NasionalPapua Barat

Kita Sepakat Damai, Damai Itu Indah

Lihatkepri.com, Manokwari – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menegaskan, deklarasi Papua Barat damai, Manokwari damai yang hari ini dilakukan untuk menolak rasisme, menolak kekerasan, penjarahan, pengrusakan dan pembakaran.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan

“Kita sepakat damai. Damai itu indah. Dan itu dambaan semua elemen bangsa,” kata Gubernur, Rabu (11/9/2019) usai deklarasi damai di Lapangan Borasi Manokwari.

Gubernur mengajak semua pihak untuk menerjemahkan aksi damai yang dilakukan itu.

“Kita jaga NKRI, NKRI jaga kita, kita jaga tanah Papua, tanah Papua jaga kita. Kita jaga Papua Barat, Papua Barat jaga kita. Kita jaga Manokwari, Manokwari jaga kita. Manokwari rumah bersama, Papua Barat, Tanah Papua dan Indonesia adalah rumah bersama,” kata Gubernur.

“Tinggal kita terjemahkan dalam tugas dan tanggungjawab kita masing-masing. Baik kapasitas sebagai Gubernur, Kapolda,Panglima TNI, Ketua DPR, MRP, tokoh agama, pemuda, adat, perempuan, semua komponen bangsa,” lanjut Gubernur.

Deklarasi damai itu ditandai dengan penandatangan kesepakatan damai oleh gubernur, ketua DPR Papua Barat, unsur forkopimda, para kepala suku, tokoh agama, perempuan, pemuda dan pihak kompeten lainnya di Manokwari.

Sebelum penandatanganan, diawali pembacaan deklarasi damai oleh Ketua DPR Papua Barat, Piether Konjol. Berikut empat poin isi deklarasi damai;

  1. Menjaga perdamaian di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat.
  2. Setia kepada pancasila, UUD 1945 dan NKRI.
  3. Menjaga dan merawat bhineka tunggal ika. Kita semua bersaudara,saling menghormati, menghargai dan melindungi sesama anak bangsa.
  4. Damai Papua Barat, damai Manokwari.

Sebelum ribuan orang berkumpul di Borasi, lebih dulu dilakukan aksi longmach. Titik start dari Panggung Penerangan,melewati Jalan Percetakan Negara- Jalan Yosudarso- Jalan Merdeka dan finish di Lapangan Borasi. (Bustam)

Kita Sepakat Damai, Damai Itu Indah
Kita Sepakat Damai, Damai Itu Indah
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close