BI Kepri Siapkan Uang Kwartal Baru Jelang Lebaran 2019

Lihatkepri.com, Batam – BI Kepri Siapkan Uang Kwartal Baru Jelang Lebaran 2019 sebesar Rp 4,5 Triliun.  Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Fadjar Majardi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Fadjar Majardi

Fadjar Majardi menyebutkan angka kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019, terbilang meningkat dari tahun 2018 yang hanya mencapai Rp 2,694 Triliun.

“Peningkatannya sendiri mencapai 68 persen dari tahun sebelumnya,” kata Fadjar Majardi saat Konprensi Pers di Hotel Radisson, Batam, Kamis (23/5/2019) Malam.

Pendistribusian uang tersebut, Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan perbankan yang ada di Batam. Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun dan Natuna dalam bentuk pembukaan Kas Titipan.

Kegiatan itu Kata Fajar untuk mengimplementasikan pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang pasal 22, yang mengatur tentang bagaimana masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran uang di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, Bank Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang hanya di tempat resmi. Hal tersebut untuk mencegah risiko peredaran uang palsu dan menjaga kualitas uang.

“Untuk masyarakat di kota tadi, yang akan menukarkan uang sesuai dengan kebutuhannya dapat menukarkannya di bank-bank yang berlokasi di daerah tersebut, Sedangkan masyarakat di wilayah Kepulauan Riau lainnya, Pemenuhan kebutuhan uang dilakukan oleh perbankan melalui jaringan kantor bank masing-masing dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia melalui kas keliling yang dilakukan secara regular,” jelasnya.

Untuk penukaran uang, Fadjar mengatkan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan yakni penukaran uang kwartal di Provinsi Kepri berlangsung pada 18 Mei hingga tanggal 26 Mei 2019 di titik titik lokasi yang telah ditentukan di seluruh daerah kabupaten kota di Provinsi Kepri. (Ajang Nurdin).

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: