomi Keluarga.
    Sejumlah keluarga yang produktif bersumber dari individu-individu yang produktif menyumbangkan sekian besar dari pendapatannya untuk keluarga dan lingkungannya, lepas dari permasalahan sosial keluarga. Secara ekonomis akan memberikan kontribusi kepada orang lain, daerah, dan negara, serta turut mendukung aliran dana kepada pihak lain melalui lembaga keuangan (Bank) dan lembaga-lembaga keuangan non bank lainnya. Keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Memiliki tingkat kebutuhan yang lebih besar dan kompleks di bandingkan dengan individu. Kebutuhan sandang, pangan dan papan yang harus dipenuhi setiap harinya membutuhkan curahan fikiran dan tenaga agar terpenuhi. Hasil wawancara mahasiswa matakuliah kewirausahaan pada pelaku usaha belum lama ini. Menanyakan untuk apa bekerja?Pemilik usaha menjawab dengan jujur, “bekerja untuk memenuhi nafkah kebutuhan keluarga”. Jawaban yang kedua; “Karena terpaksa”, tidak ada pilihan lain selain melakukan usaha/kerja (tension modalities). Artinya, bagi mereka yang sudah melaksanakan usahanya dengan kemampuan dirinya sendiri sepenuhnya Ia telah bertindak sebagai wirausaha (entrepreneur).
  3. Sumber Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD);
    Lingkungan masyarakat luas yang terdiri dari individu, dan gabugan individu menjadi keluarga dan selanjutnya menjadi anggota masyarakat. Suatu daerah bilamana memiliki aktivitas ekonomi mampu menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan daerah tersebut. Bahkan turut berkontribusi memperluas pasar, aliran dana kepada pihak lain seperti lembaga keuangan (Bank) dan penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas.
  4. Sumber Penerimaan Negara (PN);
    Negara yang memiliki masyarakat produktif (ekonomi) secara luas telah memberikan kontribusi besar terhadap penerimaan negara dari sektor pajak, belanja per-kapita dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Lebih luas dari itu telah memberi kontribusi secara nasional terhadap program pemerintah pada sektor penanganan kemiskinan, pengangguran, kesehatan dan keterbelakangan. Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat meningkat. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi negara yang sedang berkembang. Tujuan dalam pembangunan ekonomi ialah sebagai peningkatan pendapatan nasional dan produktivitas.

Oleh : Akhirman.S.Sos,.MM (Dosen FE. UMRAH)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close