KepriTanjungpinang

Wadanlantamal IV Ikuti Peringatan Secara Virtual Hari Lahir Pancasila Bersama Presiden RI

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Peringati hari lahir Pancasila, Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han. yang diwakili Wakil Komandan Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Wadanlantamal IV) Kolonel Marinir Andi Rahmat M hadiri acara peringatan secara virtual pada Selasa Pagi (01/06) di Graha Kepri Lantai 5 Jl. Engkau Putri No. 8 Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Wadanlantamal IV

Peringatan yang berjalan secara virtual itu diperingati bersama-sama dengan Presiden RI Joko Widodo Gedung Pancasila Jakarta dan turut dihadiri juga oleh Wapres RI Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarno Putri, Wapres RI ke-6 Tri Sutrisno, Ketua dan Pimpinan Lemabaga-lembaga Negara, Serta Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Ketua MA RI, Ketua MK RI, Ketua KY RI, Ketua BPK RI, Para Menteri Indonesia, Para Duta Besar Negara-Negara sahabat juga Para Kepala Daerah.

Presiden RI pada sambutannya menerangkan bahwa hari lahir Pancasila merupakan momentum penting yang perlu dimanfaatkan untuk memperteguh kembali nilai-nilai Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila disetiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Terang Jokowi di Gedung Pancasila Jl Taman Pejambon No.6 Jakarta, (01/06).

Ia pun menambahkan bahwa Pancasila ditengah era globalisasi semenjak berdirinya mendapat tantangan sulit dimana baginya interkasi antar manusia di belahan dunia menjadi semakin cepat.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan, globalisasi dan interaksi antar belahan dunia, tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” ucapnya.

Presiden RI juga mengatakan “Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar idiologi, idiologi Trans Nasional cendrung semakin meningkat,” ungkapnya.

Lebiih jauh dikatakan “Memasukikehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi landscape kontestasi idiologi, revolusi 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara,” jelasnya

Ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat, kemudahan ini bisa digunakan oleh idiolog-idiolog Trans Nasional Radikal untuk merambah keseluruh pelosok Indonesia, keseluruh kalangan dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu.

Kecepatan ekspansi idiologi Trans Nasional Radikal bisa melewati standart normal ketika memanfaatkan distruksi teknologi ini

“Menghadapi semuanya ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa hanya dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0, dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmiu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” tambahnya

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ajak Presiden RI

“Selamat memperingatai Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” pungkas Presiden RI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Provinsi Kepri H.Ansar Ahmad, S.E., M.M., Pangkogabwilhan I, unsur Forkopimda Provinsi Kepri serta Kepala OPD Kota Batam dan Provinsi Kepri.

 

(Muhammad Ade Wardana)
Kepala Biro Tanjungpinang

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close