Kepulauan RiauNatuna

Pentingnya Peran Dakwah Khuruj Fisabilillah dan Memakmurkan Masjid

NATUNA – Surau Al-Muhajirin Puak, Kelurahan Ranai Kota, Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan menyelenggarakan Jur Usaha Dakwah, Jur ( Evaluasi Amal Makomi Masjid dan Surau ).

Pentingnya Peran Dakwah Khuruj Fisabilillah
Dakwah Khuruj Fisabilillah

Tujuan di laksanakan Jur untuk mengetahui setiap masjid masjid dan surau di tempat kita tinggal atau dalam istilah dakwah tabliqh di sebut dengan muhollah hidup amal ibadahnya.

Ustadz Ekiq, menyampaikan bayan/pidatonya “umat Islam di seluruh dunia beberapa tahun lalu dilanda sebuah wabah virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 virus ini telah membuat hampir seluruh penduduk dunia merasakan dampaknya.

Apa sebab virus Covid-19 ini begitu ganas dan mematikan sehingga membuat manusia ketakutan mebuat perekonomian lumpuh tidak ada yang berani beraktifitas banya untuk keluar rumahpun sampai di larang, berinteraksi dengan sahabat, saudara dan Jiran tetangga juga tidak di bolehkan.

Mau berbelanja kepasar untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tanggapun di hadang-hadang oleh aparat penegak hukum pada daerah setempat. Di Natuna tentunya juga terkena Imbas dan dampak dari Virus Covid-19 ini, sehingga membuat pergerakan jamaah Khuruj Fisabilillah tidak bisa untuk bergerak sempurna, bergerak sesuai dengan cara yang telah di tetapkan oleh Bupati atau pemerintah setempat.

Namun semangat para pendakwah tidak pernah putus asa dan goyah untuk terus berjuang demi agama Islam, untuk mendakwahkan dan mentasdikkan kalimat, “Lailahaillaullah, Muhammadar Rasulullah” di kemakmuran bersama”, Ungkapnya

Kali ini jamah Khuruj Fisabilillah ini bertandang ke sebuah surau yang terletak di komplek perumahan Anggota DPRD Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau pada, 09/01/2022 di Surau Al-Muhajirin Minggu petang. Untuk mengadakan sebuah agenda Jur Khalaqoh Kota (Musyawarah Bulanan Tingkat Kota).

Adapun beberapa agenda yang dilaksanakan pada Jur Khalaqah ini ialah, kegiatan diawali dari sore Minggu menjelang maqrib memberikan laporan khusus pada setiap masjid atau surau masing-masing (mukhalla), menyampaikan kegiatan keagamaan apa saja yang telah di lakukan dan apasaja amalan yang hidup pada setiap Masjid dan surau (mukhalla) tersebut yang di pandu oleh seorang Ustadz (Rofiq).

Usai menyampaikan laporan, dilanjutkan dengan shalat maqrib berjamaah dan dilanjutkan dengan mendengarkan Bayan (ceramah agama), ceramah agama ini di sampaikan oleh Ustad, Eki.

Suparman, Seorang masyarakat setempat kebetulan hadir dalam Jur tersebut, Menurutnya ” jamaah ini bagus mereka suka mengajak orang ke masjid untuk melaksanakan sholat, mengajak untuk berbuat kebaikan meninggalkan perbutan maksiat dan mengajak untuk bergabung Khuruj Fisabilillah,” Terangnya.

Tambah, Dia lagi jika kita menjumpai dan bertemu jamaah seperti ini lalu di ajak (Taskil) untuk ikut jangan menolak kita ikut saja karena ini perkara baik itu untuk bekal kita kelak menuju akhirat,” Pungkasnya.

Muhammad Amin
[Kepala Biro Natuna]

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close