World Cleanup Day 2019 Aksi Bersih Bersih Sedunia Tingkat Kota Batam 2019

Lihatkepri.com, Batam – 157 Negara serentak melakukan aksi bersih bersih terbesar di dunia, yakni World Cleanup Day, berupa gerakan sosial melawan sampah illegal, yang mengkampanyekan kegiatan peduli lingkungan dengan menjaga kebersihan, Sabtu, 21 September 2019. Indonesia juga berpartisipasi dalam aksi ini, dengan melibatkan 13 juta relawan, di 34 Provinsi termasuk relawan dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

World Cleanup Day 2019

Aksi World Cleanup Day tingkat Kota Batam tahun 2019 ini, dipusatkan di enam titik aksi, diantaranya di Area Welcome to Batam Kecamatan Batam Kota, Pesisir pantai sembulang Kecamatan Galang, area Pulau Buntal Kecamatan Nongsa, Pemukiman Tanjung Piayu Laut Kecamatan Sungai Beduk, Lapangan bola genta satu Kecamatan Batu Aji, dan Lapangan umum SP Plaza.  Selain titik aksi yang diadakan panitia WCD Batam, kegiatan bersih bersih juga dilakukan dilingkungan sekolah, dan perusahaan di Batam.

Tercatat lebih dari 2800 relawan tergerak untuk turut serta dalam aksi ini, yang telah berhasil mengumpulkan sekitar 6 ton sampah baik organik dan non organik. Kegiatan ini merupakan moment bersatunya masyarakat Indonesia untuk bersama satukan visi wujudkan Indonesia bersih.

Kegiatan ini tentunya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Batam, melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam. beberapa perusahaan di Batam juga memberikan dukungannya dalam pelaksanaan aksi, seperti PT ATB yang memfasilitasi air bersih, untuk cuci tangan dan air bersih untuk konsumsi yang bersinergi dengan perusahaan mesin suling air siap minum, yakni well’s alkaline hydrogen water, wcd batam juga didukung oleh PT JMS, PT TDK, BPOM, Unilever, Sanipak, International Organization fo Migration, Tambun Djaya Printama, dan Thinktation Corporation.

“Gerakan ini disejalankan dengan hari perdamaian internasional, maka aksi bersih bersih tahun ini mengambil tema cleanup for peaceful Indonesia yang diharapkan menjadi momentum persatuan seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong royong dengan damai” ungkap Muhammad Zulkarnain Purba, Leader Team WCD Batam 2019. Saat tampil memberikan sambutan pada pembukaan acara, sabtu pagi.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad S.Sos M.Si.   Assisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam, Febrialin S.E, M.Si serta pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam.

World Cleanup Day 2019

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Batam memberikan apresiasi kepada generasi muda batam, khususnya panitia pelaksana WCD Batam atas aksi bersih bersih yang telah dilaksanakan, hal ini juga menjadi citra baik bagi Kota Batam, bahwa masyarakatnya masih banyak yang peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Kita mengetahui bersama bahwa permasalahan sampah kin menjadi masalah bagi kita semua, bukan hanya sekadar membersihkan, kiranya kita mulai berusaha untuk mengurangi penggunaan barang barang yang berpotensi menjadi sampah, khususnya kantong plastik. Saya berharap kita semua menerapkan prinsip 3R dalam kehidupan sehari hari, yakni reuse, reduce dan recycle seperti yang telah disampaikan oleh ketua wcd batam tadi” tambah Amsakar dihadapan para relawan yang hadir.

Dalam pelaksanaannya sendiri, WCD Batam bekerjasama dengan rekan komunitas yang menjadi panitia di tiap titik aksi, seperti perkumpulan pedagang wisata kuliner batam, bye bye plastik bag batam, batam green initiative, ibu ibu professional batam, pelopor pergerakan pewarta public wajah bangsa p4wb, dan manajemen sp plaza.

Dalam aksi tahun 2019 ini, WCD Batam juga bekerjama dengan Aksi cepat tanggap ACT (Kepri) berupa pengadakaan program WCD Batam peduli kekeringan, dengan menghimpun donasi di lokasi aksi bersih bersih, selain tentunya WCD Peduli lingkungan dengan melakukan aksi bersih bersih ini.

Tahun 2019 ini merupakan tahun kedua bagi Batam mengadakan world cleanup day, pihaknya berharap melalui gerakan ini semakin banyak masyarakat batam yang peduli terhadap kebersihan lingkungan, dan dapat menyatukan visi wujudkan batam bersih.

Aksi Bersih Bersih Sedunia Tingkat Kota Batam 2019
Aksi Bersih Bersih Sedunia Tingkat Kota Batam 2019
Aksi Bersih Bersih Sedunia Tingkat Kota Batam 2019
Aksi Bersih Bersih Sedunia Tingkat Kota Batam 2019
Aksi Bersih Bersih Sedunia Tingkat Kota Batam 2019
Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: