Sanggar Seni dan Musik Karang Taruna Batam Akan Meriahkan Trail Run 5K 2019

Lihatkepri.com, BatamBatam Trail Run 5 Kilometer yang akan digelar di lokasi wisata Tebing Langit, Jl. Ir. Sutami, Sekupang, saat ini sedang digesa persiapannya oleh panitia penyelenggara. Event yang akan digelar pada hari Minggu, tanggal 7 April 2019 mendatang, juga menggaet Karang Taruna Kota Batam sebagai tim yang mendukung di dalam kepanitian maupun tim yang bergerak di lapangan.

Ketua Karang Taruna Kota Batam, Zul Arief

Zul Arief selaku Ketua karang Taruna Kota Batam memaparkan tentang konsep kerjasama Karang Taruna dengan Tebing Langit dalam Event sport tourism ini di sela-sela kegiatan karang taruna di “Markas” Karang Taruna Kota Batam, di taman depan Ruko Wijaya, Sungaiharapan, Senin (18/3),

Menurutnya Zul Arief, salah satu tujuan digelarnya Batam Trail Run 5 Kilometer atau yang disingkat dengan BTR5K ini adalah, memperkenalkan wisata Batam yang mempunyai banyak pilihan, bukan hanya wisata pantai atau wisata belanja saja.

“Batam juga mempunyai wisata olah raga atau sport yang menarik bagi wisatawan, khususnya wisman. Kita juga memperkenalkan Batam dengan segala keunikannya melalui event ini. Tentunya event ini tidak lepas dari bantuan teman-teman di banyak asosiasi pariwisata di Kota Batam ini, untuk mempromosikannya kepada para tamu mereka,” jelasnya.

Upaya promosi lainnya juga dilakukan oleh Karang Taruna Kota Batam ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Batam, baik di sekolah tingkat pertama sampai ke bangku kuliah untuk menjaring bibit-bibit yang dapat berprestasi di ajang BTR5K ini.

“Bukan hanya dari segi publikasi dan promosi saja, Karang Taruna Batam juga mendukung event ini dengan penampilan tim sanggar seni dan tim band, serta tim lapangan Karang Taruna Kota Batam dalam mensukseskan event ini,” ungkap Zul Arief.

“Pada hari pelaksanaan event, ada sekitar 30 orang tim kepanitiaan Karang Taruna Kota Batam yang diterjunkan langsung, sedangkan jika dibutuhkan untuk kegiatan ini, Karang Taruna Kota Batam dapat mengerahkan sekitar 200 anggota karang taruna yang ada di berbagai sel-sel karang taruna, mulai dari tingkat RW, kelurahan dan jenjang di atasnya. Progres di lapanganpun tetap kita pantau dan evaluasi. Kita sudah berdiskusi dengan pihak Sijori Resort yang terletak di seberang Tebing Langit, dan pihak hotel sudah mengizinkan lokasi mereka untuk dijadikan lokasi start dan finish serta panggung acara untuk event BTR5K ini, termasuk tempat untuk menggelar conference sebelum event ini diadakan,” katanya.

Batam Trail Run 5K 2019

Dalam rancangan event BTR5K yang diusung dengan tema “Sport in Green Harmony” ini, seminggu sebelumnya sudah didahului dengan beberapa kegiatan, diantaranya pameran kuliner dan UMKN produk Melayu Batam, juga ada penampilan cheer leaders dari SMU16 Batam , lomba mewarnai bagi anak- anak dan lomba burung berkicau.

Sejauh ini untuk wisman yang telah terdeteksi masuk ke dalam daftar peserta, berasal dari Nigeria, Singapura, dan Malaysia. “Lebih banyak mereka-mereka yang sedang stay di Singapura,” beber Zul Arief kemudian.

Dalam press conference-nya yang diadakan pada Senin (4/2/2019) di ruang pertemuan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Gedung LAM lantai dua, Batam Centre, Rudi Hartono selaku panitia event ini juga menjelaskan bahwa, Trail Run ini sendiri dibagi dalam dua kategori, yakni kategori dewasa dan kategori anak- anak.

“Tentunya jalur lari bagi dewasa nantinya akan dipisah dari jalur lari anak- anak, walaupun pada saat start perlombaan akan diberangkatkan secara bersamaan,” jelas Rudi.

