KampusOpini

Peran Teknologi Dalam Penerapan Kinerja Pada Sektor Ekonomi Dan Bisnis Di Era Digital

Teknologi menjadi peran penting dalam proses pengembangan yang terjadi disuatu negara. Dengan adanya teknologi, hal ini menjadi tolak ukur bagi suatu negara apakah sudah mengalami perkembangan atau belum. Menurut Prof. Agus Sartono dari Kemenko PMK (2019) beliau menyatakan pendapat bahwa penguasaan ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) menjadi kunci utama perkembangan pada suatu negara dan sebagai daya saing suatu negara. Ia berpendapat penguasaan dari suatu negara telah bergeser dari penguasaan terhadap sumber daya menjadi penguasaan terhadap ilmu pengetahuan teknologi. Peran teknologi menjadi sangat penting pada era digital untuk meningkatkan efisiensi, perubahan di sektor industri , munculnyaekonomi digital , perluasan sumber daya manusia melalui kerja sama , akses informasi yang lebih cepat dan nyaman , serta perubahan dalam interaksi sosial dan komunikasi. Dengan adanya teknologi memudahkan dalam proses otomatisasi pada bisnis yang memudahkan dan mengefesiensi produksi.

PERAN UTAMA PADA PENERAPAN KINERJA DI ERA BERKELANJUTAN

Peran utama teknologi dalam penerapan kinerja di era berkelanjutan memiliki peran yang sangat signifikan seperti peningkatan inovasi, efesiensi kinerja, dan berkelanjutan operasional pada perusahaan. Mengutip pendapat dari ahli Prof. Fathul Wahid, Ph.D menyatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi membantu dalam memfasilitasi dalam pengembangan kinerja, peningkatan kapabilitas dan keberfungsian. Dalam konteks berkelanjutan teknologi berfungsi sebagai pendorong untuk tujuan yang lebih luas seperti kesejahteraan sosial dan ekonomi (UII, 2023). Pendapat lain menyatakan teknologi menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari- hari. Dalam konteks ekonomi , teknologi berhasil membawa perubahan yang signifikan terutama pada bagian komunkasi dengan konsumen yang lebih sederhana dan efisien(Djamaludin, 2019). Perkembangan teknologi pada era berkelanjutan memberikan dampak yang signifikan pada sektor ekonomi dan bisnis. Berikut peran perkembangan teknologi pada sektor ekonomi dan bisnis antara lain :

  1. Meningkatkan efesiensi Produktifitas: Perkembangan teknologi membantu perusahaan dalam otomatisasi proses bisnis yang secara signifikan meningkatkan efesiensi dan produktiftas. Teknologi tidak hanya meningkatkan efesiensi dan produktifitas namun juga membuka peluang baru dalam pertumbuhan ekonomi dengan membantu menciptakan pasar dan model bisnis baru( Kompasiana, 2023)
  2. Transfromasi sektor industri: Pada era digitalisasi pekembangan teknologi mengalami perubahan signifikan seperti pada sektor industri 0 industri menerapkan penggunaan Internet of Things (IoT) yang memungkinkan produksi menjadi lebih responsif pada pasar dan lebih fleksibels
  3. Pertumbuhan Ekonomi Digital : Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, E-commerce menjadi contoh nyata dari perkembangan teknologi yang menjadi peran penting terhadap perkembangan digital di era berkelanjutan, yang di mana hal tersebut mengubah cara belanja konsumen menjadi lebih mudah. Platfrom seperti Shoope dan Tokopedia menjadi pendukung terhadap revolusi cara belanja

Dapat disimpulkan dengan adanya teknologi menjadi peran penting dalam penerapan kinerja di era berkelanjutan terkhusus pada sektor eknomi dan bisnis yang dimana memberikan perubahan signifikan yang memberikan dampak baik bagi industri seperti, efesiensi pada produktifitas, transformasi pada sektor industri yang menerapkan teknologi IoT dan pertumbuhan pada ekonomi digital yang mengalami perubahan signifikan berupa belanja melalui sistem online.

 

Alif Surya Akbar
STIE, Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia. Email : alif190903@gmail.com

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close