Jakarta

Sukseskan Istiqlal Fashion Days 2023, ISYEF Perkuat Komitmen Wujudkan Ekonomi Bebasis Masjid

JAKARTA – Mengambil momentum bulan Ramadan ini, Scarf Media, sebuah media digital gaya hidup halal bekerja sama dengan Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISEYEF) dan Istiqlal Global Fund mengadakan Istiqlal Fashion Days 2023.

Dibuka secara resmi oleh Imam Besar Istiqlal Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar dan Istri Wakil Presiden Ibu Wury Maruf Amin, acara ini menghadirkan berbagai brand modest terkurasi di Masjid Negara Istiqlal dari 1-19 April 2023.

Terobosan Mendorong Ekosistem Ekonomi Masjid, Istiqlal Fashion Days 2023 Digelar
Terobosan Mendorong Ekosistem Ekonomi Masjid, Istiqlal Fashion Days 2023 Digelar

Sesuai dengan visi ISYEF untuk mewujudkan ‘1 Masjid, 1 Komunitas, 1 Usaha’, hadirnya Istiqlal Fashion Days 2023 menjadi salah satu perwujudan untuk mendorong ekonomi berbasis masjid. Pada Minggu, 9 April 2023, Ketua Umum ISYEF M. Atras Mafazi hadir dalam Talk Show Ekonomi Masjid yang membahas pentingnya peranan pemuda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis masjid.

Memasuki tahun kelimanya, ISYEF telah menginisiasi dan menjalankan berbagai inisiatif untuk pengembangan ekonomi dari masjid seperti ISYEFPreneur; pembinaan usaha milik masjid, ISYEF Point; Pemberdayaan remaja masjid, ISYEF Farm; Peternakan sapi dari masjid, Kotak Berbagi; Aksi kepedulian terhadap masyarakat di sekitar masjid, Jama’ah; Vlog jelajah masjid mencari hikmah, ISYEF Podcast,

Ketua Umum ISYEF M. Atras Mafazi menyampaikan sejak tahun 2018 hingga hari ini, ISYEF bergerak bersama-sama untuk memberadayakan pemuda dan remaja masjid sebagai wujud komitmen mengembangkan ekonomi masjid.

“Alhamdulillah, tahun ini ISYEF diberikan amanah dan kepercayaan untuk bergandengan tangan dengan Scarf Media dan Istiqlal Global Fund dalam kegiatan Istiqlal Fashion Days. Kami sangat senang dapat ambil bagian dalam kegiatan yang insya Allah membawa dampak bagi UMKM ini, khususnya yang bergerak di bidang halal fashion. Dengan potensi Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, sudah sepantasnya Indonesia tidak hanya menjadi kiblat Islamic fashion di dunia, bukan hanya sebagai pasar tetapi juga produsen.” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Penggagas Gerakan Ekonomi Masjid (EMAS), yang juga merupakani Ketua Dewan Pembina ISYEF dan Ketua Pemuda Komite Pemuda PP Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan menyampaikan apresiasi kepada Scarf Media, ISYEF, dan Istiqlal Global Fund yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Istiqlal Fashion Days 2023.

“Ikhtiar memajukan peradaban masjid bukanlah hal yang baru, namun sudah ada sejak jaman Rasullulah SAW sebagai teladan yang kita muliakan. Dalam beberapa tahun terakhir, kami di ISYEF dan PP MES berjuang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis masjid. Ketika kita bicara tentang ekonomi umat yang menjadi titik temu di antara kemajemukan bangsa, kita tidak lagi membahas perbedaan atau atribut masing-masing. Insya Allah, Istiqlal hadir sebagai etalase industri halal di Indonesia, salah satunya dengan mendorong modest fashion.” ujar Pria yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen BSI ini.

Adapun Gerakan EMAS yang diluncurkan tahun 2020 hadir sebagai gerakan yang memiliki komitmen serta optimisme pemuda Islam untuk kesuksesan di masa depan melalui prinsip-prinsip Islam yang bertujuan untuk kemaslahatan.

Harapannya, masjid hadir sebagai pilot, dan kemudian kita sinergikan dengan teman-teman lintas agama. Harapannya, di setiap rumah ibadah nanti akan ada program ekonomi yang aktif dan berkelanjutan, utamanya digerakkan oleh para pemuda masing-masing rumah ibadah.

Adapun Istiqlal Fashion Days 2023 memberikan berbagai penawaran menarik, dengan diskon hingga 70% dari brand-brand lokal yang sudah dikurasi. Selain bazaar, talk show, dan Kajian Muslimah, acara ini juga memberikan berbagai tips mix and match Raya Look.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close