Event sport yang sedianya dirancang mulai dari pukul 8:00 Wib tersebut, diperkirakan akan selesai sampai pukul 14:00 Wib di hari yang sama. Total hadiah yang disediakan oleh panitia pada event ini mencapai 77 juta rupiah, ditambah dengan medali. Perinciannya adalah sebagai berikut. Juara I dewasa akan mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta rupiah, juara II dewasa mendapatkan 8 juta rupiah, juara III dewasa akan mendapatkan 5 juta rupiah, dan juara IV dewasa juga mendapat hadiah sebesar 3 juta rupiah.

Untuk kategori anak- anak, juara I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 4 juta rupiah, juara II mendapatkan 3 juta rupiah, juara III mendapatkan 2 juta rupiah, dan juara IV juga mendapatkan hadiah sebesar 1 juta rupiah.

Pada BTR5K ini, para peserta yang mendaftarkan diri dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- bagi pelari kategori dewasa dan Rp. 60.000,- bagi pelari kategori anak- anak. Panitia juga menyediakan sebanyak 100 medali, yang mana 70 medali dialokasikan untuk pelari kategori dewasa, dan 30 medali lainnya dialokasikan untuk pelari kategori anak- anak.

BTR5K ini selain membidik wisatawan lokal untuk berpartisipasi di dalamnya, juga membidik wisatawan mancanegara (wisman). “Target peserta kita adalah 1.500 orang. Jumlah 300 orang diantaranya ditargetkan dari wisman. Untuk itu kita sudah menjalin kerjasama dengan para agen- agen travel dan asosiasi- asosiasi pariwisata yang ada di Kota Batam guna mendukung event ini. Selain itu, kita juga dibantu promosinya oleh Pemko Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam di Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Singapura dan Malaysia,” terang Rudi lebih lanjut.

BTR5K ini terbuka untuk umum, dan masyarakat umum dapat mendaftarkan diri langsung ke lokasi lomba, yakni di Tebing Langit Sekupang, atau melalui telepon atau juga wahtsapp ke nomor 082173111195 dengan Aisyah. Nantinya para peserta diharuskan mengisi form pendaftaran sebagai bahan juga untuk dimasukan ke dalam perlindungan asuransi pada event ini.

Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan di media sosial, antara lain di facebook dengan akun Batamtrail Run dan Instagram di akun @batamtrailrun.

Untuk para penggiat fotografi, panitia juga mengadakan kompetisi fotografi di lokasi BTR5K di hari dan tempat yang sama. Objek fotonya tentu saja tentang sekitar kegiatan BTR5K. Beberapa hadiah menarik sudah disiapkan oleh panitia BTR5K untuk para fotografer. Pendaftaran bagi para fotografer-pun tidak dipungut biaya, alias gratis.

Route Batam Trail Run 5 K

Ardiwinata, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mengapresiasi diadakannya event ini di Batam. “Kita berbangga bahwa event ini dapat digelar di Batam, tepatnya di Tebing Langit, dan bekerjasama dengan teman- teman asosiasi lainnya. Ini adalah event sport tourism yang bagus, dan persiapan yang telah dilakukan panitia akan menambah pundi- pundi jumlah wisman yang datang ke Batam yang ditargetkan sebesar 2,4 juta oleh Kementrian Pariwisata pada tahun 2019 ini. Terima kasih kepada penyelenggara dan teruslah membuat- event- event yang lainnya di Batam untuk menggairahkan pariwisata,” ungkap Kepala Dinas yang akrab dipanggil dengan nama kecil Ardi ini.

“Walikota Batam, dalam hal ini H.M. Rudi, saat ini juga sedang membenahi aksesibilitas dalam arti infrastruktur . Infrastruktur ini erat kaitannya dengan penunjang pariwisata, yang dikenal dengan 3 A di bidang pariwisata, yakni aksesibilitas, amenitas dan tentunya atraksi,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Boeralimar, selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri mengatakan, “Pariwisata harus dilakukan secara bersama. Pariwisata tidak dapat dilakukan sendiri. Harus berkolaborasi, incorated dan synergy. Basis pariwisata tetap budaya sebagai prioritas, diikuti religi, alam, dan kemudian manmade. Perlu juga dilakukan pertemuan dan pelatihan SDM pariwisata,” pungkasnya. (Bams@2019)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: