KampusSekolahTanjungpinang

Tingkatkan Literasi Peserta Didik, Tim PKM Umrah Latih Guru SD Muhammadiyah Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Literasi merupakan hal yang harus dibudayakan sejak dini. Hal ini dianggap penting guna peningkatan wawasan individu serta mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Merujuk hal tersebut, Tim PKM UMRAH yang terdiri atas Dosen yaitu Eko Febri Syahputra Siregar, M.Pd., Dios Sarkity, M.Pd, M. Pemberdi Intasir, M.Pd. dan dua orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UMRAH yaitu Juriansyah dan  Rachma Ade Aprilia melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Tanjungpinang.

Kegiatan ini terdiri atas pelatihan guru yang dilakukan selama dua hari. Kegiatan hari ke-1 dilaksanakan pada Sabtu,  31 Agustus 2024 dengan materi kegiatan Pembelajaran berpihak pada murid dan kegiatan hari ke-2 pada Rabu, 04 September 2024 dengan materi Literasi Membaca dan Literasi Finansial (Menabung). Sebelum mengikuti kegiatan ini juga sudah dilakukan Forum Group Discussion (FGD) untuk  koordinasi dan penyamaan persepsi antara Tim PKM dan para peserta kegiatan pada hari Kamis, 29 Agustus 2024.

Tim PKM Umrah Latih Guru SD Muhammadiyah Tanjungpinang
Tingkatkan Literasi Peserta Didik, Tim PKM Umrah Latih Guru SD Muhammadiyah Tanjungpinang

Eko Febri Syahputra Siregar, selaku Ketua Tim PKM UMRAH menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian yang didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui DRTPM 2024 serta UMRAH selaku PTN asal Tim PKM. Dipilihnya SD Muhammadiyah bukan tanpa alasan. Sebelumnya, Tim PKM sudah melakukan silaturrahmi awal (wawancara) dengan pihak sekolah melalui Kepala Sekolah terkait hal yang dapat dikembangkan disekolah. Beliau sangat senang karena sekolah kooperatif dan bersedia menerima Tim PKM UMRAH menjadi mitra pada kegiatan ini.

Nadya yang merupakan salah seorang peserta dan juga guru SD Muhammadiyah Tanjungpinang menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti selama dua hari tersebut menambah wawasan beliau sebagai guru. Wawasan yang paling dirasakan yaitu dapat berdiskusi secara langsung mengenai pembelajaran berpihak pada murid. Dengan mendapatkan materi tersebut, beliau akan lebih siap dalam mengajar dan memahami keunikan masing-masing peserta didiknya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dra. Rusmiati selaku Kepala Sekolah yang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam peningkatan pemahaman guru yang ada di sekolah kami seta memberikan kesadaran pentingnya program-program kekinian dalam mendukung peningkatan iterasi peserta didik, ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa aktivitas literasi yang ditawarkan oleh Tim PKM sangat memungkinkan untuk diterapkan di sekolah. Di akhir kegiatan, beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim PKM UMRAH yang telah memilih SD Muhammadiyah menjadi lokasi pengabdian tersebut, serta Kemendikbudristek  melalui DRTPM 2024 yang telah menginisiasi kegiatan ini.

Pada kegiatan penutupan pelatihan, Eko Febri menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini tidak berhenti sampai pelatihan saja, namun akan dilanjutkan pada tahapan monitoring, evaluasi dan tidak lanjut. Disamping itu, nantinya akan ada perangkat teknologi yang akan diserahkan kepada sekolah sebagai upaya peningkatan literasi peserta didik di SD Muhammadiyah Tanjungpinang sebagai bentuk implementasi digitalisasi sekolah sesuai dengan judul yang diajukan yaitu Digitalisasi SD Muhammadiyah Tanjungpinang : Sebuah Inovasi dalam Menumbuhkan Semangat Literasi Sejak Dini di Wilayah Maritim Kepulauan Riau.

Pelatihan hari ke 1
Pelatihan hari ke 1
Pelatihan hari ke 1
Pelatihan hari ke 2
Pelatihan hari ke 2
Pelatihan hari ke 2
Tags
Show More
Kepriwebsite

14 Comments

  1. Attractive section of content I just stumbled upon your blog and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast

  2. Избегайте ошибок с номерами: советы и рекомендации, советы экспертов для повторений номеров, почему важно избегать дублирование номеров на документации, экспертные советы по избежанию на документах, как избежать по предотвращению дубликатов номеров на официальных документах, эффективные способы предотвращения дублирования номеров на документах, устранение дубликатов номеров: практические рекомендации, лучшие стратегии по избежанию дубликатов номеров на документах, повторений на бумагах.
    изготовление гос номеров [url=https://avtonomera77.su#изготовление-гос-номеров]https://avtonomera77.su[/url] .

  3. Wonderful web site Lots of useful info here Im sending it to a few friends ans additionally sharing in delicious And obviously thanks to your effort

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close