Kadisparbud Natuna Sampaikan Rekomendasi KNGI

Lihatkepri.com, Natuna – Kadisparbud Natuna Sampaikan Rekomendasi KNGI, Pemerintah Kabupaten Natuna tengah gencar-gencarnya mengupayakan perkembangan pariwisata Geopark Natuna. Pemda juga tengah mempersiapkan Geopark Natuna menjadi Geopark Dunia atau UNESCO Global Geopark.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi memaparkan 6 rangkuman rekomendasi dari Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) untuk melengkapi status Natuna sebagai Geopark Nasional pada rapat teknis tindak lanjut rekomendasi KNGI di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Natuna. Rabu, (16/01/2019).

6 rekomendasi tersebut adalah :

  1. Perlu penetapan sub tema masing-masing klaster geologis untuk mendukung tema utama dan diperkuat dengan penjelasan pembentukan batuan malange diantara batuan granit. Perlu digali informasi keanekaragaman hayati dan kekayaan budaya yang belum terekspos secara lengkap termasuk ketertarikan satu dengan lainnya, khususnya perkembangan terumbu karang disekitar pulau Natuna.
  2. Perlu peningkatan kelembagaan dengan mengangkat manajer geosite disetiap klaster geologis dan peningkatan kompetensi SDM geopark.
  3. Perlu peningkatan program edukasi dan riset diantaranya melalui kegiatan “Geopark Goes To School dan “School Goes To Geopark” yang dilaksanakan secara berkelanjutan termasuk sosialisasi geopark kepada masyarakat setempat secara terus menerus.
  4. Perlu pengembangan jalur geowisata sesuai sebaran klaster geologis yang saling melengkapi untuk mendukung tema utama dengan meningkatkan visibilitas dan amenitas pendukung.
  5. Perlu menyusun rencana induk pengembangan yang menjadi arah kebijakan dan strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengembangan kawasan secara berkelanjutan dengan memperhatikan aspek mitigasi bencana khusunya tsunami dan menyusun rencana kesepahaman antar Pemda dan stakeholder strategis lainya.
  6. Perlu penguatan jejaring dan kemitraan dengan geopark nasional global.

Untuk melaksanakan rekomendasi tersebut, Erson mengatakan bukan hanya tanggungjawab BPGN atau Disparbud, namun semua OPD. Karena Geopark adalah milik bersama.

“Geopark bukan hanya milik Disparbud, bukan hanya punya BPGN, tetapi punya kita semua. Makanya kita semua harus sama-sama mendukung untuk menyelesaikan ini” pungkas nya. (Sumber : Diskominfo)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: