Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Programmer, Gajinya Bikin Ngiler!

Pesatnya perkembangan teknologi di era modern kini sudah sepatutnya dimanfaatkan oleh para lulusan IT untuk mencari kerja. Apalagi di tahun 2025 mendatang, Indonesia bercita-cita menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Diantara banyaknya pekerjaan untuk lulusan IT terselip bidang programmer yang menjadi satu dari pekerjaan favorit jurusan IT dengan iming-iming gaji besar.

tulisanaliansera.com

Profesi tertua di bidang teknik informatika ini dinilai sebagai profesi yang menjanjikan untuk kamu tekuni, terlebih lagi bila kamu memang menyenangi dunia komputer. Untuk menjadi seorang programmer handal, kamu harus memiliki kemampuan logika, algoritma dan bahasa pemrograman yang mumpuni.

Di Indonesia sendiri, seorang programmer handal biasanya mendapatkan gaji kisaran Rp 8 hingga Rp 10 juta keatas, tergantung dari pengalaman dan lamanya ia bekerja. Semakin banyak jam terbang yang dimiliki, maka semakin besar gaji yang akan kamu miliki setiap bulannya.

Selain mendapat gaji besar, ada beberapa alasan yang membuat lulusan IT terjun langsung ke bidang programmer, diantaranya:

  1. Dapat menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman
    Sebagai seorang programmer, menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman adalah suatu kewajiban yang harus kamu penuhi. Mulai dari Pascal, HTML, JavaScript, C+, hingga Phyton bisa kamu pelajari sedikit demi sedikit hingga mencapai tingkat expert. Semakin banyak bahasa pemrograman yang kamu kuasai, maka semakin berkembang pula skill yang kamu miliki dan tak jarang diincar oleh perusahaan besar.
  1. Kemampuan menyelesaikan masalah semakin meningkat
    Dengan menjadi programmer, berarti kamu sudah melatih kemampuan logikamu untuk menyelesaikan suatu masalah (problem solver). Karena seorang programmer biasanya dituntut untuk mampu memecahkan setiap kode program dengan logikanya yang sudah terasah.
  1. Bermanfaat untuk orang banyak
    Tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, faktanya seorang programmer juga sangat bermanfaat untuk orang banyak apalagi di era serba teknologi ini. Sebut saja Tim Berners-Lee, pria handal yang mampu menciptakan Hypertext Transfer Protocol alias HTTP untuk mempermudah setiap orang dalam mengakses internet. Tanpanya, mungkin saat ini kita belum dapat mengakses informasi diseluruh belahan dunia.
  1. Programmer sudah pasti menguasai teknologi
    Sejatinya seorang programmer tidak akan bisa dipisahkan dari teknologi. Karena dapat dipastikan setiap harinya mereka bekerja dengan menggunakan komputer. Selain itu pula, seorang programmer pun juga dituntut untuk mengetahui segala informasi seputar perkembangan teknologi beserta bahasa pemrogramannya. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi dibilang gaptek ya.
  1. Melatih ketelitian
    Selain mengasah kemampuan logikamu, pekerjaan favorit jurusan IT yang satu ini juga bisa meningkatkan ketelitian, terutama dalam menuliskan kode program. Setiap perintah mulai dari penggunaan huruf hingga angka dan tanda baca harus kamu perhatikan secara detail untuk menghindari terjadinya program error.
  1. Mempengaruhi cara berpikir agar semakin sistematis
    Biasanya seorang pemrograman diminta untuk menuliskan kode program secara berurutan agar program tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dari kebiasaan menulis kode program secara berurutan inilah, kamu menjadi lihai dalam berpikir secara sistematis dan melakukan sesuatu hal dengan terorganisir.

Nah, itulah sederet alasan mengenai bidang programmer yang patut kamu pertimbangkan saat memulai karir sebagai seorang IT. Tetapi, bukan berarti hanya programmer saja ya yang menjadi pekerjaan favorit jurusan IT. Melainkan pula masih ada beberapa pekerjaan lainnya yang tak kalah menggiurkan ditinjau dari gaji yang akan didapat. Mau tahu apa sajakah itu? Simak informasi lebih jelasnya hanya di https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/.

Baca Juga Informasi Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: