Kepulauan RiauTanjungpinang

HIMK Gelar Aksi Damai Peringatan Hari Lahir Pancasila

Lihatkepri.com, Karimun – Himpunan Mahasiswa Kundur (HIMK) Gelar Aksi Damai Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni di Bundaran Simpang Urung Tanjungbatu Kundur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila

Momentum peringatan hari lahirnya Pancasila ini menjadi tonggak untuk mengembalikan keutuhan bangsa Indonesia dari berbagai perpecahan. Keutuhan bangsa harus dijaga dan dipertahankan untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang kuat dan berdaya saing tinggi.

Kata Heri Kurniawan melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa yang nantinya dapat membawa kemajuan bagi seluruh bangsa Indonesia,” ujarnya

Menurutnya aksi damai yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa/i (Heri Kurniawan, Sobirin, Friska Febrianti) yang tergabung di organisasi HIMK ini terbilang sangat unik dan banyak menarik perhatian masyarakat setempat.

Pasalnya, aksi damai yang dilakukan dengan cara mencoret baju dan tubuh bahkan sampai ke wajah dengan warna merah putih yang menandakan warna bendera Indonesia. Mereka juga membentangkan spanduk yang bertuliskan Memperingati hari lahir Pancasila serta bertulisan Lima Sila Pancasila.

“Spirit Pancasila yang bersumber dari gagasan kritis Founding Fathers sudah seharusnya tumbuh didalam jiwa setiap individu manusia,” ujarnya.

Waktu demi waktu, dalam kehidupan bermasyarakat saat ini telah banyak terjadi perubahan cara sudut pandang masyarakat yang telah terkontaminasi dengan sikap-sikap intoleransi, radikalisme, intimidasi dan ketidakadilan yang dilakukan sekelompok orang, sehingga sangat berdampak bagi seluruh rakyat Indonesia yang menyebabkan mulai memudarnya nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bernegara.

“Karena permasalahan tersebut telah menjadi isu nasional maka kami dari HIMK yang merupakan bagian dari anak bangsa pastinya akan peduli dan berkomitmen akan terus berperan aktif dalam mengisi dan menjaga NKRI,” ujarnya

Menjadi harapan besar bagi kita bersama pada 1 Juni 2019 ini sebagai peringatan hari lahir Pancasila bukan hanya menjadi ceremony belaka, namun bagaimana kita sama-sama untuk merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close