JakartaNasional

Menhub Akan Bantu Rp 200 M Untuk Bangun Pelabuhan di Natuna

Lihatkepri.com, Jakarta – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi sangat apresiasi terhadap kerja keras dan keseriusan Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad SE MM dalam menggesa pembangunan daerah.

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad SE MM

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan penuh terhadap keinginan Ansar Ahmad tersebut, Kemenhub akan membantu anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk membangun pelabuhan di Natuna.

Demikian dikatakan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad seusai rapat video conference dengan Kemenhub Budi Karya di Jakarta, Rabu (31/3).

“Pak Kemenhub mendukung penuh upaya kita membangun Kepulauan Riau di bidang perhubungan. Bahkan Pak Menteri siap mengalihkan anggaran Rp 200 miliar yang sedianya untuk pembangunan pelabuhan di Papua dan diberikan ke Kepri untuk revitalisasi pembangunan pelabuhan di Natuna. Anggaran akan dialokasikan pada tahun 2022 mendatang,” ujar Gubernur Ansar Ahmad seusai vicon.

Menhub Akan Bantu Kepri Rp 200 M Untuk Bangun Pelabuhan di Natuna

Untuk itu, jelas Gubernur, pihaknya akan segera memanggil Bupati Natuna untuk berkoordinasi lebih lanjut guna mempersiapkan rencana kerja selanjutnya.

“Kita akan segera bahas bersama Bupati Natuna. Kita ingin ketika anggaran untuk pembangunan pelabuhan dari Kemenhub tersebut terealisasi, tidak ada persoalan di lapangan,” jelas Ansar Ahmad.

Dalam kesempatan tersebut Ansar Ahmad juga menjelaskan bahwa dirinya baru saja usai menandatangani kesepakatan kerja sama (Mou) dengan pelaksana tugas Kepala BPSDM Kementerian Perhubungan, Ir. Zulfikri MSc, DEA.

“Alhamdulillah kita juga baru saja selesai menandatangani MoU dengan Kepala BPSDM, Pak Zulfikri. Ada empat point penting yang sudah kita sepakati,” jelasnya.

Empat point tersebut menyangkut kerja sama di bidang program untuk lulusan SMU/sederajat untuk memiliki sertifikat kompetensi bidang transportasi dan pemberdayaan masyarakat untuk operator transportasi tradisional.

Tidak hanya itu, MoU juga menyangkut program pelaksanaan revalidasi sertifikat yang dilaksanakan di Kepulauan Riau serta program penyediaan sumber daya manusia transportasi untuk kebutuhan pemerintah daerah.

“Kita ingin anak-anak kita yang ingin dapat sertifikat Ahli Nautika Tingkat Dasar (ANTD) sampai tingkat V tidak harus jauh-jauh keluar daerah. Semua bisa didapatkan di Kepri sehingga tidak banyak keluar biaya,” harap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Ansar Ahmad juga mendorong Kemenhub untuk segera menyelesaikan dan mengoperasikan beberapa pelabuhan yang belum selesai di Kepulauan Riau.

Beberapa pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Malarko di Karimun, Pelabuhan Tanjung Mocoh dan Pelabuhan Dompak di Tanjungpinang serta Pelabuhan Seluan, di Natuna.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close