Uncategorized

Patung Legenda Pelaut Melayu dan Cina di Danau Lagoi Bay

Lihatkepri.com, BintanPatung Legenda Pelaut Melayu dan Cina di Danau Lagoi Bay, Dua legenda yang sama-sama berpangkat Laksamana (pelaut) yang kisahnya sangat dikenal dikalangan masyarakat Melayu yaitu; Laksamana Hang Tuah dan Laksamana Cheng Ho diabadikan di sebuah tepian Danau Lagoi Bay kawasan wisata Bintan Resort.

Patung Laksamana Cheng Ho

Kedua patung legenda tersebut dibangun setinggi 2,7 meter dan terbuat dari bahan semen dan silikon menggambarkan sosok Laksamana Hang Tuah serta Cheng Ho yang sangat agung, Group General Manager (GGM) PT Bintan Resorts Cakrawala (BRC) Abdul Wahab mengatakan patung tersebut letaknya saling berdekatan satu sama lain dan mudah terlihat oleh pengunjung dari kejauhan di sisi timur atau di sisi Danau Lagoi Bay, ketika melintasi jalan menuju bangunan Plaza Lagoi di Lagoi bay.

“Patung Hang Tuah terlihat gagah perkasa lengkap dengan keris Taming Sari kebesarannya, persis seperti penggambaran akan kesaktriaan Laksamana Hang Tuah tersebut di masa kejayaannya,” ujarnya kepada lihatkepri.com, Rabu (12/6/2019)

Demikian juga dengan Laksamana Cheng Ho yang terlihat berdiri tegap dengan jubah kebesaran layaknya seorang jenderal dari negeri Cina yang sangat terkenal akan keahliannya dalam memimpin pelayaran dari negeri Cina ke berbagai negara di dunia pada tahun 1450 hingga 1475.

“Kehadiran 2 patung Laksamana tersebut sangat mengagumkan untuk dipandang, dan kembali mengingatkan kita akan kisah sejarah legenda mereka,” ujarnya.

Patung Laksamana Hang Tuah

Menurut Abdul Wahab tentunya ini merupakan sebuah hal yang menarik bagi wisatawan khususnya mereka yang belum mengenal sosok Laksamana Hang Tuah yang terlahir dari ayah bernama Hang Mahmud dan Ibu Dang Merdu, menetap di Pulau Bintan, sedangkan Laksamana Cheng Ho adalah seorang keturunan Cina yang terlahir dari sebuah keluarga Muslim di Yunnan pada tahun 1371.

“Keberadaan patung tersebut memberikan informasi sejarah yang pernah ada dan terjadi di Kepulauan Riau kepada wisatawan-wisatawan mancanegara maupun domestik dengan harapan bahwa pengunjung tidak hanya menikmati liburan, namun juga mendapatkan buah tangan cerita sejarah dan kebudayaan Melayu yang ada di Kepulauan Riau,” ujarnya.

Seperti yang dikisahkan, bahwa Laksamana Hang Tuah adalah seorang pelaut dengan pangkat Laksamana yang berbangsa Melayu dan pahlawan perang pada masa Kesultanan Melayu Melaka di abad ke-15. Sementara Cheng Ho yang terlahir dengan nama keluarga Ma He (berasal dari terjemahan Cina yang artinya Muhammad) juga adalah seorang pelaut tangguh penganut agama islam pada jaman pemerintahan Dinasti Ming, memimpin banyak perjalanan pelayaran sejak tahun 1405 hingga ke Asia Tenggara (Malacca) serta diketahui juga ikut memperkenalkan ajaran Islam secara damai di tengah perjalanan pelayarannya di abad ke-15 dan dihormati sebagai pahlawan rakyat bagi komunitas Cina di Asia Tenggara.

“Kehadiran patung legendaris pahlawan rakyat Melayu dan Cina ini menambah lagi koleksi seni instalasi dari sebuah seni lainnya yang sudah ada di Danau Lagoi Bay,” ujarnya.

Selain memberikan informasi sejarah, menurut Abdul Wahab Patung Legenda ini juga sekaligus menjadi spot photography yang sangat bernilai dan menjadi buah tangan kenang-kenangan bagi wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Bintan dan Bintan Resort khususnya.

Patung Legenda Pelaut Cina Laksamana Cheng Hodi Danau Lagoi Bay
Patung Legenda Pelaut Melayu Laksamana Hang Tuah di Danau Lagoi Bay
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close