BatamKepri

Pemko Batam Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Lihatkepri.com, Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menghadiri langsung kegiatan tersebut.

Turut hadir Forkompinda Kota Batam dan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga digelar secara virtual.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Mari kita terus perkokoh persatuan dan kesatuan, untuk Batam dan Indonesia lebih baik,” kata Jefridin usai upacara, Selasa (1/6/2021).

Pancasila menurut Jefridin merupakan landasan ideologi atau dasar negara Indonesia. Karena itu Pancasila harus terus dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Indonesia tetap satu meski terdiri dari berbagai agama, suku bangsa, dan adat istiadat,” katanya, dilansir dari Media Center Batam.

Adapun susunan acara terbagi menjadi empat bagian. Yaitu dimulai dari acara persiapan, acara pendahuluan, acara kebesaran dan acara penutup.

Untuk acara persiapan, seluruh pasukan upacara bersama komandan upacara memasuki lapangan upacara. Kemudian dalam acara pendahuluan, ada laporan perwira upacara. Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara tiba di tempat upacara dan memberikan salam kebangsaan.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara kebesaran, dilakukan penghormatan kebesaran, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, mengheningkan cipta dipimpin Presiden Jokowi.

Kemudian, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Dan Ketua DPR Puan Maharani bertugas membacakan pembukaan UUD RI 1945.

Setelah itu, amanat inspektur upacara dalam hal ini Presiden Jokowi. Acara kebesaran ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

(Irgi)
Kepala Biro Batam

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close