Natuna

Konsul Jendral Jepang Takonai Susumu Berkunjung ke Natuna

NATUNA – Bupati Natuna bersama Wakil Bupati menerima kunjungan kehormatan Konsul Jendral Jepang bertempat di ruang kerja Bupati, Kamis 15/12/2022.

Turut hadir Wakil Bupati Natuna, Kapolres Natuna, Konsul Jendral Jepang, Kepala Dinas Perikanan Natuna dan Kepala Badan Kesbangpol Natuna.

Dalam kunjungan ini Konsul Jenderal Jepang mengungkapkan kunjungan ke Natuna dalam rangka sebagai kewajiban diwilayah kerja kami termasuk Natuna.

“Adapun tujuan dan kedatangan saya ini untuk mengundang pemimpin-pemimpin pesantren baik itu Kiai/Ustad dari beberapa daerah di Indonesia termasuk Natuna untuk berkunjung ke Jepang selama 2 Minggu,” jelas Takonai

Konsul Jendral Jepang Takonai Susumu Berkunjung Ke Natuna
Konsul Jendral Jepang Takonai Susumu Berkunjung Ke Natuna

Selanjutnya Konsul Jenderal Jepang juga menjelaskan saat ini ingin bekerja sama antara warga Jepang dengan masyarakat Indonesia dimana mayoritas masyarakatnya beragam Islam dan merupakan penduduk muslim terbanyak di dunia, untuk itulah kami ingin mengundang Ustad/Kiyai tadi dan merupakan salah satu program kami.

 

Selain itu Takonai juga mengungkapkan kiyai dan ustad yang diundang ke Jepang ini merupakan apresiasi buat kami agar tali silaturahmi tetap terjalin dan semakin erat antara Jepang dan Indonesia khususnya Natuna.

Dalam kesempatan ini Bupati juga menyampaikan apresiasinya karena telah memberikan kepercayaan kepada para pemimpin pesantren di Natuna untuk hadir ke Jepang, selanjutnya Bupati menjelaskan keadaan demografis Natuna kepada Takonai Susumu dimana ini sangat strategis untuk sebuah kerjasama meskipun jauh dari pemerintah pusat tetapi concern terhadap Natuna.

“Mewakili masyarakat Natuna. Secara umum kerja sama Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia atau KKP RI dalam hal ini pembangunan SKPT di Selat Lampa dan akan dibangunnya pasar ikan semoga cepat terealisasi,” Ungkap Wan Siswandi.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam hal ini adalah penyiapan sarana pendukung mulai dari pemulihan infrastruktur dan infrastruktur pendukung lainnya.

Harapan kami pasar ikan yang dibangun Japan International Cooperation Agency (JICA) itu jadi dan bermanfaat bagi masyarakat Natuna dan SKPT di selat Lampa bisa mengembangkan pelabuhan dan segala macamnya.

Selanjutnya Kepala dinas Perikanan Natuna menjelaskan terkait perkembangan skpt dan juga adanya pelatihan pembelajaran tentang pengelolaan pelabuhan perikanan di Medan ini juga bentuk kerja sama melalui JICA serta menyampaikan pembaruan perkembangan pelatihan pemantauan penangkapan ikan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati juga menanyakan bagaimana pemerintah daerah bisa mendapatkan akses barang hibah dari Jepang.

Acara di akhir dengan penyerahan cinderamata dari Konsul Jenderal Jepang kepada Bupati Natuna dan sebaliknya dilanjutkan dengan foto bersama.

(Mhd. Amin)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close