Kepulauan RiauTanjungpinang

Indahnya Keberagaman Suku di Deklarasi Kebangsaan

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Halaman Gedung Daerah di Tepi Laut, Tanjungpinang tiba-tiba menjadi miniatur Indonesia pada Minggu (8/9) pagi. Undangan yang hadir dalam Deklarasi Kebangsaan datang mengenakan pakaian suku dan adat masing-masing.

Deklarasi Kebangsaan

Keberagaman suku membaur bersama. Deklarasi Kebangsaan itu disejalankan dengan pelantikan dua organisasi yang dibentuk pemerintah untuk merawat harmonisasi yang sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun dibina dengan baik di Kepulauan Riau.

Pembacaan Deklarasi Kebangsaan dipimpin ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Abdul Razak yang diikuti seluruh tamu dan undangan.

Plt Gubernur Kepri Isdianto mengaku bangga dan bersyukur karena Kepri yang masyarakatnya terdiri dari berbagai suku namun masing masing sangat menjunjung dan menjaga rasa persaudaraan dengan tingkat toleransi yang sangat baik.

“Deklarasi Kebangsaan ini merupakan bentuk kesungguhan dan kecintaan kita kepada sesama dalam menjaga keutuhan NKRI. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus menyadari bahwa kita adalah masyarakat heterogen, dimana banyak jenis suku berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Sehingga kita harus saling menghormati dan menghargai sesama masyarakat Indonesia,” kata Isdianto.

Plt Gubernur Kepri juga berharap agar pengurus FPK dan FKDM Kepri yang baru dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dan fungsi serta tanggung jawab sesuai dengan Peraturan perundang-undangan yang ada.

“Kehadiran FPK dan FKDM dinilai sangat penting untuk menjadi mitra harmonis Pemprov Kepri dalam membangun dan menjaga persatuan kesatuan bangsa,” kata Isdianto.

Sementara itu, Ir. Lamidi MM Kepala Badan Kesbangpol Kepri selaku ketua panitia kegiatan menyebutkan Deklarasi Kebangsaan dan pengukuhan pengurus FPK dan FKDM ini sudah menjadi kebutuhan untuk menjaga dan merawat rasa kekeluargaan dan keberaamaan.

Kegiatan itu juga dihadiri Kabagdukops Binda Kepri mewakili Kabinda Kepri Kol. Laut (E) Yanuar Adi Legowo, S.H., M.A.P., M.Si. (Han) Ketua MUI Tanjungpinang, Syafsir Akhlaus sebagai Rektor Umrah, Abdul Razak (Ketua LAM Kepri), AKP Monang Silalahi Kasat Intel Polres Tanjungpinang, Ir. Lamidi MM (Kesbangpol Kepri para FKPD, para OPD dan perwakilan pelajar se-Prov Kepri, serta sekitar 500 orang tamu undangan dan masyarakat.

Pembacaan Deklarasi Kebangsaan dipimpin ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Abdul Razak
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close