Gallery

Festival Bahari Kepri 2019 Jadi Media Branding Luar Biasa

Lihatkepri.com, Gallery – Festival Bahari Kepri 2019 Jadi Media Branding Luar Biasa, hal tersebut disampaikan Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto. Selain itu, Isdianto juga mengatakan bahwa dengan Festival Bahari Kepri (FBK), destinasi Tanjungpinang semakin mendunia.

Festival Bahari Kepri 2019

“Kami juga akan dorong destinasi Pulau Penyengat agar semakin populer. Destinasi ini luar biasa karena kental dengan nuansa budaya Melayu dan bahari,” ujarnya

Dalam hal ini, FBK 2019 memiliki 14 kegiatan sarat dengan budaya Melayu dan resmi dibuka pada Selasa (5/11/2019). Pembukaan Festival Bahari Kepri 2019 digelar di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Terasa spesial pada Opening ceremony Festival Bahari Kepri 2019 dikarenakan dikunjungi oleh 43 yachter mancanegara peserta Wonderful Sail to Indonesia. Dalam hal ini, memarkir 20 yacht-nya di sekitar perairan Tanjungpinang. Total ada 16 negara yang bergabung di sini, seperti Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Italia, dan lainnya.

FBK akan berlangsung hingga 10 November dan pada puncak acara akan dimeriahkan penyanyi jebolan Indonesia Idol, Virzha. Suasana pembukaan makin meriah dengan aksi Oji Liga Dangdut Indonesia. Selain itu, para tamu undangan disajikan atraksi Tarian tradisional (Sekapur Sirih) yang merupakan ‘ucapan’ selamat datang khas Melayu.

Di Festival Bahari Kepri 2019, wisatawan akan diperkenalkan dengan permainan tradisional Gasing. Dalam format lomba, Gasing akan digelar Rabu (6/11/2019). Ada juga Pertunjukan Musik dan Tari Tradisional. Serta Lomba Drum Band tingkat SLTA dan STLTP se-Kepri, Kamis (7/11/2019).

Pada hari yang sama, ikut disajikan juga Sound from The Motherland of Malay. Acara ini merupakan pertunjukan musik dan tari khas Kepri. Konten tersebut menjadi kolaborasi Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri. Festival Bahari Kepri juga dilengkapi dengan Pameran UKM Ekraf dan Foto, Jumat (8/11/2019). Ada juga Panggung Penyair dan Pentas Seni.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan bahwa Kepri memiliki potensi wisata bahari besar. Ada banyak pulau dengan beragam karakternya. Lebih unik, di dalamnya juga hidup beragam budaya dan kearifan lokal yang menginspirasi.

“Festival ini tentu menjadi media terbaik untuk meramu warna bahari dan budaya tersebut,” ujarnya.

Salah satu event bahari di festival ini adalah Festival Sungai Carang, Sabtu (9/11). Festival ini berisi parade kapal hias yang berakhir di tepi laut Tanjungpinang. Meski demikian, festival tetap menyelipkan warna religi. Festival Bahari Kepri 2019 menggelar Tabligh Akbar: Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu (9/11/2019).

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenparekraf Dessy Ruhati mengatakan bahwa Festival ini memiliki konten-konten menarik. Untuk itu, silahkan datang dan bergabung di berbagai kemeriahan konten festival.

“Dengan kekuatan bahari dan budaya, kami optimistis pergerakan wisatawan akan terus positif,” ujarnya

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan, arus wisman di Kepri semakin positif. Selain itu, kehadiran para yachter mancanegara tentu menjadi value positif bagi Festival Bahari Kepri 2019. Event ini sudah memiliki brand kuat di mancanegara. Setelah ini, pergerakan wisman di Kepri akan semakin positif.

“Mereka pasti membranding berbagai hal eksotis yang dijumpainya selama berada di perairan Kepri,” ujarnya.

Plt Gubernur, Isdianto Kepri menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh masyarakat dan pegawai Pemprov Kepri, atas suksesnya FBK 2019. Hal tersebut disampaikan Plt Gubernur saat menjadi Pembina Apel Pagi, Senin (11/11).

“Kami amati secara garis besar, sukses. Itu tak lepas karena dukungan seluruh masyarakat yang ada di Kepulauan Riau dan pegawai Pemprov. Terimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi kita semua,” ujarnya.

Meskipun FBK 2019 digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, namun seluruh elemen masyarakat, pegawai Pemprov Kepri, pemerintah kabupaten dan kota juga ikut serta mensukseskan. Plt Gubernur berharap kerjasama dan silaturahmi itu dapat terus terjalin mesra.

“Saya yakin dan percaya jika Kepri ini akan maju dengan kerjasama dan silaturahmi. Dengan kebersamaan kita mampu membangun Provinsi Kepri,” ujarnya

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan Festival ini didesain menarik. Selain budaya tradisional, pihaknya tetap memasukan musik warna kekinian. Virzha menjadi opsi yang bagus. Namanya populer dan fansnya banyak.

“Kami yakin, kehadirannya akan memberikan impact positif. Pergerakan wisatawan di festival ini akan semakin besar,” ujarnya.

Pembukaan Festival Bahari Kepri 2019
Plt Gubernur Kepri, Isdianto di Festival Bahari Kepri 2019
Walikota Tanjungpinang, Syahrul di Festival Bahari Kepri 2019
Festival Bahari Kepri 2019

Pameran Kreatif, UKM dan Foto Festival Bahari Kepri 2019

Lomba Festival Bahari Kepri 2019

Pentas Seni Festival Bahari Kepri 2019
Panggung Festival Bahari Kepri 2019
Kepri Carnival Festival Bahari Kepri 2019
Hiburan Rakyat dan Penutupan Festival Bahari Kepri 2019
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close