Waktu  untuk pelaksanaan PEMILU  tanggal 17 April  2019  hanya tinggal beberapa hari lagi,  yaitu untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Wakil Rakyat dari DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI. Adapun calon Presiden dan Wakil Presiden hanya ada dua  pasang, yaitu pasangan 01 dan pasangan 02, kemudian puluhan dan bahkan ratusan anggota DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI,  untuk masing-masing  daerah pemilihan  telah berbagai upaya menarik simpati masyarakat  agar  masyarakat turut memberikan   suara  pilihannya kepada  mereka  masing-masing calon.

Masyarakat pastinya akan dating berbondong-bondong untuk datang ke TPS untuk memberikan  hak pilihnya  sesuai hati nurani masing-masing  sesuai semangat dan prinsip   demokrasi  Pemilihan, Umum,  bebas,  dan rahasia.

Mumpung masih ada waktu, siapa yang akan anda  pilih  memang menjadi hak  masing-masing  pemilih, namun tulisan ini  hanya berupa goresan  tinta hitam yang ada dalam fikiran  penulis,  berkaitan dengan sosok  pemimpin dan wakil-wakil rakyat  baik untuk daerah kota, provinsi, pusat dan perwakilan daerah.   Yang akan mengendalikan  daerah nya masing-masing  atau bangsa  ini selama Lima tahun ke depan.

Tulisan  ini ingin mengajak anda untuk melihat  poisisi Indonesia dan Kepri  hari ini.  Dimana Ekonomi Indonesia 2018 Tumbuh cukup baik yaitu  5,17 persen, Tertinggi Sejak tahun 2014  yaitu hanya 5,01 persen,  Sementara untuk anda  pemilih yang akan memilih calon untuk DPRD Kota dan Provinsi Masing-masing dapil di Provinsi Kepulauan Riau di informasikan bahwa  pertumbuhan ekonomi  kita di Provinsi Kepulauan Riau saat ini baru tumbuh 5,34 persen (BPS. Kepri Tw IV 2018),  Setelah sekian lama terpuruk.  Jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi tahun 2017  hanya tumbuh  pada angka 2,00 persen.  Sementara tahun 2013 ekonomi Provinsi Kepulauan Riau  tumbuh 7,21 persen berapa pada posisi nomor 1 di Sumatera dan nomor 4 di tingkat Nasional. Mampu calon anda menggirim ekonomi Kepri kembali seperti masa tahun 2013  yang lalu?

Dari sisi produksi, sebagian besar kategori lapangan usaha mengalami pertumbuhan. Tiga kategori yang memberikan andil pertumbuhan terbesar antara lain kategori pertambangan dan penggalian 1,52 persen; kategori industri pengolahan 0,46 persen; dan kategori administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib 0,31persen.

Khusus untuk pemilih di Kota Batam, dan Provinsi Kepuluana Riau setelah kita mengalami keterpurukan ekonomi pada tahun 2015-2017  yang lalu dimana  ternyata  sektor industry sangat rentan  terhadap pengaruh  ekonomi global.  Tentunya  pemilih harus benar-benar  mencari   figure Legislatif  yaitu untuk DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI  yang mumpuni  berfikir  komprehensif dari aspek geografis, demografis, dan strategis, sebagai wilayah maritime yang  memiliki Keunggulan, Kelemahan Peluang dan juga tidak luput dari ancaman  persaingan di segala bidang. Jika kita sering mengatakan bahwa SDA kita  adalah terkaya dibandingkan dengan daerah atau Negara lain, namun disisi lain kita masih lemah pada SDM  sehingga belum maksimal  dapat menghasilkan  SDB (Sumber Daya Buatan)  berupa barang dan jasa yang memiliki daya saing tinggi.

Anda Memilih figure  entrepreneurship  untuk anggota DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, Presiden dan Wakil Presiden  karena  akan mampu menggerakan masyarakat  untuk menjadikan SDA daerah, atau Negara ini menjadi SDB (barang dan atau jasa) untuk kebutuhan  dalam negeri  yang selama ini  masih di rasa kurang, serta bagaimana berfikir untuk memenuhi kebutuhan Negara tetangga lainnya. Sebagai daerah yang berbatasan dengan Negara  asing, selayaknya  masyarakat dimotivasi untuk memiliki daya siang tinggi, nilai jual prodak barang ataupun jasa, yang lahir dari  orang-orang Legislator yang entrepreneurship dan  dari seorang Presiden dan wakil Presiden yang entrepreneurship  yang akan menyusun  rencana lima tahunan  untuk menjadi Negara yang produktif  dan  tidak  memiliki ketergantungan pada  komoditas Negara lainnya.

Menurut Ciputra, Tokoh atau Bapak entrepreneur (Wirausahawan) Nasional,  yang tidak asing bagi ktia semua, mengatakan Seorang entrepreneurship  bisa  lahir dari  keberhasilannnya mengelola  (memanajemen) lingkup pemerintahannya yang disebut sebagai seorang Governance Entrepreneur, sebagai  seorang eksekutif  yang memiliki jiwa  wirausaha. Seperti  mantan Gubernur DKI Bapak Ali Sadikin  membangun Jakarta dari  Objek Destinasi wisata  ancol yang sampai hari ini masih menjadi kebanggaan Indoensia,   demikian juga  Lee Kuan Yew,  Perdana Menteri Singapura yang membangun  Singaprua sebagai Negara perdagangan terkuat  di Asean  hingga hari ini  masih di akui.  Yang Kedua  kata Ciputra,  bisa lahir dari  Academik Entrepreneur  atau  mereka yang  memiliki profesi pendidik  namun memiliki  jiwa  wirasuaha yang sangat produktif, kreatif dan inovvatif. Memiliki kompetensi untuk sepanjang zaman.  Ketiga, menurut Ciputra,  seorang tokoh yang lahir  dari kalangan  Social Entrepreneurship. Atau  mereka  yang berhasil memimpin  oraganisasi Sosial kemasyarakatan dan pemuda, di mana yang bersangkutan memiliki banyak pengalaman memimpin,  memiliki akses  untuk segala hal.  Berintegritas dan berwibawa.   Kenapa anda harus memilih calon berkaraker tersebut karena daerah dan Negara ini  membutuhkan mereka yang  kreatif dan inovatif  untuk  membawa perubahan  kepada masyarakat memasuki  alih tehnologi 4.0

Mudah-mudahan dengan tulisan singkat ini, anda tidak salah memilih.  Adakah orang-orang piihan anda   yang   memiliki salah satu dari  karakter  entrepreneurship yang lahir dari  salah satu  kelompok  dimaksud?  Maka yakinlah.. bahwa  selama lima tahun masa tugasnya  Insya Allah  akan membawa perubahan positif terhadap pertumbuhan ekonomi,  penciptaan lapangan pekerjaan, peningkatan SDM yang handal,  lahirnya wirausaha-wirausaha muda, menghasilkan produk  barang dan jasa yang memiliki daya saing. Serta  turunkan angka pengangguran,  meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju masyarakat adil dan makmur.

Oleh : Akhirman.S.Sos,.MM (Dosen FE. Umrah)