BatamKepulauan Riau

SURAT TERBUKA SMN KEPADA PARA PEMIMPIN

Assalamu’alaikum
Salam Gotongroyong

Di tengah merebaknya wabah virus korona (Covid-19) ke Kepri, saya, Surya Makmur Nasution (SMN), warga Kota Batam, izinkan saya menyampaikan Surat Terbuka sebagai pesan kepada para Pemimpin Daerah sebagai bentuk tanggungjawab moral saya sebagai warga masyarakat.

Pertama, Surat Terbuka ini saya buat karena masa 14 hari (inkubasi) untuk berada di rumah dan menghindari keramaian serta aktivitas pengumpulan massa (social distancing) begitu penting dan perlu kita sadari bersama.

Kedua, di tengah keterbatasan fasilitas kesehatan yg kita miliki, seperti alat deteksi Covid-19, ruang isolasi, dan alat pelindung diri (APD), kita butuh kerja sama gotong royong mengatasi wabah Covid-19.

Ketiga, kepada Gugus Tugas Daerah Covid-19 bekerja dan gunakanlah anggaran Covid-19 sesuai kebutuhan (dana transfer daerah) secara terukur dan bebas dari praktek korupsi.

Keempat, dimulai dari Pak Gubernur, Pak Walikota, Pak Bupati se Kepri, untuk memberikan teladan untuk tidak melakukan aktivitas seremonial, apalagi safari politik kumpulkan massa.

Kelima, gerakkanlah warga untuk disiplin selama 14 hari, untuk berada di rumah dan menghindari aktivitas di keramaian (social distancing). Terutama para ASN di lingkungan pemerintahan daerah.

Keenam, sebagai warga, saya meminta tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19 sesuai standar WHO. Jangan sampai terjadi, seperti di Kendari, TKA China bebas masuk tanpa karantina.

Ketujuh, yakinkanlah warga agar tidak melakukan tindakan berlebihan, seperti, menjamin ketersediaan masker, hand sanitizer, dan kecukupan bahan sembako. Ambil tindakan hukum tegas kepada siapa saja yang melakukan perbuatan melawan hukum.

Kedelapan, ajaklah semua warga untuk bersama-sama berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, agar kita terhindar dari wabah Covid-19 ini.

Insha Allah Kepri bisa …

 

Batam, 18 Maret 2020

Surya Makmur Nasution

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close