Blogger Luar Negeri Ikut Liput Batam Trail Run 5 K

Lihatkepri.com, Batam – Blogger Luar Negeri Ikut Liput Batam Trail Run 5 K yang akan digelar pada hari Minggu, tanggal 7 April 2019 mendatang di lokasi wisata Tebing Langit, Jl. Ir. Sutami, Sekupang, Batam.

Batam Trail Run 5 K

Selain diliput oleh media juga diliput oleh blogger dari negeri tetangga (Singapura dan Malaysia). Dalam hal ini, sebanyak 23 orang awak media online dan televisi, serta blogger luar tersebut sudah berdatangan di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre pada pukul 13:00 wib, Jumat (05/04), dan langsung menuju lokasi press conference Batam Trail Run 5 Kilometer (BTR5K) di Sijori Hotel, Sekupang.

General Manajer Sijori Hotel, Yves Van Cautenberg menyambut gembira event ini. “Sijori mendukung penyelenggaraan event BTR5K ini. Kami juga menyediakan lokasi kami untuk menjadi titik awal permulaan kompetisi ini,” ujar GM yang berasal dari Belgia ini.

Sementara itu, Rudi Hartono selaku panitia pelaksana menjelaskan bahwa, start akan dimulai dari parking area Sijori Resort menuju ke lokasi Tebing Langit. “Peserta yang sudah mendaftar ada dari Singapura, Malaysia, Kenya, dan pelari lokal, baik dari dalam dan luar Pulau Batam,” katanya.

“Saat ini sudah ada 500 peserta yang sudah mendaftar dari 1000 peserta yang ditargetkan oleh panitia. Masih ada 2 hari lagi untuk mendaftar dan mengikuti BTR5K ini. Selain lomba lari, panitia juga mengadakan kompetisi tambahan, yakni kompetisi fotografi, kuliner, pameran burung berkicau, dan mewarnai bagi anak-anak,” jelasnya lebih lanjut.

Event lari dengan trek yang menantang ini adalah pertama kalinya diadakan di Batam. Kegiatan ini ke depannya dapat digelar tiap tahun. Disinggung tentang yang membuat event ini berbeda dengan event sport tourism lainnya, Rudi menerangkan, biasanya event sport tourism lainnya, seperti maraton, lari 10k, dan sebagainya diadakan pada jalur mendatar. Di BTR5K ini kita adakan pada trek yang naik-turun dan menantang.

Blogger Luar Negeri Ikut Liput Batam Trail Run 5 K

Dalam event Trail Run ini, ada dua kategori yakni kategori dewasa dan kategori anak- anak. Event sport tourism ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan wisata Batam ke khalayak ramai, khususnya kepada para wisman. Selain itu juga memperkenalkan alam Batam yang masih asri dan terjaga di sekitar trek lintasan lari ini.

Jalur lari bagi masing-masing kategori nantinya akan dipisah antara yang dewasa dan anak- anak, walaupun pada saat start perlombaan, mereka akan diberangkatkan secara bersamaan. Event sport yang sedianya dirancang mulai dari pukul 8:00 Wib tersebut, diperkirakan akan selesai sampai pukul 14:00 Wib di hari yang sama. Total hadiah yang disediakan oleh panitia pada event ini mencapai 77 juta rupiah, ditambah dengan medali.

Pada event yang bertajuk “Sport in Green Harmony” ini, para peserta yang mendaftarkan diri dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- bagi pelari kategori dewasa dan Rp. 60.000,- bagi pelari kategori anak- anak. Panitia juga menyediakan sebanyak 100 medali, yang mana 70 medali dialokasikan untuk pelari kategori dewasa, dan 30 medali lainnya dialokasikan untuk pelari kategori anak- anak.

Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan di media sosial, antara lain di facebook dengan akun Batamtrail Run dan Instagram di akun @batamtrailrun.

BTR5K ini terbuka untuk umum, dan masyarakat umum dapat mendaftarkan diri langsung ke lokasi lomba, yakni di Tebing Langit Sekupang, atau melalui telepon atau juga wahtsapp ke nomor 082173111195 dengan Aisyah. Nantinya para peserta diharuskan mengisi form pendaftaran sebagai bahan juga untuk dimasukan ke dalam perlindungan asuransi pada event ini.

Michael sebagai Head of Promotion PT. Citra Utama Distribusindoraya, berharap kompetisi di BTR5K ini berjalan sukses pada waktu pelaksanaannya nanti. “Selaku sponsor di dalam event ini dengan membawa branding Minuman Isoplus, kami sudah menyediakan 1.000 paket minuman ion ini untuk para peserta,” ujarnya.

Blogger Luar Negeri Ikut Liput Batam Trail Run 5 K

Ardiwinata, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, beberapa waktu lalu sangat mengapresiasi diadakannya event ini di Batam.

“Kita berbangga bahwa event ini dapat digelar di Batam, tepatnya di Tebing Langit, dan bekerjasama dengan teman- teman asosiasi lainnya. Ini adalah event sport tourism yang bagus, dan persiapan yang telah dilakukan panitia akan menambah pundi- pundi jumlah wisman yang datang ke Batam yang ditargetkan sebesar 2,4 juta oleh Kementrian Pariwisata pada tahun 2019 ini. Terima kasih kepada penyelenggara dan teruslah membuat- event- event yang lainnya di Batam untuk menggairahkan pariwisata,” ungkap Kepala Dinas yang akrab dipanggil dengan nama akrab Ardi ini.

Ardi mengatakan bahwa Walikota Batam, dalam hal ini H.M. Rudi, saat ini juga sedang membenahi aksesibilitas dalam arti infrastruktur . Infrastruktur ini erat kaitannya dengan penunjang pariwisata, yang dikenal dengan 3 A di bidang pariwisata, yakni aksesibilitas, amenitas dan tentunya atraksi.

Senada dengan Ardiwinata, Boeralimar selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri mengatakan, “Pariwisata harus dilakukan secara bersama. Pariwisata tidak dapat dilakukan sendiri. Harus berkolaborasi, incorated dan synergy. Basis pariwisata tetap budaya sebagai prioritas, diikuti religi, alam, dan kemudian manmade. Perlu juga dilakukan pertemuan dan pelatihan SDM pariwisata,” pungkasnya. (Bams@2019)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: