Kepulauan RiauNatuna

Buruan Daftar, Diskominfo Natuna Gelar Lomba Video Baca Puisi Perjuangan

Tingkat SD, SLTP, dan SMA Sederajat

Lihatkepri.com, NatunaDinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna mengadakan lomba baca puisi bagi pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah menengah Atas (SMA) sempena peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 76.

Nominasi Pemenang

Lomba baca puisi dengan tema “Relevansi Nilai Perjuangan Pahlawan, Generasi tangguh Indonesia Tumbuh” ini dilaksanakan dalam bentuk video dengan 3 kategori berdasarkan jenjang sekolah.

Ketua panitia pelaksana lomba, Patli menjelaskan bahwa lomba baca puisi ini dengan menggunakan rekaman video yang kemudian dikumpulkan oleh peserta kepada panitia adalah untuk mengenalkan dan memanfaatkan teknologi digital yang berkembang saat ini.

“Pertama kita mau mengajak anak anak untuk memanfaatkan teknologi untuk menciptakan konten konten positif yang memiliki nilai kebangsaan,” ujarnya.

Selain itu, karena kondisinya tidak memungkinkan dilakukan secara langsung karena pandemi Covid-19, namun tidak mau mengurangi esensi dari peringatan hari kemerdekaan RI.

“Makanya acara ini dikemas sekreatif mungkin untuk memberikan anak anak ruang berekspresi,” ujar Patli, Sabtu (31/7/2021).

Patli menjelaskan bahwa untuk pendaftaran peserta lomba akan mulai dibuka pada 1 Agustus hingga 29 Agustus 2021, registrasi juga langsung disejalankan dengan pengumpulan hasil karya lomba.

“Sementara untuk penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus sampai 3 September 2021. Dan pengumuman hasil lomba pada 4 September 2021,” ujarnya

Diskominfo Natuna Gelar Lomba Video Baca Puisi Perjuangan Tingkat SD, SLTP, dan SMA Sederajat

Adapun ketentuan lomba, Patli menjelaskan bahwa setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya dengan durasi maksimal 7 menit dan minimal 3 menit.

“Peserta juga harus merepost karya diakun media sosial masing-masing. Selain itu tema puisi harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia,” ujarnya

Sementara untuk kriteria yang menjadi penilaian, Patli mengatakan bahwa kesesuaian puisi dengan tema lomba, kreativitas dalam penyajian video, orisinal atau keaslian puisi, pesan moral yang disampaikan.

“Ekspresi, penjiwaan, gesture, serta pantomimik dalam membawakan puisi, artikulasi atau pelafalan dan intonasi atau penekanan dalam membaca puisi,” ujarnya

Selain itu, dalam perlombaan puisi ini Patli juga memastikan bahwa penilaian lomba akan dilakukan se objektif mungkin.

“Kita sudah sampai ke panitia, bahwa nanti juri jurinya akan diisi oleh orang orang yang kompeten dibidangnya. Jurinya akan langsung direkomendasikan oleh pak kepala dinas sebagai pembina kegiatan,” ujarnya

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close