Natuna

Peralatan Dasar Penanggulangan Bencana Minim, Bupati Natuna Audiensi ke Graha BNPB Pusat

NATUNA – Bupati Natuna Wan Siswandi berkunjung ke Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) RI untuk melakukan audiensi sekaligus Penyampaian Proposal Kebutuhan Dasar Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna, Wan Siswandi beserta Sekretaris Daerah ex-officio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Natuna Boy Wijanarko, SE didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Natuna Raja Darmika, S.T,.MAP, Kepala BPKPD Suryanto, SE dan Kadishub Allazi, SH disambut direktur FKPB Yusrizal dan Kabag Ortala BNPB Septi.

Bupati Natuna dan rombongan awalnya akan diterima langsung oleh Kepala BNPB, namun karena satu hal sebelumnya terjadi Bencana Gempa di Mamuju Sulawesi, sehingga pagi ini kepala BNPB berangkat menuju ke Mamuju sehingga pertemuan tetap dilanjutkan dengan perwakilan BNPB yaitu direktur FKPB Yusrizal dan Kabag Ortala BNPB Septi.

Peralatan Dasar Penanggulangan Bencana Minim, Bupati Natuna Audiensi dan Serahkan Proposal ke Graha BNPB
Bupati Natuna Audiensi dan Serahkan Proposal ke Graha BNPB

 

Pada kesempatan Ini Bupati Natuna, Wan Siswandi menjelaskan bahwa BPBD Kabupaten Natuna dibentuk di periode WSRH tepatnya di Januari 2022 ini diharapkan dapat mengkoordinasikan dan melaksanakan penanggulangan bencana lebih optimal, terarah dan terintegrasi.

“Namun dengan kondisi keuangan pemda Natuna sejak tahun 2000 sampai dengan 2022 mengalami refocusing dan berkurang, menyebabkan pemda kesulitan menganggarkan logistik dan peralatan Penanggulangan Bencana,” ujarnya.

Bupati Natuna, Wan Siswandi mengharapkan dukungan dari BNPB untuk membantu menyediakan peralatan dasar penanggulangan bencana di BPBD yang baru terbentuk. Hal tersebut dikarenakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna yang baru saja terbentuk dengan minimnya peralatan dasar penanggulangan bencana.

Bupati Natuna, Wan Siswandi juga merasa kawatir dengan minimnya peralatan dasar penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Natuna.

“Apalagi tugas BPBD dalam penanganan bencana sangat berat, dalam penanganan bencana banjir, longsor dan kebakaran serta bencana lainnya,” ujar Wan Siswandi, Minggu (12/06/2022)

Wan Siswandi juga berharap Pemerintah Pusat dalam hal ini BNPB Pusat dapat memberikan bantuan peralatan dasar penanggulangan bencana untuk BPBD Natuna

Masih minimnya peralatan dasar penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Natuna, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Natuna, Raja Darmika juga mengatakan bahwa dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Natuna masih menggunakan peralatan seadanya.

Raja Darmika juga mengatakan bahwa untuk peralatan yang sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dalam penanggulangan bencana BPBD Natuna masih belum ada.

“Kita masih menggunakan peralatan seadanya dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Natuna, jadi kondisi Natuna yang jauh dari kabupaten-kabupaten lain membuat Natuna harus memiliki peralatan Penanggulangan Bencana yang siap sedia untuk membantu penanganan darurat bencana,” ujarnya

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close