KepriTanjungpinang

Syafrizal : Berorganisasi Dapat Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa

Lihatkepri.com, Tanjungpinang –  Selaku Ketua Bidang Pertuguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (Kabid PTKP) HMI Cabang Tanjungpinang-Bintan, Syafrizal mengatakan bahwa berorganisasi dapat meningkatkan Soft Skills Mahasiswa.

Hal ini di ungkapkannya saat mengisi materi diskusi umum yang dilaksanakan oleh HMI Komisariat Stisipol Raja Haji di Pondopo Kampus Stisipol, Kamis ( 5/1/2016) dengan tema peran mahasiswa dan upaya meningkatkan soft skills dan Hard skills mahasiswa.

Syafrizal mengatakan bahwa secara umum mau tidak mau mahasiswa sudah harus memahami Hard Skillsnya sebab hard skills merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.

“Misalnya seorang mahasiswa ilmu pemerintahan sudah seyogyanya tau tentang tata cara pembuatan peraturan perundang-undangan karena dia adalah mahasiswa Ilmu Pemerintahan,” ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan Soft skills mahasiswa, mahasiswa harus mengembangkan potensi dirinya, karna soft skill berbicara tentang Ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Interpersonal Skills) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intra-Personal Skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.

“Hal tersebut bisa didapatkan didalam berorganisasi, yang mana dengan berorganisasi dapat mengasah ketrampilan seorang mahasiswa diluar bidang ilmu yang diambilnya dan akan dapat keahlian lain dilingkup organisasi tersebut,” ujarnya.

Selain dengan berorganisasi, sebagai upaya meningkatkan soft skill mahasiswa tersebut juga dapat dicapai dengan upaya meminta penilaian dari seseorang terdekat tentang diri kita dan Berlatih menerima dan memberi kritik yang positif serta Berkomunikasi dengan baik, jelas dan benar.

“Beberapa upaya tersebut diatas juga sebenarnya dapat dimiliki oleh mahasiswa dengan dia berorganisasi, sebab dengan berorganisasi dapat mengembangkan dan mengeksplorasikan diri mahasiswa sesuai dengan ketrampilan ia ia miliki,” ujarnya.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close