Kolom Pembaca

E-Commerce Marketplace Solusi Generasi Masa Kini

Perkembangan teknologi dewasa ini membuat banyak hal dalam kehidupan ikut berubah, perubahan yang sangat pesat ini membuat semua unsur perlu melakukan penyesuaian agar keberlangsungan hidup terus dapat dipertahankan. Salah satu dampak perubahan teknologi ini adalah ke arah perubahan budaya berbelanja di kalangan konsumen dalam mendapatkan barang kebutuhan mereka, konsumen selalu dimanjakan dalam mendapatkan barang kebutuhan hidup dan hal ini memberikan nilai bagi konsumen dan juga membangun inovasi bagi produsen dalam memberikan layanan bisnisnya.

Kehidupan masyarakat pada masa kini mempunyai gaya hidup yang serba instan karena mayoritas masyarakat memiliki mobilitas yang tinggi dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini menyebakan masyarakat mencari sesuatu yang praktis dan instan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Demikian juga dengan penyediaan berbagai layanan yang dibutuhkan untuk membantu aktivitas masyarakat. Setiap produk yang dihasilkan perusahaan diupayakan keunggulannya ditawarkan kepada konsumen agar dapat dibeli untuk memenuhi kebutuhan aktivitas. Produk yang menarik, mudah dipakai dan menguntungkan bagi konsumen dapat menjadi produk yang diminati dan disukai, hal ini dapat menyebabkan penjualan yang meningkat.

Perkembangan dunia internet saat ini semakin massif dan menjangkau ke berbagai kalangan. Pengguna terbanyak adalah generasi muda atau yang sekarang disebut sebagai generasi milenial. Generasi milenial atau yang disebut juga sebagai Gen Y merupakan generasiyang lahir pada tahun 1980-2000 dengan usia saat ini antara 19 s.d 39 tahun. Mereka terlahir di era teknologi yang sudah berkembang, era dimana komputer, handphone, smartphone mulai diciptakan. Mereka merupakan generasi yang lebih memilih cara instan dalam melakukan pekerjaan. Apalagi masa muda mereka disajikan teknologi yang dapat mengakses informasi apapun di dunia yaitu teknologi internet.

Internet yang semula pada tahun 2000 hanya dapat diakses melalui komputer, sekarang dapat diakses melalui smartphone yang mereka pegang setiap waktu. Kebiasaan mereka yang lebih sering membawa smartphone dimanapun dan kapanpun membuat akses informasi yang mudah dan cepat terutama untuk mengakses barang kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan seperti pakaian, makanan, smartphone dan laptop merupakan barang yang menempati peringkat utama di daftar penjualan barang online.Pembelian barang online oleh para pembeli milenial dilakukan melalui dua cara, yang pertama adalah melalui social commerce dan yang kedua adalah e-commerce. Social commerce merupakan pembelian online melalui media social yang dipunyai seperti facebook, instagram dan twitter.

Pada social commerce pembeli hanya perlu membuat akun yang disediakan secara gratis. Mereka tinggal melihat barang yang dibutuhkan melalui grup ataupun akun penyedia produk yang diinginkan, namun kekurangannya adalah tidak ada transparansi pembayaran dan pengrimannya, tidak ada garansi dan sulit mengukur kredibilitas. Pembelian barang melalui e-commerce yang mulai banyak di minati generasi milenial saat ini. Berbagai promo yang ditawarkan, jaminan resmi, transparansi pengiriman, dan dapat melihat kredibilitas penjual. Apalagi didukung dengan pembuatan akun yang gratis dan beragam produk yang disediakan.

Fenomena ini tentunya menjadi peluang bisnis bagi beberapa pihak yang kemudian memanfaatkannya dengan menyediakan atau membuat toko online sebagai bagian dari ecommerce. Salah satu jenis e-commerce yang berkembang pesat di Indonesia adalah ecommerce marketplace. Di mana jual beli online dilakukan dalam suatu tempat (marketplace) sehingga pembeli dapat memilih produk yang dinginkan dari banyaknya tawaran yang diberikan oleh toko penjual dengan kemudahan melakukan pembayaran atas transaksi secara online. Fasilitas yang mendukung jual beli online diberikan secara gratis oleh marketplace. Kelebihan menggunakan e-commerce marketplace bagi penjual tidak perlu membangun situs yang berkualitas dengan harga mahal. Kualitas situs e-commerce mempengaruhi konsumen melakukan pembelian online.

E-commerce merupakan proses transaksi barang atau jasa melalui sistem informasi yang memanfaatkan teknologi internet. E-commerce yang sering digunakan oleh generasi milenial adalah e-commerce jenis market place. Secara sederhana, e-commerce jenis market place merupakan suatu tempat dimana pembeli dapat membuat akun dan memilih berbagai macam barang yang disediakan E-commerce jenis market place yang ada di Indonesia antara lain tokopedia.com, bukalapak.com, bli-bli.com, shopee.com dll. Toko online yang paling digemari oleh generasi milenial adalah shopee dan buka lapak karena menawarkan promo dan beragam barang yang murah di bandingkan dengan toko online lainnya. Mereka sering memesan kebutuhan sehari-hari seperti makanan, fashion, dan buku bacaan. Meskipun minat generasi milenial yang cukup tinggi akan pembelian barang secara online, namun pesanan yang kurang sesuai dengan yang diharapkan dan respon dari penjual online yang lama menjadi permasalahan yang perlu dilakukan perbaikan.Faktor kepercayaan

Kebanyakan hari ini menganggap bahwasanya belanja online lebih murah dan mudah apalagi ditambah dengan adanya ekspedisi yang menjadi agen pengiriman barang online yang sudah banyak di lingkungan masyarakat dari sabang sampai merauke.

Tags
Show More
Kepriwebsite

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close