Dr.Mohamad Gita Indrawan.,S.T.,M.M : Dedikasiku Untuk Bangsaku

Inilah salah satu figur tokoh akademisi Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau kelahiran Pontianak 26 Juni 1974 yaitu Dr. Mohamad Gita Indrawan, S.T., M.M, yang biasa akrab dengan panggilan Gita. Dalam kesehariannya Gita sangat aktif dalam berbagai organisasi seperti organisasi profesi, keilmuan, keagamaan, sosial kemasyarakatan dan wiraswasta.

Berbagai organisasi profesi dan keilmuan baik yang pernah maupun yang sedang dijalani oleh Gita hingga saat ini adalah sebagai berikut : Sekretaris Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Provinsi Kepri (2018 – sekarang); Ketua Tim Ekonomi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Batam (2016 – sekarang); General Secretary Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Batam (2016 – sekarang); Anggota Dewan Pertimbangan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi Kepri (2015 – sekarang), Wakil Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Batam (2015 – sekarang); Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah X-D Provinsi Kepri (2015 – sekarang); Wakil Ketua Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Provinsi Kepri (2014 – sekarang); Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Kepri (2013 – 2015); Vice President Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Kepri (2011 – 2013); Komite Tetap Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Caretaker Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Kepri (2010 – 2015); Wakil Sekretaris Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Batam (2009 – 2012).

Didikan agama yang kuat dari kedua orang tuanya sejak kecil membuat putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Ayahanda Ir. Mohamad Noeski Alidrisyi, M.Eng.Sc dan Ibunda Ayi Permana, A.Md ini memiliki perhatian yang besar dalam bidang keagamaan, hal ini pula yang membuat Gita bersedia mengemban amanah dan kepercayaan warga komplek perumahan dimana Ia tinggal untuk mengelola organisasi keagamaan seperti : Penasehat Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al – Ikhlash Perumahan Batam Nirwana Residence (2016 – sekarang); Ketua Umum Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al – Ikhlash Perumahan Batam Nirwana Residence (2013 – 2016); Wakil Ketua Yayasan Mutiara Al – Ikhlash Perumahan Batam Nirwana Residence (2011 – 2013) selain itu Ia juga pernah menjadi pembina salah satu organisasi keagamaan internal kampus yaitu Muslim Society (Musisy) di Universitas Internasional Batam/ UIB (2010 – 2013).

Suami dari Sandra Lidyana Palar, S.E., M.M ini juga sangat aktif di organisasi sosial kemasyarakatan antara lain sebagai Penasehat One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship Provinsi Kepulauan Riau (OK OCE Provinsi Kepri) yang bergerak dalam bidang pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah/UMKM (2019 – sekarang), Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Cendikia Kepri (YPCK) yang bergerak dalam bidang pendidikan (2015 – sekarang) dan saat ini Ia juga dipercaya sebagai Wakil Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Kepulauan Riau (2017 – sekarang) dimana pada periode sebelumnya Ia adalah Ketua Bidang Pemuda, Mahasiswa, Pelajar dan Olahraga Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Kepulauan Riau (2012 – 2017).

Adapun jejak rekam pendidikan formalnya dimulai ketika Gita kecil mengenyam pendidikan sekolah dasar di SD Negeri 06 Sei Raya, Kabupaten Pontianak lulus tahun 1986, lalu melanjutkan jenjang sekolah menengah pertama di SMP Negeri 11 Pontianak lulus tahun 1989, kemudian menempuh pendidikan sekolah menengah atas di SMA Negeri 3 Pontianak lulus tahun 1992. Praktis masa kanak-kanak hingga remaja Ia habiskan di kota kelahirannya Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, sebuah ibukota provinsi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepri dan memiliki kesamaan budaya melayu yang kental.

Sederet gelar akademik yang telah menambah panjang namanya itu, jelas tidak dengan mudah Ia raih. Kepribadiannya yang bersahaja, ulet, mudah bergaul, cerdas dan juga memiliki tekad yang kuat untuk menuntut ilmu merupakan modal utamanya meneruskan pendidikan tinggi ke Bandung hingga meraih gelar Sarjana (S1) Teknik dan Manajemen Industri di Universitas Pasundan Bandung pada tahun 1999. Tak puas hanya sampai disitu saja, Ia pun melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Trisakti Jakarta dan meraih gelar Magister Manajemen (S2) pada tahun 2003. Dikarenakan semangat menuntut ilmunya yang selalu bergelora dan tak pernah padam maka semangat itu pula yang membawanya terbang jauh melanjutkan pendidikan ke salah satu sekolah pascasarjana ekonomi dan bisnis terbaik di Filipina yang terletak di jantung kota Manila yaitu San Beda University-Graduate School of Business dan akhirnya gelar Doctor (S3) Economics and Business diraih Gita pada tahun 2009 ketika Ia berusia 35 tahun, sebuah usia yang relatif muda untuk gelar akademik tertinggi tersebut.

Perjalanan karirnya yang cukup panjang dan beragam ditambah lagi interaksinya dengan berbagai latar belakang dan karakter individu telah turut memberikan andil yang besar dalam pengembangan dirinya hingga seperti sekarang, berikut ini beberapa profesi dan bidang pekerjaan yang pernah dijalaninya antara lain : Sales Engineer di PT. Topan, Jakarta (Desember 2000 – Desember 2004), Senior Sales Engineer di PT. Ekatama Putra Perkasa, Jakarta (Januari 2005 – Juli 2005), Marketing Executive di PT. Indonesia Carpet Manufacturers, Jakarta (September 2005 – Februari 2006), Sales Manager di PT. Hunter Douglas Indonesia, Jakarta (Maret 2006 – Mei 2008), National Sales in Charge di PT. Pacific Paint, Jakarta (Juli 2008 – Februari 2009), Dosen Tetap di Universitas Internasional Batam/UIB (Oktober 2010 – Oktober 2013), Ketua Program Studi S1 Manajemen di Universitas Internasional Batam/UIB (Oktober 2010 – November 2011), Dekan Fakultas Ekonomi di Universitas Internasional Batam/UIB (Oktober 2010 – November 2011), Dosen Tidak Tetap di Universitas Internasional Batam/UIB (November 2013 – Agustus 2014), Wakil Rektor dan Dosen Tetap di Universitas Putera Batam/UPB (November 2013 – Maret 2019).

Di sela-sela aktifitas kesehariannya yang padat sebagai pemimpin di banyak organisasi baik organisasi profesi, keilmuan, keagamaan, sosial kemasyarakatan maupun wiraswasta. Gita masih konsisten dalam menjaga komitmennya untuk tetap terus berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan menjadi dosen tetap di Program Pascasarjana Universitas Batam (Uniba) dan juga pernah menjadi dosen tamu sebuah Perguruan Tinggi di Singapura.

Ekonom yang juga pernah menjadi Anggota Tim Asistensi Pembangunan Ekonomi Provinsi Kepri periode 2014 – 2015 ini juga kerap mengikuti berbagai seminar internasional seperti : 1st International Conference on Character Education / ICCE, (Committee, 2015); Seminar The Flaterred World “It’s Impact to Organizations, Business, Bank Industry & Human Capital Development”, (Peserta, 2011); International Seminar “Serve Leadership Model” (Peserta, 2011); Building World – Class Companies in Emerging Markets : Indonesian Case, (Peserta, 2010); Seminar Service Industries, Prince of Songkla University, (Peserta, 2008); Seminar Business & Management Counselor, Asia Pacific Economic Cooperation/ APEC, (Peserta, 2008) dan Seminar Service Quality Center “Service Management Programme” (Peserta, 2007).

Ayah dua orang putra ini juga sangat aktif mengikuti banyak seminar dan pelatihan di dalam negeri yaitu : Seminar Pengenalan Produk, Universitas Tarumanagara (Narasumber, 2007); Pengenalan Peluang Investasi di Saham (Peserta, 2010); Seminar Riset Bank Indonesia, “Mendorong Stabilitas Sistem Keuangan Melalui Sistem Perbankan (Peserta, 2011); Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Peserta, 2011); Pelatihan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Peserta, 2011); Pemberdayaan Wilayah Perbatasan (Peserta, 2011); Workshop Kerjasama Ekonomi Indonesia – Singapura di Batam-Bintan-Karimun (Peserta, 2011); Pelatihan Pembuatan Referensi Penelitian Menggunakan End Note 9 (Peserta, 2011); Pelatihan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen (Peserta, 2011); Workshop Manajemen Organisasi Bagi Pengurus Ormawa UIB (Peserta, 2011); Seminar Outlook Perbankan 2012 (Peserta, 2012); The Seminar of Information Literacy Skill “Kemampuan Mengkaji Literatur Sebagai Pengetahuan Dasar Penulisan Karya Ilmiah” (Moderator, 2012); Seminar Nasional KAGAMA “Mewujudkan Kemandirian Indonesia sebagai Negara Maritim yang Adil dan Makmur”(Peserta, 2013); Seminar Nasional “Revitalisasi Cinta Tanah Air dan Bela Negara untuk Mencegah Radikalisme dan Terorisme di Indonesia” (Moderator, 2013); Sosialisasi Pencegahan Masuknya Paham Radikalisme Di kalangan Generasi Muda Provinsi Kepulauan Riau (Narasumber, 2013); Peran dan Partisipasi Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Karakter Pemuda. (Narasumber, 2013); Sosialisasi Undang-Undang Kepemudaan dan Kepramukaan Tahun 2013. (Narasumber, 2013); Forum Diskusi “Membedah Kondisi Kelistrikan Batam Saat Ini dan Masa Depan. (Narasumber, 2013); Pelatihan Kewirausahaan Pemuda (Narasumber, 2013); Seminar Menjadi Pendidik Profesional Seminar Quo Vadis Pelabuhan FTZ Batam (Peserta, 2014); Seminar Nasional Peranan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Pengembangan Ekonomi Daerah (Peserta, 2014); “Pelatihan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda dan Mahasiswa Provinsi Kepulauan Riau 2014” (Narasumber, 2014); Pelatihan Pencegahan Masuknya Paham Radikalisme Di Kalangan Generasi Muda Provinsi Kepulauan Riau (Narasumber, 2014); Seminar Strategi Menembus Pasar Fesyen Muslim & Kuliner Halal di Luar Negeri (Peserta, 2014); Seminar Strategi Persaingan Usaha Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 (Peserta, 2014); Diskusi Publik Tentang Kondisi, Masalah dan Tanggung Jawab PLN Batam Dalam Menjaga Kondusifasi dan Daya Saing Batam (Narasumber, 2014); Dialog Mahasiswa “Peran Mahasiswa Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Dalam Era Global” (Narasumber, 2014); Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Kota Batam Tahun 2014 (Narasumber, 2014); “Mahasiswa Sebagai Garda Terdepan Dalam Menangkal Demokrasi Liberal Dan Sosial Demokrasi Indonesia” (Narasumber, 2014); Bimbingan Teknis Kepemimpinan Organisasi Perempuan “Problematika dan Solusi Organisasi Perempuan Indonesia dan Merancang Model Pendanaan dan Pembiayaan Organisasi Perempuan” (Narasumber, 2014); Seminar Pendidikan “Standarisasi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Asean Economic Community 2015 (Moderator, 2014); Dialog Kebangsaan Pemuda Kabupaten Karimun Tahun 2014 (Narasumber, 2014); Seminar Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Guna Menghadapi Asean Economic Commnity (AEC) 2015 (Narasumber, 2014); Seminar dan Dialog Intensif Rencana Pengembangan Program Kopertis Wilayah X Bagi Perguruan Tinggi di Provinsi Kepulauan Riau (Peserta, 2015); Seminar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Provinsi Kepulauan Riau “Tuntutan Akuntabilitas UKM dan Koperasi Indonesia dalam Menghadapi MEA (Peserta, 2015); Focus Group Discussion “Pencegahan Perilaku Anti Persaingan Pada Sektor Energi Khususnya Mengenai Bahan Bakar Minyak (BBM) Non Subsidi” (Narasumber, 2015); Dialog Kebangsaan “Menjaga Nasionalisme di Perbatasan Sebuah Tanggung Jawab Anak Bangsa” (Narasumber, 2015); Seminar Perkembangan Ekonomi Makro Provinsi Kepulauan Riau (Peserta, 2015); Seminar Kebudayaan “Lestarikan Kearifan Lokal Masyarakat Melayu, Upaya Perkuat Nasionalisme dan Karakter Bangsa” (Narasumber, 2015); Seminar Kepemudaan “Peran Generasi Muda dalam Menangkal Pengaruh Budaya Asing” (Narasumber, 2015); Seminar Arah Gerakan Buruh Dalam Perspektif Pembangunan Ekonomi (Moderator, 2015); Seminar Nasional “Membangun Karakter Kepemimpinan yang Ideal” (Moderator, 2015); Seminar Sehari “Perekonomian Provinsi Kepulauan Riau Terkini dan Strategi Penguatan Perekonomian Provinsi Kepulauan Riau di Era Masyarakat Ekonomi Asean 2015” (Moderator, 2015); Diskusi Publik “Meneguhkan Militansi Pemuda, Membangun Peradaban bangsa” (Moderator, 2015); Seminar Nasional MPR RI “ Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan” (Narasumber, 2015); Dialog Kebangsaan “Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Pembaruan Kebangsaan Dalam Rangka Mewujudkan Kota Batam Aman dan Damai” (Narasumber, 2015); Dialog Kebangsaan “Pancasila Ideologi Bangsa, Perekat Persatuan dan Kesatuan” (Narasumber, 2015); Seminar “Tantangan Kota Batam Menuju Kawasan Industri Kompetitif di Era Otonomi Daerah” (Narasumber, 2015); Diskusi Terbatas “Mendayagunakan Potensi Maritim Langkah Membangun Peradaban Bahari” (Narasumber, 2015); Diskusi Talkshow “Pemilih Cerdas Pilkadapun Berkualitas” (Narasumber, 2015); Debat Publik antar Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batam pada Pemilukada Serentak Tahun 2015 (Moderator, 2015); Diskusi KPPU RI KPD Batam “Transportasi Laut Angkutan Penumpang dalam Kota/Kabupaten di Wilayah Provinsi Kepri Khususnya Ferry Trayek Telaga Punggur – Tanjungpinang” (Narasumber, 2015); Talkshow “Pendidikan Agama Instrumen Membangun Peradaban Indonesia” (Narasumber, 2015); Focus Group Discussion (FGD) “Implementasi Free Trade Zone Batam Penerapan dan Harapan” (Peserta, 2016); Seminar Nasional “Masa Depan Batam : Peluang dan Tantangan” (Peserta, 2016); Dialog Ekonomi “Penggunaan Mata Uang Rupiah dan Dampaknya Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Kepulauan Riau” (Narasumber, 2016); Seminar Daerah “Kawasan Ekonomi Khusus Batam dan Dampaknya Bagi Pembangunan Daerah” (Narasumber, 2016); Reses Jaring Aspirasi DPRD Provinsi Kepulauan Riau “Batam ; Dari Transformasi KEK, MEA Hingga Kesejahteraan Rakyat” (Narasumber, 2016); Bimbingan Teknis Kepemimpinan Organisasi Perempuan “Model Pembiayaan Bagi Organisasi Nirlaba” (Narasumber, 2016); Dialog Interaktif dan Jurnal Ekonomi Kerjasama RRI FM Pro 1 Batam dan ISEI Cabang Batam “Peran Kultur Bisnis Dalam Perekonomian Batam” (Narasumber, 2016); Bimbingan Teknis Kepemimpinan Organisasi Perempuan “Optimalisasi Gerakan Organisasi Perempuan Dalam Pembangunan” (Narasumber, 2016); Seminar Bisnis “E-Commerce Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi” (Narasumber, 2016); Pelatihan “Peningkatan Leadership dan Entrepreneurship Manajer Pelayanan Perusahaan Jasa Bagi Direksi dan Manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Surabaya” (Narasumber, 2016); Dialog Ekonomi “Membangun Daya Saing Daerah Dalam Menghadapi Globalisasi” (Moderator, 2016); Pelatihan Kepeloporan Pemuda Tahun 2016 “Pemuda Dalam Kemajuan Pendidikan dan Teknologi” (Narasumber, 2016); Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum  DPD RI Terkait Draft “Rancangan Undang-Undang Ekonomi Kreatif” (Narasumber, 2016); Dialog Keagamaan “Peningkatan Peran Serta Pesantren Dalam  Meredusir Paham Radikal” dengan judul materi “Waspadai Bahaya Laten Komunisme yang Merongrong Ideologi Pancasila” (Narasumber, 2016); Forum Ekonomi Batam, edisi Mei 2016 “Mau dibawa ke Mana BP Batam? : Mencari solusi mandeknya proses perijinan di BP Batam” (Moderator, 2016); Focus Group Discussion (FGD) “Tindak Lanjut Rapat Evaluasi Ekonomi dan Keuangan Daerah (REKDA) Bank Indonesia Regional Sumatera Triwulan I  Tahun 2016” (Analis Ekonomi Regional, 2016); Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa  Untuk Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Universitas Putera Batam Periode Tahun 2016/2017 (Narasumber, 2016); Seminar “Mencari Figur Ideal Kepri 2” (Narasumber, 2016); Forum Ekonomi Batam, edisi Juni 2016 “Menakar Potensi Pariwisata Batam : Menggenjot kunjungan 3 juta turis” (Moderator, 2016); Dialog Kebangsaan “Peningkatan Pemahaman Pancasila Sebagai Daya Tangkal Komunisme di Batam” (Narasumber, 2016); Pelatihan dan Bimbingan Teknis “Leadership dan Entrepreneurship Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Surabaya” (Narasumber, 2016);  Kuliah Umum Program Pengenalan Kampus Universitas Putera Batam “Membangun Kesadaran Ber-Pancasila Generasi Muda Indonesia” (Narasumber, 2016); Dialog Ekonomi “Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam dan Dampaknya Bagi Pembangunan Daerah” (Narasumber, 2016); Dialog Kebangsaan “Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia dan Tantangannya Kedepan” (Narasumber 2016); Pelatihan “Manajemen Oganisasi Pengurus Comparative Law Student Associate Universitas Internasional Batam (COLSA UIB) Tahun 2016/2017” (Narasumber, 2016); Dialog Kadin Batam “Menata Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam Era Otonomi Daerah, Kepastian Hukum dalam Berinvestasi” (Moderator, 2016); Seminar Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Putera Batam “Dampak Investasi Bagi Pembangunan Ekonomi Kota Batam” (Narasumber, 2016); Seminar Program Studi Ilmu Hukum Universitas Putera Batam “Tantangan dan Peluang Otonomi Khusus Batam” (Narasumber, 2016); Pelatihan “Kesadaran Bela Negara Bagi Pemuda Kepri” Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016 (Narasumber, 2016); Pelatihan “Kepemimpinan Pemuda” Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016 (Narasumber, 2016); Seminar Kebhinekaan “Peran Mahasiswa dan Pemuda Dalam Menjaga Indonesia dan Merawat Kebhinekaan” (Narasumber, 2016); Pelatihan “Peningkatan SDM Pemuda” Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016 (Narasumber, 2016); Dialog Pemuda “Hubungan Diplomatik Kepri – Singapura” Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016 (nNarasumber, 2016); Dialog “Batam Economic Outlook 2017” (Moderator, 2016); Diskusi Panel Mahasiswa Kota Batam “Telaah Kritis Kenaikan Tarif Listrik Batam (TLB)” (Narasumber, 2017); Pelatihan “Ketahanan Nasional Pemuda (TANNASDA) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017” (Narasumber, 2017); Pelatihan “Kesadaran Bela Negara Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017” (Narasumber, 2017); Batam Tourism Business forum 2017 (Moderator, 2017); Rembuk Akbar “Menjemput Impian Batam Menuju Otonomi Khusus” (Narasumber, 2017); Seminar Kebangsaan “Semangat Kebangkitan Bangsa, Dalam Perspektif Pembangunan Daerah” (Narasumber, 2017); Sosialisasi Ketentuan Giro Wajib Minimum (GWM) Rata-Rata (Peserta, 2017); Focus Group Discussion (FGD) “Pembentukan UPT – BPPRD Kota Batam” (Narasumber, 2017);  Seminar “Menjadikan Pancasila Lebih Keren Dengan Pendekatan Teori Bisnis” (Narasumber, 2017); Seminar Pendidikan “Building Sustainable Competitive Advantages in Educational Institution” (Narasumber, 2017); Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) STIE Ibnu Sina Batam Tahun Ajaran 2017 – 2018 (Narasumber, 2017); Kuliah Umum “Ada Apa Dengan Ekonomi Batam?” (Narasumber, 2017); Seminar Kebangsaan “Radikalisme Bukan Ciri Demokrasi Paancasila, Radikalisme Melunturkan Semangat Kebangsaan dan Keindonesaan” (Narasumber, 2017); Seminar Kebangsaan “Membangun Persatuan Bangsa, Merawat Kebhinnekaan” (Narasumber, 2017); Coffee Morning HUT PT.PLN Batam (Narasumber, 2017); Seminar Sehari “Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Kota Batam” (Moderator, 2017); Focus Group Discussion (FGD) “Kajian Rapid Assessment mengenai Pelayanan Perizinan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Batam” (narasumber, 2017); Focus Group Discussion (FGD) “Inovasi dan Sinergi” (Narasumber, 2017); Bimtek “Kepribadian dan Komunikasi Istri Pejabat Bagi Organisasi Perempuan” (Narasumber, 2017); Diseminasi “Hasil Kajian Rapid Assessment mengenai Pelayanan Perizinan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Batam” (Narasumber, 2017); Seminar Nasional Pariwisata Kota Batam “Pengaruh Ekonomi Global terhadap Sektor Pariwisata Kota Batam” (Narasumber, 2017); Seminar Ekonomi “Pertumbuhan Ekonomi Kepri, Tantangan dan Peluang ke Depan” (Narasumber, 2017); Pelatihan “Peningkatan dan Pengembangan Manajemen Kepemudaan Tahun 2018” (Narasumber, 2018); BizTalk “Tourism for Economic Growth” (Moderator, 2018); Pelatihan Kesukarelawanan Pemuda (Narasumber, 2018), Diskusi Khusus Dengan Para Pelaku Usaha Dalam Rangka Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Batam (Moderator, 2018); Diskusi Panel “Membedah dan Menyikapi Pertumbuhan Ekonomi Batam Triwulan I Tahun 2018” (Moderator, 2018); Diseminasi Annual Meeting IMF – World Bank 2018 (Peserta, 2018); Sosialisasi Kemudahan Berusaha Melalui Online Single Submission/OSS (Moderator, 2018); Dialog Kebangsaan Dalam Rangka Perumusan Kebijakan, Peningkatan dan Penanganan Kewaspadaan Nasional di Wilayah Perbatasan di Kota Batam – Kepulauan Riau (Narasumber, 2018); Dialog Wawasan Kebangsaan Tahun 2018 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Batam (Narasumber, 2018); Peningkatan Kesadaran Bela Negara Tahun 2018 Bagi Mahasiswa Se-Kota Batam (Narasumber, 2018); Diskusi Membedah Ranperda Penataan Pergudangan, Raperda Pengelolaan Pasar, Ranperda Tentang Minuman Beralkohol Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Narasumber, 2018); Diskusi Publik “Membedah Kenaikan Pajak dan Retribusi Kota Batam” (Moderator, 2018); Sosialisasi Perijinan Tempat Penjualan Eceran Minuman Mengandung Ethyl Alkohol (Moderator, 2018); Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim Tk.IV) Tahun 2018 (Narasumber, 2018); Dialog Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno dengan Para Pelaku Usaha UMKM dan Organisasi Relawan (Moderator, 2018); Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Background Study RPJMN 2020-2024 Bidang Politik dan Komunikasi (Sub Bidang Wawasan Kebangsaan) (Narasumber, 2018); Dialog Kadin Batam “Batam Outlook Ekonomi dan Bisnis 2019” Tantangan Dan Peluang Ekonomi dan Bisnis 2019 (Moderator, 2018); Focus Group Discussion (FGD) “Peningkatan Kesejahteraan Pekerja/Buruh Pasca Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2019” (Moderator, 2018); Training of Trainer Pelatihan Pembuatan Sabun Mandiri (Moderator, 2019); Seminar Nasional “Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Daerah Untuk Mendorong Ekspor Nasional” (Moderator, 2019); Focus Group Discussion (FGD) “Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Pola Kemitraan (Kolaborasi) Harus Dilakukan Agar UMKM Eksis Dalam Persaingan Global” (Narasumber, 2019); Seminar Pendidikan “Dunia Pendidikan Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0, Siapa Takut?” (Narasumber, 2019); Pelatihan Peningkatan SDM Pemuda Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 (Narasumber, 2019); Bimbingan Teknis Penguatan Manajemen Organisasi (Narasumber, 2019); Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 (Narasumber, 2019); Dialog Pendidikan “Penguatan Layanan Pendidikan Bermutu di Era Digital.” (Narasumber, 2019).

Moderator yang sukses memandu Debat Publik antar Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batam pada Pemilukada serentak tahun 2015 ini pendapat dan pandangannya seringkali menjadi referensi bagi para awak media dan jurnalis, sehingga Ia kerap diwawancarai terkait kebijakan ekonomi dan pembangunan pemerintah maupun berbagai dinamika yang terjadi di tengah masyarakat. Bahkan lebih dari itu Gita juga sering berbagi ilmu dan gagasan dalam bentuk tulisan di berbagai media cetak antara lain : Bagaimana memenangkan pemilukada dengan Strategic Management “Blue Ocean Strategy”; Sebuah tawaran : skema alternatif penghitungan UMK; Perspektif pustaka dan etika karya ilmiah fiktif, karya ilmiah palsu dan plagiat; Menyikapi rencana IPO PT.PLN Batam; Smart Generation : ikon perubahan dan kemajuan; Refleksi 54 Tahun Pemuda Pancasila “To be Learning Organization”; Refleksi 86 Tahun Sumpah Pemuda “Pemuda Indonesia Menghadapi AEC 2015”; Refleksi 87 Tahun Sumpah Pemuda “Organisasi Kemasyarakatan Pemuda di Pusaran Pilkada” dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, pria rumahan yang dekat dengan keluarga ini juga dikenal memiliki perhatian dan dedikasi yang tinggi bagi kemajuan masyarakat Batam dan Kepri. Hal ini dapat dilihat pada kiprahnya sebagai berikut : Lomba Karya Tulis Pemuda Tingkat Kota Batam Tahun 2013 (Ketua Tim Juri, 2013); Survei Proyeksi Indikator Makro Ekonomi – Bank Indonesia (Narasumber Tetap untuk Provinsi Kepulauan Riau, 2012 – 2015); Program on Air “Business Talk” 106.5 Radio Sing FM Batam (Narasumber Tetap, 2012 – 2013); Customer Satisfaction, Unsatisfaction and Loyalty Survey-PT. PLN Batam (Tim Peneliti Ahli, 2011); Proyek Pengembangan Kota Hijau Batam / P2KH Batam (Tenaga Ahli Ekonomi, 2012); Proyek Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Berbasis Kearifan Lokal, Caretaker Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Kepulauan Riau (Penanggung Jawab Proyek, 2014); Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2014 (Dewan Juri, 2014); Lomba Karya Tulis Ilmiah Pemuda Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2014 (Ketua Dewan Juri, 2014); Lomba Kerajinan Tangan Pemuda Kota Batam 2014 (Dewan Juri, 2014); Lomba Karya Tulis Pemuda Kota Batam Tahun 2014 (Ketua Tim Juri, 2014); Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Kepulauan Riau “Marketing Plan Competition for Aesthetic Service” 2014 (Ketua Dewan Juri, 2014); Tim Asistensi Pembangunan Ekonomi Provinsi Kepri, 2014 – 2015 (Anggota); Tim Perencanaan Pembuatan Tugu Pemuda Kota Batam (Ketua Tim, 2015); Debat Publik antar Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batam Tahun 2015 (Moderator, 2015); Tim Panitia Kerja FTZ Batam Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Batam (Anggota, 2016); Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kab/Kota Provinsi Kepulauan Riau Periode 2018 – 2023 (Anggota, 2018).

Akademisi dengan kepangkatan akademik Lektor yang telah memperoleh Sertifikasi Dosen (Serdos) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) ini adalah seorang akademisi yang selalu konsisten dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu 1. Pendidikan dan Pengajaran; 2. Penelitian dan Pengembangan; 3. Pengabdian kepada Masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa penelitian dan kajian ilmiah yang pernah Ia lakukan baik sendiri maupun secara bersama-sama dalam sebuah tim peneliti antara lain : Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Angka Penjualan Monitor PC Merek BRG di Wilayah Pemasaran Kotamadya Bandung (1999); The Relationship between Satisfaction’s of Company’s Vision and Job Satisfaction, Service Effort of KFC’s Restaurant Manager’s in DKI Jakarta. (2003); The Success Factors of Street Food Entrepreneurs in Jakarta (2009); Analisis Pengaruh Kualitas Fisik Barang, Kualitas Pelayanan dan Lingkup Jasa terhadap Minat Perilaku Konsumen (2011); New Venture Creation and Justification in a Global Context (2012); Kajian Ekonomi Tarif Listrik Batam (2014); Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada SMK Widya 2 Batam (2015); Studi Kelayakan Proyek Revitalisasi Pasar Induk Sei Jodoh Kota Batam (2015); Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada PT.Cipta Tama Griya Prima di Batam (2016); Pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia dan Nilai Kurs terhadap Resiko Sistematik Saham Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2018); The Influence of Transformasional Leadership toward Organizational Performance through Organizational Learning and Inovation (2019).

