Pemkab Bintan Siap Wujudkan Desa Digital 2020

Lihatkepri.com, TanjungpinangSinergi Multi Performa adakan Bimbingan Teknis untuk Sekretaris Desa se-Kabupaten Bintan di H. Aston Tanjungpinang pada Jumat 15 November 2019.

Desa Digital 2020

Bimtek ini merupakan upaya memaksimalkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Prioritas Utama (SIMDESPRIMA) yang telah di install diseluruh desa se-Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, Roni Kartika, S.STp yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Aparatur Desa, Abuzar didampingi oleh Kepala Seksi Evaluasi dan Data  Yogi Pranoto mengungkapkan bahwa desa-desa di Bintan siap mendukung program pemerintah Pusat menuju Dewa Wisata, Desa Industri dan Desa digital tahun 2020.

“Komitmen ini ditunjukkan oleh adanya langkah-langkah konkrit yang telah dilakukan oleh PMD dalam mendorong desa-desa memanfaatkan segala potensi yang ada untuk mewujudkan DEWADEWIDEDI (Desa Wisata, Desa Industri dan Desa Digital), ” tegas Abuzar.

SM-Performa, sebagai perusahaan konsultan yang dikelola dan dijalankan oleh sebagian besar kalangan akdademisi yang ada di Tanjungpinang-Bintan dan merupakan Lembaga konsultasi non konstruksi satu-satunya di Kepulauan Riau telah mampu memberikan kontribusi nyata dalam membangun desa melalui pendampingan beberapa Desa menuju Desa Wisata dan Desa Digital.

Melalui kesempatan ini, mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Bintan khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang terjalin selama ini.

“Kedepanya kemitraan antara desa dengan pihak ketiga terus dapat dikembangkan mengingat posisi Bintan dan potensi Bintan masih banyak yang belum tergali dan belum dioptimalkan,” ujarnya

Gusrizal, M.Sc selaku perwakilan perusahaan yang membidangi pengembangan Informasi Teknologi serta Spasial dalam menyampaikan materinya mengungkapkan bahwa fitur-fitur yang disediakan oleh SIMDESPRIMA cukup banyak bahkan tergolong komprehensif untuk kapasitas desa.

Salah satu fitur yang ada di SIMDESPRIMA adalah Layanan Mandiri. Layanan Mandiri  merupaan salahsatu fitur langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. Dengan menu Layanan Mandiri dalam aplikasi ini maka pemerintah desa telah mampu mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan administrasi desa secara online.

“Dengan layanan ini maka Pemerintah Desa telah mampu menekan biaya operasional warga masyarakatnya sebesar 50%. Jadi masyarakat cukup sekali saja datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan layanan desa,” ujar Gusrizal.

Basis Layanan Mandiri ini adalah data kependudukan yang dimodifikasi sebagaimana data kependudukan yang ada di Prodeskel. Prodeskel merupakan Profile Desa dan Kelurahan yang diwajibkan oleh Kementrian Dalam Negeri untuk selalu di update secara berkala.

Dengan demikian maka basis data kependudukan desa sangatlah kuat. Karena data kependudukanya kuat dan valid maka setiap informasi penduduk akan terekam dengan baik dan pemerintah desa tidak perlu membngkar-bongkar arsip untuk mengetahui data kependudukan warganya.

Dengan demikian maka data kependudukan yang dimiliki desa sangat kecil kemungkinan terjadinya anomali. Sebagai contoh, apabila ada warga desa yang sudah menikah kemudian yang bersangkutan ingin dibuatkan surat pengantar nikah maka dengan sendirinya data tersebut akan muncul pada saat diinput. Oleh karena itu maka informasi dasar tersebut dapat menghindarkan warga dari poligami tanpa persetujuan atau sepengetahuan istri.

Gusrizal, M.Sc, Narasumber dari Sinergi Multi Performa (batik cokelat)
Silahkan Download
Baca Juga Informasi Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: