KepriTanjungpinang

Pilkada Kepri 2020, Ketersediaan Air Harus Diperhatikan Calon Kepala Daerah

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Direktur LSM Air Kherjuli mengungkapkan ketersediaan air menjadi persoalan utama yang harus diperhatikan oleh calon kepala daerah yang akan dipilih oleh masyarakat pada 9 Desember 2020 mendatang.

Menurutnya, di Kepri jumlah penduduk semakin bertambah akan tetapi volume air atau ketersediaannya tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk bahkan menurutnya semakin berkurang.

“Kalau LSM ALIM perhatikan, ketersediaan air jika dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk semakin lama semakin minus, tentu ini menjadi bahan renungan bagi semua pasangan calon di Pilkada Kepri nanti bagaimana mengatasi persoalan ini,” kata Kherjuli dalam program Kepri Memilih video podcast live streaming di fanspage facebook Raja Dachroni Channel Senin (27/07/2020).

Ditambahkannya, selama ini kepala daerah tidak kapabel dalam menangani persoalan ini ditambah kurangnya sinergi antara pemerintah kabupaten dan kota. Dia juga mengungkapkan, potensi air baku di Kepri luar biasa tapi tata kelolanya yang buruk membuat ironi tersendiri pada saat musim kemarau tiba. Beberapa masyarakat kabupaten dan kota di Kepri malah ada yangmembeli air baku.

“Pada saat kampanye nanti kita berharap pasangan calon menyampaikan gagasannya terkait persoalan ini tentu yang realistis dengan kondisi yang terjadi tidak hanya Batam yang menjadi referensi tapi untuk kabupaten dan kota lainnya,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Raja Dachroni Direktur Gurindam Research Centre (GRC) berharap persoalan publik utamanya masalah air yang dirisaukan publik bisa menjadi salah satu tema program yang nanti dijual oleh paslon.

“Permasalahan ketersediaan air baku tentu sangat penting kita di GRC aktif membahas persoalan publik sebelum masa kampanye format tiba dengan harapan paslon dan timses atau penyelenggara Pemilu bisa juga mendengar keluhan publik dengan beragam persoalan yang semakin komplek sembari menanti gagasan paslon pada tahapan kampanye nanti,” kata Raja Dachroni.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close