KolomSafaruddin

Covid-19, Peran Orang Tua Ajari Anak Tentang Islam Di Rumah

Dengan adanya Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau yang hingga saat ini tidak tau kapan akan berakhir tentunya berimbas terhadap banyak sektor termasuk pendidikan yang mengharuskan belajar di rumah. Tentunya kondisi ini akan merubah pola prilaku para pendidik maupun anak didik karena belajar jarak jauh menggunakan internet atau online dengan sebutan sekolah daring.

Tentunya dengan adanya aktivitas belajar daring di rumah peran orang tua akan semakin bertambah selain mengurusi rumah, bekerja juga harus mengajari/mengawasi anak belajar saat ada tugas maupun pembelajaran berlangsung dari sekolahan. Sedangkan di sekolah, kita tau juga sudah menerapkan Sistem Pendidikan Islam yaitu cara dan langkah yang tersusun berdasarkan sumber-sumber ajaran Islam dalam melaksanakan usaha pendidikan secara baik dan teratur dalam mencapai tujuan pendidikan Islam.

Dengan berbekal Al-Qur’an yang merupakan pendidikan yang diterapkan secara umum, yang merupakan pendidikan secara khusus. Adapun kelebihan dalam Al-Qur’an terletak pada  metode yang menakjubkan dan unik sehingga dalam konsep pendidikan yang terkandung di dalamnya, mampu menciptakan individu yang beriman dan senantiasa meng-Esakan Allah, serta mengimani hari akhir. Selain Al-Qur’an, Assunnah/al-hadits juga sangat penting untuk diajarkan kepada anak. Al-Hadits sebagai dasar Islam tidak terlepas dari fungsi itu sendiri terhadap al-qur’an, fungsi as-sunnah terhadap al-qur’an adalah sangat penting. Assunnah/al-hadits yaitu perbuatan, perkataan ataupun pengakuan Rosul Allah SWT, pengakuan itu sendiri adalah kejadian atau perbuatan orang lain yang diketahui Rosulullah, untuk membina umat manjadi manusia seutuhnya.

Islam merupakan rahmatan lil ‘alamin, dan para Orang tua mempunyai kewajiban khusus untuk mengajarkannya kepada anak-anaknya tentang Islam jika di rumah. Tentunya dengan mengajarkan Pendidikan Islam sudah merupakan suatu usaha maksimal dalam menentukan kepribadian anak didik berdasarkan dalam al-qur’an dan as-sunnah/al-hadits.

Adapun Tujuan pendidikan Islam adalah memebentuk manusia yang berpribadi muslim kamil serta berdasarkan ajaran Islam. Hal ini dapat dilihat dalam firman Allah yang artinya; Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkandalam keadaan beragama Islam.

Untuk itu, betapa pentingnya Pendidiakan Islam itu diajarkan kepada para peserta didik agar dimasa depan dapat memebentuk pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close