Dari kiprahnya selama ini, terlihat jelas Gita menaruh minat yang sangat besar terhadap masalah-masalah kebijakan ekonomi, politik, keagamaan, kebangsaan dan kepemudaan. Khusus untuk masalah kepemudaan, Gita mengakui hal tersebut memiliki tempat tersendiri dalam hidupnya dikarenakan kesehariannya di lingkungan kampus yang identik dengan anak-anak muda. Mencermati fenomena saat ini terkait dampak negatif globalisasi seperti penyalahgunaan narkoba, kriminalitas remaja, pergaulan bebas dan degradasi moral lainnya di kalangan generasi muda sungguh membuatnya sedih dan prihatin, oleh sebab itu Ia bertekad untuk mencurahkan sebagian waktu dan pemikirannya bagi pembinaan generasi muda. Maka tak heran jika Ia sering sekali diundang menjadi narasumber dalam berbagai seminar maupun pelatihan untuk generasi muda karena menurutnya pendidikan tidak hanya bisa diberikan dalam bentuk formal di sekolah maupun kampus namun juga bisa dalam bentuk informal seperti seminar dan pelatihan-pelatihan.

“Saya punya banyak hutang kepada Republik ini karena saya lahir, dibesarkan dan mengenyam banyak pendidikan di Indonesia. Jujur saya tidak punya banyak uang untuk membangun jembatan di daerah terpencil, membuat waduk, menyumbang perahu untuk para nelayan melaut ataupun membantu petani memiliki sawah. Sebagai akademisi inilah yang bisa saya lakukan dengan membina generasi muda yang akan meneruskan kehidupan bangsa di masa depan dan inilah dedikasi yang bisa saya berikan untuk bangsa”. Demikian kalimat yang sering Ia sampaikan dalam banyak kesempatan ketika Ia ditanya tentang motivasinya yang tinggi dalam membina generasi muda.

Demikianlah profil singkat dari seorang tokoh akademisi tanah melayu yang sederhana namun sarat dengan prestasi dan pencapaian ini. Secara tulus dengan segala kerendahan hati Gita ingin menyampaikan sebuah pesan khusus kepada seluruh generasi muda Indonesia di manapun berada bahwa untuk berhasil dalam hidup ini kita memerlukan visi jauh ke depan yang jelas dan kokoh yaitu jelas seperti melihat siang dan kokoh seperti batu karang, usaha yang konsisten dan tetap fokus pada tujuan meski rintangan akan selalu datang menghadang.

Sejatinya tidak penting dari mana kita berasal dan bagaimana keadaan kita sekarang karena yang paling penting dalam hidup ini adalah kita tahu persis kemana arah yang akan kita tuju dan inilah yang disebut dengan visi. Sehingga untuk bisa berubah menjadi yang lebih baik, kita harus berani memulai dan jangan pernah berhenti sebelum sampai tujuan. Sesungguhnya seorang pemenang itu tidak akan pernah menyerah. “Winner never quit : Quitter never win”. Majulah Generasi Muda Indonesia! Jayalah Negeriku Indonesia Raya!

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: