Kepulauan RiauTanjungpinang

Kota Tanjungpinang Terpilih Sebagai Pelaksana IKKON Bekraf 2019

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Kota Tanjungpinang Terpilih Sebagai Pelaksana IKKON Bekraf 2019, pada Jumat Sore (28/6/2019) di Beer Hall SCBD, Senayan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

WaliKota Tanjungpinang

Acara ini turut dihadiri Ketua Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Triawan Munaf, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Dra. Poppy Savitri, Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia diantaranya, Bupati Aceh Utara, Bupati Kupang, Walikota Tanjungpinang, Bupati Lombok timur dan Walikota Tomohon yang mewakili, dan peserta IKKON.

Dalam hal ini, Walikota Tanjungpinang H Syahrul, S.Pd didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Drs. Surjadi MT menghadiri acara tersebut.

Acara Peluncuran Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) Badan Ekonomi Kreatif tahun 2019, yang diselenggarakan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Triawan Munaf dalam sambutannya menjelaskan bahwa program IKKON merupakan sebuah program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

Triawan mejelaskan bahwa dalam pelaksanaannya diharapkan para peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi, sehingga masing-masing pihak yang terlibat saling mendapat manfaat secara berkelanjutan.

Melalui Direktorat Edukasi, Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) akan melaksanakan kembali kegiatan (IKKON) pada tahun 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, keterampilan produksi juga mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang dimiliki masyarakat, agar memberikan nilai tambah, baik secara ekonomi, sosial dan budaya.

Lima kota terpilih program IKKON tahun ini diantaranya Kabupaten Aceh Utara, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Lombok Timur, Kota Kupang dan Kota Tomohon. Dalam kesempatan ini Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd menjelaskan bahwa pihaknya telah siap untuk memberikan dukungan guna pelaksanaan Program IKKON 2019 di Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang sendiri merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau yang mendapatkan kesempatan untuk pelaksanaan program IKKON 2019.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang telah memilih kota Tanjungpinang sebagai salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan program pendampingan IKKON 2019”, Ungkap Syahrul.

Pada pelaksanaan program IKKON sebelumnya dari tahun 2016-2018 mempunyai dampak yang baik dalam mengembangkan potensi daerah. Kota Tanjungpinang sendiri termasuk dalam daerah tujuan pelaksanaan IKKON 2019 oleh BEKRAF di daerah yang telah melakukan penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif yang sudah dilaksanakan BEKRAF.

Dalam Talkshow acara launching IKKON 2019 Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd menggambarkan bahwa Kota Tanjungpinang sangat membutuhkan pendampingan dalam menggali potensi ekonomi kreatif daerah.

“Karena dengan sentuhan orang-orang kreatif yang ada di Kota Tanjungpinang nanti akan memberikan nilai tambah didalam industri kreatif, film, musik, fashion hingga kuliner,” ujarnya

Syahrul juga berharap apabila program IKKON ini berhasil dapat memberikan dampak positif terhadap industri Pariwisata di Kota Tanjungpinang yang juga akan berpengaruh kepada perbaikan ekonomi masyarakat.

“Semoga pelaksanaan IKKON 2019 di Tanjungpinang nantinya berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti serta hasil dari pendampingan ini bisa bermanfaat bagi peserta IKKON dan pelaku kreatif yang ada di kota Tanjungpinang”, tutup Syahrul. (Hs)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close