LPMP Kepri Gelar Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah SPMI

Lihatkepri.com, BintanLPMP Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah (Fasda) SPMI selama tiga hari mulai tanggal 13 s.d. 15 Juni 2019, beretempat di Aula LPMP Kepulauan Riau (Kepri).

Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah SPMI (Foto : Agso Pramudita)

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyiapkan bahan penguatan, berupa panduan praktis pelaksanaan SPMI, serta penjelasan rapor mutu sekolah, melatih Fasda dan TPMPD dengan lebih baik lagi agar mampu melakukan implementasi SPMI ke 154 sekolah model di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Peserta kegiatan ini sebanyak 50 orang terdiri dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri, Pengawas Pendidikan Dasar dan Menengah, Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD), dan LPMP Kepri.

Nantinya seluruh unsur ini akan berkolaborasi untuk melakukan pengembangan dan inovasi pendampingan SPMI di satuan pendidikan. Adapun inovasi yang akan dilakukan LPMP Kepri memanfaatkan Rapor mutu sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Sekolah, tersusunnya modul atau Panduan bagi Sekolah dalam melaksanakan implementasi SPMI dan mengembangkan aplikasi pelaksanaan SPMI yang dapat memudahkan sekolah dalam implementasi di sekolah. Semua sekolah model harus menjalankan SPMI.

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Kepri sekaligus narasumber dalam kegiatan ini, Drs. Irwan Safii, M.Pd. dan terdapat enam orang fasilator dari LPMP Kepri yaitu Ali Rahman Kaban, M.Pd. Dr. Tri Suhartati, M.Pd. Hos Arie Ramadhan Sibarani, S.H., M.H. Imam Edhi Priyanto, S.Pd., M.M.Pd. Sapta M.T. Purba, S.Sos., M.Pd., Dwi Afrini Risma, S.Si.

Materi Bimtek diawali dengan mengevaluasi Pelaksanaan SPMI setelah tiga tahun sekolah didampingi dalam implementasi SPMI, Penguatan Pendampingan Sekolah Model Melalui Supervisi Mutu, Proses Pelaksanaan SPMI di Sekolah, Curah Pendapat Pengalaman Fasda dalam melakukan pendampingan SPMI, Pemetaan dan Validasi Kondisi Sekolah, Penyusunan Rekomendasi, Solusi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pendampingannya, Strategi Fasilitasi dan Penguatan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS).

Penulis : Hos Arie Rhamadhan Sibarani, SH.MH.

Silahkan Download
Baca Juga Informasi Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: